Skip to main content

Beasiswa S2 Dalam Negeri, Buat Kamu Tetep Deket Sama Keluarga

Beasiswa S2 Dalam Negeri, Buat Kamu Tetep Deket Sama Keluarga

Pengen sih bisa dapat beasiswa s2 dalam negeri, bisa tetep dekat dengan teman dan keluarga. Pilihan beasiswa 2 tidak hanya di luar negeri saja, tapi kini sudah semakin banyak program beasiswa dari dalam negeri.

Tahun ini sih, terlihat makin banyak universitas maupun lembaga yang membuka program beasiswa baru. Tentunya peluang mendapatkan pendidikan dengan beasiswa, semakin terbuka lebar. Bila kamu saat ini telah menyelesaikan program studi S1 serta memiliki rencana untuk upgradae pendidikan ke S2 di dalam negeri saja, tanpa harus jauh dari keluarga.

Saya akan mengulas dan merangkum beasiswa S2 dalam negeri yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan. Terlebih bagi kamu yang memiliki target mendapatkan beasiswa S2 dalam negeri pada tahun ini.

Memang sih, kalau bisa mendapatkan program pendidikan gratis tentunya pengeluaran biaya bulanan bisa di tekan alias dapat berhemat sedikit.

Dari tahun lalu, saya mengikuti beberapa program seminar dan didalamnya terdapat pelatihan untuk mengikuti program beasiswa S2 dalam negeri. Karena benar-benar sudah semakin banyak peluang yang terbuka di Indonesia, di tahun akademik baru. Sebaiknya kamu lihat program beasiswa dibawah ini untuk mengetahui, serta mempertimbangkan universitas yang tepat untukmu.

Beasiswa LPDP

Program beasiswa ini sudah didirikan pada tahun 2013, fasilitas lengkap beasiswa pemerintah memang menjadi pilihan yang paling favorit. Terlebih beasiswa yang ditawarkan dari LPDP pun sangat beragam, seperti halnya dengan beasiswa dalam negeri LPDP Farmasi, beasiswa LPDP reguler, dan beasiswa Dokter Spesialis.

Dari pilihan beasiswa tersebut, hampir semuanya memberikan penawaran program beasiswa s2 di dalam negeri, khususnya pada tahun akademik baru yaitu tahun ini. Menariknya, seluruh biaya dan administrasi ditanggung oleh LPDP.

Info pendaftaran » Beasiswa LPDP

Beasiswa Unggulan

Sama halnya dengan program beasiswa dari LPDP, program beasiswa unggulan ini juga terdapat beragam pilihan pendidikan yang bisa kamu pertimbangkan.

Beasiswa yang ditawarkan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini terdapat dua jenis penawaran program beasiswa S2, yang bisa kamu ikuti untuk mendaftarkan diri sebagai peserta beasiswa S2 dalam negeri.

Diantaranya terdapat Beasiswa Unggulan Pegawai Kemdikbud dan Beasiswa Unggulan Masyarakat Berpresatasi. Menariknya beasiswa unggulan juga memberikan penawaran beasiswa penuh untuk mengikuti program studi kuliah S2.

Info pendaftaran » Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Beasiswa PMDSU

Beasiswa ini ditujukan bagi kamu yang telah menyelesaikan pendidikan S1 fresh graduate yang ingin memiliki profesi sebagai dosen. Sebutan program pendidikan beasiswa ini yaitu Pendidikan Magister Menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU).

Program pendidikan ini diselenggarakan oleh Kementerian Ristek Dikti melalui Ditjen Diktir. Sehingga para peserta beasiswa S1 akan mengikuti pendidikan yang lebih tinggi hingga doktor (S3) dengan periode waktu pendidikan empat tahun lamanya. Selain itu fasilitas beasiswa PMDSU menawarkan tanggungan biaya kuliah secara penuh.

Info pendaftaran » Beasiswa PMDSU Kemenristekdikti

Beasiswa Bidik Misi

Bagi kamu yang kurang mampu dalam membiayai kuliah, dan sebelumnya telah mengikuti program pendidikan beasiswa bidik misi S1. Maka kamu dapat memiliki kesempatan lagi untuk upgrade pendidikan hingga S2. Kerjasama Kemenres Dikti dengan LPDP menawarkan program beasiswa Bidik Misi S2 untuk beberapa pendidikan baik didalam maupun di luar negeri.

Meskipun begitu terdapat perbedaan pada saat pendaftaran peserta beasiswa secara online yang berada di halaman website resmi LPDP. Kamu bisa berpeluang mendapatkan biaya kuliah penuh bila berhasil menjadi peserta beasiswa Bidik Misi.

Info pendaftaran Beasiswa Bidik Misi S2

Beasiswa SEARCA

Program beasiswa SEARCA sebenarnya sudah lama menawarkan pendidikan gratis di Indonesia. Hampir tiap tahun menawarkan seleksi peserta beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan S2 di dalam negeri.

Perbedaan beasiswa SEARCA dengan program beasiswa lainya yaitu melibatkan kerjasama pendidikan dengan sejumlah universitas di negara Asia Tenggara.

Pelayanan pendaftaran beasiswa sendiri, yang sering di buka yaitu Universitas Gadjah Mada dan Institut Pertanian Bogor. Target utama penerima beasiswa ini diperuntukan untuk PNS, dosen, maupun peneliti.

Ragam program pendidikan yang ditawarkan seperti ilmu lingkungan, kehutanan, statistik, perikalan, pertanian, bidang biologi, dan ilmu-ilmu sosial.

