Skip to main content

Ganti Aki Mobil yang Bagus, Dari Pada Dorong Ditengah Kemacetan


Aki pada mobil merupakan komponen yang cukup penting, karena untuk menyuplai listrik ke berbagai komponen yang ada pada mobil. 

Salah perawatan aki juga bisa menjadi masalah serius nih, pernah lihat mobil gak bisa dinyalain gak? Apalagi lagi  ditengah-tengah padatnya lalu lintas, eh mobil gak bisa dinyalain. Pastinya bakal kena semprot pengendara lain. 

Secara umum, aki akan mengalami masalah bila kendaraan jarang dipakai atau sudah lama mobil tidak dinyalakan. Hasilnya aki menjadi kurang daya, dengan sebutan aki soak. Mau tidak mau, kalau sudah terjadi harus melakukan pergantian aki yang baru.


Banyaknya kebutuhan komponen otomotif seperti aki ini, banyak sekali produsen aki yang menawarkan berbagai tipe produk mereka. Tentunya saking banyaknya persaingan ini, membuat para pemilik kendaraan bingung memilih aki yang bagus yang sesuai dengan jenis mobil Anda.

Melihat dari Jenis Aki


Dipasaran rata-rata yang sering digunakan oleh pemilik kendaraan mobil yaitu jenis aki basah maupun aki kering. Perbedaannya kedua jenis aki tersebut terbilang cukup banyak. Selain itu ada juga jenis aki hybrid, gel, dan aki kalsium. 

Meskipun terdiri dari beragam jenis aki, aki basah lebih sering digunakan dan dikenal oleh pengguna dibandingkan aki kering. Dalam pengoperasiannya, aki basah dapat dipasang dan digunakan lebih dari satu kali atau berulang kali penggunaan. 

Benar, aki basah bisa digunakan berkali-kali dengan perawatan yang tepat. Pemilik kendaraan harus rutin dalam melakukan pengecekan ketinggian air aki. 

Disisi lain, kelebihan aki kering dikenal dengan sebutan maintenance free (MF). Seperti dengan sebutanya, yaitu bebas melakukan perawatan tanpa harus melakukan pengecekan air aki. 

Impementasi atau pemasangan pada kendaraanpun, aki kering lebih mudah dipasang dibandingkan dengan aki basah. Karena pada saat pemasangan pada mobil, aki kering langsung bisa dipasang tanpa harus mengisi air aki terlebih dahulu.

Sehingga bila dibandingkan harga dari masing-masing jenis aki tersebut, jelas jenis aki kering lebih mahal dibandingkan dengan harga aki basah. 

Meskipun begitu, bila dilihat dari sisi praktis serta kemudahan dalam perawatan komponen aki, tentunya akan sesuai dan terbayar dengan harga yang terbilang selisih beberapa puluh ribu saja.

Pastinya Pilih Merek Aki yang Teruji Kualitasnya


Demi mobil kesayangan, tentunya Anda gak perlu pelit mengeluarkan biaya. Pastikan Anda menggunakan jenis aki yang teruji dan terpercaya kualitasnya. 

Setelah mempertimbangkan jenis aki yang akan digunakan, tentunya Anda akan kembali kebingungan untuk memilih merek aki. 

Penawaran aki dengan harga murah, terdengar sangat menggiurkan. Bahkan ada yang mengklaim merek produk aki mereka adalah yang terbaik dipasaran. Maka dari itu Anda harus berhati-hati dalam memilih merek aki, jangan sampai salah pilih aki malah bisa merusak komponen lainnya. 

Harus Ada Garansinya Dong


Setiap barang yang dibeli, pastikan ada garansi setelah transaksi dan penggunaan. Misalnya garansi tukar baru, garansi service, atau lainnya.

Secara umum, penjualan produk dari produsen itu min satu tahun penggunaan. Misalnya Anda melakukan transaksi di toko, coba untuk diskusi untuk meminta perjanjian garansi dari toko tersebut. Sehingga bila terjadi kerusakan bisa ditukar atau diservice.

Kalau diberikan penawaran aki murah tanpa ada garansi toko atau produsen aki, mending pertimbangkan kembali deh untuk membeli.

Pengen pasang aki yang sesuai dengan standar mobil Anda? coba dulu deh di Seva.id. Marketplace tersebut menyediakan berbagai macam kebutuhan otomotif, dari konsultasi, pemasangan, hingga garansi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar