Skip to main content

follow us

Peluang Bisnis Mahasiswa Tanpa Mengganggu Aktivitas Kuliah

Sebagai mahasiswa, tentu kita ini sangat dituntut untuk dapat berfikir kreatif dan selalu aktif untuk mengembangkan diri. Termasuk untuk bertahan hidup, disaat keuangan mulai menipis.

Rasa malu terkadang muncul dalam benak, ketika usia sudah beranjak dewasa masih menerima uang dari orang tua. Meskipun, orang tua merasa jika masih punya tanggung jawab lebih terhadap anak.

Berusaha untuk mandiri dan tidak terlalu bergantung kepada orang lain, terlalu berharap dengan orang-orang yang dapat membantu saat ini. Bagaimana jika, nanti orang-orang yang diharapkan membantu tapi tidak bisa membantu.

Saatnya berusaha sekuat tenaga untuk hidup mandiri, dan mencari peluang bagaimana mendapatkan tambahan keuangan dengan cara berbisnis tanpa mengesampingkan kuliah.

Berbekal kreativitas, melihat peluang yang ada di lingkungan sekitar serta berani mengambil resiko yang ada. Karena pada masa-masa kuliah inilah, kita dapat mengkuti seberapa tangguh kita dalam mengelola bisnis meskipun dengan keuntungan yang tidak seberapa atau bahkan merugi.

Suatu saat mahasiswa akan menghadapi tantangan yang lebih dalam dunia kerja dan bisnis, sehingga dengan belajar dan mempersiapkan diri dari awal sangat perlu.

Berbisnis bagi mahasiswa tidak hanya mencari sebuah keuntungan, menambah uang saku, namun sebagai modal pengalaman agar mengetahui proses sebuah usaha. Mungkin salah satu bisnis yang dijalani, dapat dijadikan pilihan ketika lulus kuliah.

Dengan berbisnis, mahasiswa memamahi proses dari memulai hingga mengelolanya, tidak akan pusing lagi dengan urusan keuangan sebelum lulus dan tidak akan terlalu ambil pusing mencari pekerjaan setelah lulus.

Sebenarnya ada banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan oleh mahasiswa, tanpa modal banyak, sesuai minat, bakat serta keterampilan. Berikut ini ulasan yang mungkin bisa dijadikan referensi peluang usaha mahasiswa di kampus.

1. Menjual Pulsa Elektrik

Setiap orang memiliki gadget atau smartphone, tentu ada waktu dimana seseorang membutuhkan pulsa maupun kuota internet dadakan. Ini bisa jadi ladang rejeki bagi mahasiswa yang memiliki stok pulsa dan kuota data internet.

Untuk memulai berlajar berbisnis pulsa elektrik dan kuota data internet tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu pengelolaan bisnis ini cukup mudah, dan mendatangkan keuntungan apabila dikelola dengan baik.

Namun, dalam berbisnis jangan terlalu memanjakan teman. Ketika membeli pulsa atau kuota data internet ngutang. Namun juga jangan terlalu menutup diri, berikan pengecualian. Karena hutang, biasanya akan menghambat perkembangan modal usaha yang sedang dijalani. Intinya jangan terlalu sering memberi hutang. Selalu perhitungkan kemungkinan-kemungkinan terburuk terlebih dahulu.

2. Online Shop

Peluang bisnis selanjutnya yaitu menjadi reseller online shop. Mahasiswa dapat menjual berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari, misalnya baju, celana, aksesoris, parfum dan lain sebagainya. 

Untuk medianya, mahasiswa dapat membuka toko online di media sosial instagram atau dalam forum-forum jual beli. Bentuk branding toko agar mendapatkan kepercayaan lebih dari calon konsumen.

Biasanya untuk menjadi seorang reseller perlu biaya lebih. Jika kurang modal untuk memulai bisnis, sebaiknya cobalah untuk berjualan dengan menjadi dropship. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak namun jika dikelola dengan baik bisnis dropship juga sangat menguntungkan.

3. Les Private

Bisnis ini sangat cocok bagi mahasiswa yang memiliki keterampilan lebih dalam pendidikan, yaitu memulai bisnis les private. Bisa dengan memulainya membuka les private untuk anak SD, SMP, hingga SMA.

Misalnya mahasiswa jurusan ilmu sains dapat memberikan jasa les private pelajaran matematika, fisika, biologi, atau kimia. Bahkan, mahasiswa juga dapat memberikan jasa les private yang bersifat umum misalnya pelajaran bahasa inggris. 

Bisnis ini memberikan peluang kepada mahasiswa dan memberikan kedua keuntungan yaitu memperdalam penguasaan materi belajar mengajar serta dapat menambah uang saku. Bisnis ini biasnya akan sangat diminati, ketika mendekati unjian nasional (UN). Sebab banyak sekali siswa siswi yang ingin memperdalam materi mata pelajaran ujian nasional. 

4. Bisnis Jualan Makanan Ringan

Memiliki hobi dalam dunia kuliner, mungkin Anda cocok untuk bisnis yang satu ini. Belajar membuat resep makanan ringan, bisa menjadi alternatif teman-teman mahasiswa ketika letak kantin terlalu jauh dengan ruangan kelas. 

Peluang bisnis ini dapat dilakukan ketika ada pergantian mata kuliah sehingga ataupun ketika ada waktu jeda mata kuliah singkat. Momen inilah yang bisa dijadikan peluang untuk memperkenalkan produk makanan ringan dengan resep pribadi. 

Karena jenis makanan ringan sangat cocok ketika dinikmati didalam ruangan pada saat waktu senggang. Bisa juga ditambahkan dengan menawarkan minuman, seperti air mineral untuk menambah energi dalam tubuh ketika waktu didalam kelas tidak memungkinkan untuk keluar ruangan. 

5. Jasa Pengetikan dan Printing

Peluang jasa pengetikan serta print juga peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk mahasiswa. Terutama bagi mahasiswa yang tinggal di kosan sekitar lingkungan kampus. 

Dalam mata kuliah biasanya identik dengan tugas-tugas yang perlu dibuat dalam bentuk hardcopy. Rata-rata mahasiswa saat ini, lebih memilih untuk menggunakan jasa pengetikan dan printing untuk mengerjakan tugas mereka dibandingkan mencetak tugas sendiri. 

Alasan mahasiswa lebih memilih menggunakan jasa pengetikan dan printing karena banyak mahasiswa yang tidak memiliki kertas ataupun perangkat cetak sendiri. Bahkan ada juga mahasiswa yang tidak ada waktu untuk mengetik serta mencetak tugas karena ada kegiatan lainya. 

Peluang bisnis ini masih sangat menjanjikan, hanya diperlukan kemampuan dalam pengetikan dan cara mencetak yang baik dan benar. Biasanya dengan kemampuan tersebut, pelanggan yang merasa puas akan kembali lagi untuk menggunakan jasa pengetikan dan printing bahkan merekomendasikan kepada teman-teman mahasiswa lainnya. 

Hanya bermodalkan laptop/komputer, kertas, printer, dan kertas mahasiswa sudah bisa memulai bisnis jasa pengetikan dan printing. 

6. Jasa Blogger dan  Programmer Web

Peluang bisnis ini paling diminati oleh mahasiswa jurusan Teknologi Informasi (TI). Jasa yang ditawarkan pun sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Membuka jasa programmer blogger dan web, tentunya dapat praktik belajar serta mengembangkanya. 

Layanan ini juga dapat memberikan pemasukan yang pasif. Biasanya ada pelanggan yang meminta untuk dibuatkan situs website kemudian permintaan maintenance rutin jika ada kendala. 

Adapun layanan tambahan yang dapat diberikan yaitu optimize website. Misalnya pelanggan ingin situsnya berada di halaman pencarian nomer satu di google. 

Peluang lain selain menjadi seorang programmer yaitu menjadi blogger. Mahasiswa dapat mengikuti program periklanan ataupun review produk tertentu. Bahkan menggunakan blog pribadi untuk dijadikan tempat berjualan. 

7. Jasa Desain Grafis

Tumbuh kembang online shop semakin banyak. Namun rata-rata pelaku bisnis masih belum bisa membuat branding mereka sendiri, misalnya untuk urusan logo, kemasan produk, banner periklanan dan lain sebagainya masih menggunakan gambar apa adanya. 

Dengan keahlian mahasiswa dalam dunia desain grafis, tentu mahasiswa dapat memberikan penawaran jasanya untuk para pelaku bisnis untuk memperkuat branding milik mereka. 

Keuntungan dan kekayaan bukanlah tujuan utama bisnis. Namun konsep bisnis dan proses yang jelas, akan menghasilkan sesuatu yang jelas pula

Menanamkan dalam diri untuk terbiasa mengenali konsep serta proses bisnis dengan baik. Jika gagal, setidaknya tahu harus memulai ulang darimana. 

Fokus terhadap satu hal yang dikerjakan, jauh lebih baik dibandingkan terlalu memaksakan diri untuk memulai banyak bisnis sekaligus. Jika bisnis sudah cukup memberikan keuntungan, saatnya untuk mengalihkan keuntungan pada pengembangan bisnis atau ke dalam bentuk investasi lain.

Akan sangat luar biasa, jika belum lulus kuliah tapi mampu mengelola bisnis sendiri yang berjalan secara sistematis. Ada kemungkinan ketika lulus nanti, dapat mengembangkan bisnis dan berbagi dengan banyak orang. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info