Info pendaftaran Beasiswa SEARCA

Beasiswa BUDI

Kamu mungkin belum terlalu mengenal program beasiswa BPP-DN yang khusus ditargetkan untuk pendidikan dalam negeri. Karena ada program beasiswa BPP-LN yang ditujukan untuk penerima beasiswa pendidikan luar negeri.

Namun nama program beasiswa tersebut sudah berubah menjadi Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI). Seperti dengan nama program tersebut, target peserta penerima beasiswa yaitu untuk kamu yang ingin menjadi dosen di perguruan tinggi swasta maupun negeri yang ingin meningkatkan pendidikan ke S2 hingga S3.

Adapun program pendidikan khusus beasiswa S2 di dalam negeri, sehingga kamu dapat mendaftarkan diri menjadi peserta beasiswa BUDI-DN tanpa harus bepergian keluar negeri.

Beasiswa BUDI juga menawarkan baiaya pendidikan penuh yang ditanggung oleh Kemenresdikti yang telah bekerjasama dengan LPDP.

Info pendaftaran Beasiswa BUDI-DN

Beasiswa STAR BPKP

Bila kamu saat ini berprofesi sebagai PNS khususnya yang aktif dalam bidang pengelolaan keuangan atau akuntasi serta berniat untuk melanjutkan kualitas pendidikan ke S2 didalam negeri. Jenis beasiswa STAR BPKP ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkan pendidikan gratis.

Dengan mengikuti seleksi beasiswa dari Badan pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), kamu berpeluang untuk mendapatkan beasiswa STAR BPKP mendapatkan biaya administrasi penuh S2 di sejumlah perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Info Pendaftaran Beasiswa STAR BPKP

Beasiswa Tanoto Foundation

Berstatus mahasiswa S2 atau kamu baru diterima di pendidikan S2, kamu masih bisa mengajukan beasiswa di Tanoto Foundation yang menawarkan biaya pendidikan gratis.

Namun tidak semua perguruan tinggi yang bisa kamu pilih untuk mendapatkan beasiswa tersebut, ada beberapa PTN yang sudah bekerjasama dengan Tanono Foundation yang bisa mendaftarkan diri sebagai peserta penerima beasiswa S2 ini.

Adapun biaya pendidikan mencakup bantuan tunjangan biaya hidup bulanan, administrasi pendidikan semasa kuliah, dan diberikan hingga kamu menyelesaikan pendidikan.

Info pendaftaran Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa AUN/SEED-Net

Program beasiswa ini hampir sama dengan penawaran beasiswa SEARCA. Pendidikan gratis beasiswa AUN/SEED-Net juga telah bekerjasama dengan sekian banyak universitas gabungan dalam program beasiswa S2 dalam negeri.

Peserta calon penerima beasiswa S2 ini, berpeluang mendapatkan perguruan tinggi berkualitas yang ada program beasiswa S2. Beberapa diantaranya terdapat di dalam negeri yaitu ITB, UGM, atau ITS.

Terkait biaya yang akan diterima oleh peserta beasiswa S2 yaitu menyediakan biaya administrasi kuliah beserta biaya hidup semasa kuliah.

Info pendaftaran » Beasiswa AUN/SEED-Net

Beasiswa Guru

Sedang aktif beprofesi sebagai guru juga tidak membatasi kamu yang memiliki keinginan dalam meningkatkan pendidikan. Beasiswa Guru menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang beprofesi sebagai guru.

Disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hampir setiap tahun membuka peluang ini kepada para guru di Indonesia untuk mendapatkan program beasiswa S2 di dalam negeri.

Target program pendidikan ini yaitu guru SD, SMP, hingga guru SMA/SMK. Fasilitas yang didapat, bagi kamu yang berhasil mengikuti seleksi yaitu berpeluang mendapatkan biaya pendidikan selama menjalani masa kuliah S2 di universitas dalam negeri.

Info pendaftaran Beasiswa Guru SD/SMP; Beasiswa Guru SMA/SMK

Beasiswa Unhan

Program beasiswa Unhan merupakan fasilitas pendidikan yang ditujukan untuk masyarakat umum, Polri, PNS, dan TNI yang ingin meningkatkan gelar pendidikan magister sains di bidang pertahanan negara.

Beasiswa S2 dalam negeri ini, berlangsung di Universitas Pertahanan Indonesia dan umumnya dibuka dalam setahun ada dua gelombang pendaftaran seleksi penerima beasiswa.

Calon peserta penerima beasiswa akan dibebaskan dari biaya administrasi pendidikan, mendapatkan uang saku, fasilitas kebutuhan belajar, dan asrama.

Info pendaftaran Beasiswa Unhan

Beasiswa SPs UGM

Salah satu universitas yang paling sering membuka program beasiswa S2 dalam negeri yaitu UGM. Terdapat beberapa pilihan program pendidikan yang bisa kamu pilih dalam program beasiswa S2 ini.

UGM memberikan fasilitas pembebasan biaya administrasi SPP selama empat semester atau dua tahun masa pendidikan. Kurang lebih nilai total 30 juta bagi setiap peserta penerima beasiswa S2, dan sangat memungkinkan nominalnya berubah sesuai dengan kebijakan terbaru. Biasanya pembukaan pendaftaran peserta calon penerima beasiswa pada pertengahan tahun.

Info pendaftaran Beasiswa SPs UGM

Demikianlah ulasan beasiswa S2 dalam negeri yang bisa kamu jadikan referensi pilihan dari sekian banyak penawaran beasiswa di tahun akademik baru. Mungkin saja, beberapa beasiswa lainya masih belum terdaftar pada rangkuman program beasiswa ini. Namun, sudah cukup untuk dijadikan referensi bila kamu berniat mengambil beasiswa S2 di dalam negeri. Selamat mencoba dan semoa beruntung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar