Skip to main content

follow us

Pengertian dan Fungsi Wheel Aligment atau Geometri Roda Kendaraan


Sebelumnya apakah teman-teman pernah membawa kendaraan pribadi ke bengkel untuk spooring? Spooring ini biasa dikenal secara umum dengan sebutan geometri roda. Kemudian geometri roda ini dikenal juga dengan sebutan wheel aligment.

Artikel ini sangat tepat bagi Anda yang belum mengetahui fungsi dari wheel aligment. Sebuah gabungan dari sitem kemudi dengan sistem suspensi pada kendaraan harus menghasilkan kestabilan kendaraan ketika berjalan dengan kecepatan normal maupun tinggi. Analisa kestabilan roda kendaraan dan kemudi ini juga harus sesuai dengan daya balik kemudi yang baik.

Bisa dikatakan untuk menghasilkan performa kendaraan yang stabil ketika dikendarai, sistem suspensi kendaraan serta sistem kemudinya harus disesuaikan. Nah pengaturan inilah yang disebut dengan spooring atau wheel aligment.

Pengertian Wheel Aligment 

Wheel Aligment merupakan penyesuaian sudut geometri pada kendaraan seperti halnya camber, steering axis incination, toe angle, caster dan turning radius.

Penyesuaian ini dimaksudkan untuk mendapatkan kestabilan kendaraan, kemudi yang berkaitan dengan sistem kemudi, ban, suspensi, dan lain sebagainya, agar lebih aman dan awet.

Definisi atau pengertian wheel aligment juga dapat dirtikan sebagai suatu penyetelan yang dapat meliputi komponen steering serta suspensi, rangka pada kendaraan serta pada roda.

Front Wheel Aligment Terdiri dari penyetelan sudut geometris bagian roda-roda depan, komponen sistem kemudi, serta pada komponen dari sistem suspensi kendaraan.

Fungsi Wheel Aligment

Fungsi dari wheel aligment pada kendaraan yaitu untuk memaksimalkan performa kendaraan terutama pada sistem kemudi. Memberikan rasa nyaman pada sistem kemudi, menstabilkan kendaraan, menghasilkan daya balik kemudi dengan baik, serta menekan risiko keausan lebih cepat. 

Faktor-Faktor Wheel Aligment

Wheel Aligment terdiri dari beberapa faktor sebagai berikut ini:
  • Steering Axis
  • Caster
  • Camber
  • Turning Radius
  • Toe Angle
Setiap kendaraan memiliki pengaturan tersendiri. Pengaturan ini juga tergantung dengan sistem suspensi, jenis sistem penggerak roda dan sistem kemudi yang digunakan oleh kendaraan. 

Di lain kesempatan akan saya jelaskan tentang faktor-faktor wheel aligment lebih rinci. Artikel ini pun saya gunakan sebagai catatan untuk mengingat. Sangat baik mengetahui alat yang digunakan di bengkel ketika kita melakukan service kendaraan pribadi. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info