Skip to main content

Kenapa Wheel Aligment Perlu Dilakukan Secara Rutin, Sesuai Penggunaan?

Kenapa Wheel Aligment Perlu Dilakukan Secara Rutin

Proses wheel aligment merupakan salah satu penyesuaian pada kendaraan pada saat servis berkala kendaraan. Bila pada saat dilakukan pengecekan terdapat kemiringan atau penyimpangan, maka perlu dilakukan proses wheel aligment untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Penyesuaian atau wheel aligment pada sudut chamber roda kendaraan ini perlu dilakukan secara berkala sesuai dengan masa penggunaan kendaraan agar tetap aman dan stabil.

Pada umumnya kinerja kemudi pada kendaraan serta sistem suspensi, sudah seharusnya dapat memberikan keamanan dan stabil pada saat berjalanan. Fungsi dari sistem kemudi inilah yang memungkinkan kendaraan dapat digunakan untuk melaju serta bermanuver dengan stabil dan aman.

Dengan cara penyesuaian wheel aligment  ini, diharapkan dapat menyesuiakan sudut geometri roda yang aman sesuai dengan yang direkomendasikan settingan pabrikan.

Bengkel resmi memiliki data lengkap terkait penyesuaian pada sudut roda kendaraan berbagai macam tipe yang telah diedarkan dipasarkan.

Dengan pengaturan kemiringan sudut chamber roda ini terpdata beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan. Selain menjaga kestabilan laju kendaraan dan manuver, juga dapat mencegah terjadinya keausan ban yang berlebihan pada bagian sisi lain dari ban.  Sehingga bisa dikatakan bahwa, tingkat keausan ban yang merata pada bagian sisi-sisi dari ban, tentu ban dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Tak hanya itu saja, ketika digunakan pada tikungan tajam, posisi kemudi dapat kembali lurus dengan lembut setelah manuver. Tidak ada suara yang mengganggu, misalnya ban berdecit ketika mobile membelok, mencegah terjadinya kerusakan bagian-bagian suspensi serta kemudi yang tersambung dengan roda, dan juga bisa menjaga keamanan serta kenyamanan dalam berkendara maupun penghematan bahan bakar yang digunakan.

Pengaturan chamber roda ini dimaksudkan untuk mengatur sudut kemiringan pada bagian roda depan terhadap garis vertikal yang dapat dilihat dari arah depan. Sudu dari chamber ini sendiri, terdiri dari tiga jenis yaitu sudut negatif, positif, dan chamber nol.

Chamber Positif

Jenis chamber ini disesuaikan bila kemiringan garis tengah bagian roda atas lebih cenderung ke arah luar terhadap garis lurus vertikal.

Chamber Negatif

Disebut sebagai chamber negatif apabila kemiringan garits tengah roda pada bagian atas tampak menjorok ke bagian dalam terhadap garis lurus vertikal bila dilihat dari depan.

Chamber Nol

Kemudian chamber nol merupakan suatu kondisi yang memungkinkan dapat membuat keausan ban tidak merata pada saat mobil memuat beban. Pada bagian tapak sisi luar akan lebih cepat membuat ban cepat aus. Ketika bekendara posisi memutar stir pun akan terasa lebih berat dan adanya kemungkinan terjadinya gesekan atau suara decitan pada saat menikung.
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar