Skip to main content

9 Manfaat Aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Asli Solusi Kesehatan 4.0



Kesehatan menjadi salah satu aset serta peluang saya mendapatkan beragam kesempatan, entah itu dalam melakukan kegiatan ibadah, mencari rejeki, dan melakukan aktivitas hiburan.

Meskipun banyak referensi, tanpa adanya tindakan dalam dalam diri pribadi. Tentunya referensi itu tidak akan memberikan manfaat kepada kita, termasuk dengan referensi untuk menjaga pola hidup sehat.

Jika kita telah meyakini bahwa kesehatan aset utama, dan suatu hal yang wajib disyukuri. Tentunya akan tertanam motivasi agar dapat membiasakan diri hidup sehat, serta menjaga konsistensi tersebut.

Pada ulasan yang saya tulis ini, kamu akan mendapati informasi teknologi halodoc konsultasi dokter dan pengalaman saya dalam menggunakan sepenuhnya fungsi teknologi tersebut.

Pengguna teknologi berkembang pesat, namun manfaat dari teknologi tersebut rasanya setiap orang belum memaksimalkan penggunaanya.

Di internet, hampir setiap detik ada beragam informasi yang tersebar. Namun apakah informasi tersebut, benar-benar valid?

Internet sudah menjadi bagian pencarian informasi dan solusi setiap penggunanya. Dari anak-anak yang masih sekolah, mencari kebutuhan materi tugas makalah. Ibu rumah tangga  yang mencari informasi resep masakan, kerajinan. 

Mahasiswa yang mencari materi tugas kuliah, tugas akhir dan masih banyak lagi. Kita menyadari bahwa setiap informasi yang ada di internet, perlu dicari kebenaranya. 

Terlebih masalah solusi kesehatan, tentunya tidak bisa hanya mengambil tindakan penyembuhan suatu penyakit dari satu sumber saja. 

Indonesia memiliki wilayah yang begitu luas, dan penduduk yang banyak. Untuk datang ke tempat pelayanan kesehatan, atau bahkan untuk menemui dokter ahli kadang menempuh perjalanan yang cukup jauh. 

Beberapa orang mungkin juga malas ketika harus mengantri ke klinik dokter, melewati jalanan yang macet. Dari sekian banyak masalah tersebut, kita memerlukan sebuah solusi yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, kapanpun dan dimanapun. 

Solusi kesehatan 4.0 menjadi jawaban bagi masyarakat dengan masalah-masalah diatas. Kabar baiknya, teknologi ini sudah muncul di Indonesia dalam bentuk sebuah aplikasi smartphone yaitu aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter Asli. 

Informasi ini penting untuk kami sampaikan kepada Anda yang mencari sebuah solusi tepat dalam urusan konsultasi dokter. 

Aplikasi TeleMedicine Halodoc Konsultasi Dokter Asli 4.0


Bagi beberapa orang untuk menemui dokter merupakan perkara yang cukup mudah. Namun dari sebagian besar wilayah Indonesia ini, untuk dapat menemui atau berkonsultasi dokter sering kali membutuhkan perjalanan dan waktu yang cukup panjang.

Tak jarang, masyarakat di berbagai wilayan Indonesia perlu menempuh perjalanan jauh serta penuh tantangan untuk dapat menuju lokasi praktik dokter.

Ada juga masyarakat yang tinggal di suatu wilayan kabupaten maupun pedesaan hanya memiliki sedikit akses pelyanan kesehatan dari dokter spesialis penyakit tertentu.

Sementara masyarakat yang tinggal di daerah kota yang padat penduduk, seperti halnya kota Jakarta. Mereka tidak banyak pilihan, dan terpaksa menghadapi macetnya lalu lintas demi dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi penyakit yang diderita.

Aplikasi TeleMedicine Halodoc konsultasi dokter Asli tercipta untuk memberikan solusi dari permasalahan yang dialami oleh masyarakat, dan berusaha untuk dapat menjangkau seluruh bagian masyarakat yang tinggal di berbagai wilayah Indonesia dari desa hingga perkotaan.



Agar dapat menciptakan kemudahan bagi masyarakat Indonesia, aplikasi Halodoc memungkinkan pengguna dapat berkonsultasi dengan dokter umum maupun spesialis dengan cara melalui pesan teks, telepon, panggilan video hingga mendapatkan resep obat yang diproses pada hari yang sama.

Meskipun dengan adanya kemudahan tersebut, aplikasi Halodoc untuk sementara waktu hanya menangani penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk. Masalah penyakit seperti alergi kulit juga bisa dikonsultasikan dengan dokter halodoc.

Kemudian jika pasien memerlukan perawatan medis yang lebih serius serta memerlukan konsultasi secara langsung, bahkan jika perlu perawatan di rumah sakit, dokter di Halodoc dapat memberikan rujukan kepada pasien dengan merekomendasikan rumah sakit terdekat.

Selain tanya dokter terkait solusi penyakit pada pasien, melalui aplikasi Halodoc konsultasi dokter. Para pengguna aplikasi dalam hal ini pasien, juga dapat melakukan pemesanan resep, memesan jadwal tes laboratorium, dan juga dapat mengkalaim asuransi yang pasien miliki.

Dengan penggunaan aplikasi Halodoc konsultasi dokter ini, tentunya dapat mempermudah menetapkan jadwal berkonsultasi dengan dokter, tanya dokter, pembayaran,  hingga pemberian resep dapat dilakukan menggunakan aplikasi Halodoc. Sehingga waktu yang biasanya dihabiskan untuk berkunjung ke klinik dokter lebih efisien.

Halodoc Konsultasi Dokter Bekerjasama dengan Banyak Pihak


Perkembangan aplikasi Halodoc cukup pesat, dan saat ini telah memiliki sumber daya dokter kurang lebih 22 ribu dokter yang bertugas. Kemudian terdapat 1,2 ribu apotek yang siap menerima pemesanan resep. 

Para dokter ahli ini, memiliki klinik sendiri atau sedang bekerja dirumah sakit serta pada waktu luangnya mereka memberikan pelayanan sesi konsultasi melalui apikasi Halodoc.




Masyarakat di Indonesia ini, kurang lebih terdiri dari 264 juta jiwa, yang tersebar di ribuan pulau dan perlu mendapatkan perhatian khusus untuk kesehatan. Karena kebutuhan layanan kesehatan ini sangatlah perlu bagi masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan terpencil. 

Saat ini aplikasi Halodoc telah digunakan oleh masyarakat Indonesia dari berbagai daerah dari sabang sampai merauke, dan masih perlu adanya sosialisasi kepada masyarakat yang belum tahu aplikasi konsultasi dokter dan agar dapat segera menggunakan aplikasi Halodoc dan bisa mendapatkan layanan kesehatan secara online. 

Faktanya dari 2 juta pengguna aktif aplikasi Halodoc konsultasi dokter, sekitar 80 persen merupakan pengguna dari luar kota utama yaitu Jakarta dan Surabaya. 

Meskipun aplikasi Halodoc konsultadi dokter, tidak dapat menggantikan tanya jawab secara tatap muka. Aplikasi Halodoc mencoba untuk bekerja keras agar dapat memberikan pengalaman dan pelayanan terbaik bagi pasien yang berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi. 

System aolikasi Halodoc, dibuat dengan teknologi 4.0 yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan. Aplikasi Halodoc mampu melakukan analisa kontekstual dan dapat memeriksa setiap sesi konsultasi berdasarkan 4 faktor : 


  • Cara dokter melakukan pendekatan pada pasien,
  • Rincian pertanyaan mereka,
  • Diagnosis dan resep yang diberikan, serta
  • Bagaimana tindakan mereka dalam kasus serupa.


Para dokterpun akan mendapatkan peringkat yang disarankan oleh para pengguna dari layanan yang diberikan, berdasarkan sesi hasil kontulstasi pasien dengan dokter.

Pasien dapat memberikan peringkat berupa jempol atau bintang, ini menjadi tolak ukur pelayanan yang baik atau tidaknya.

Bebas Memilih Dokter untuk Konsultasi


Pengguna aplikasi atau pasien juga dapat memilih dokter yang sesuai dengan bidang keahlianya serta pilihan biaya. Pengguna dapat memilih fitur konsultasi melalui video call, chatting, voice, untuk melakukan komunikasi dengan dokter melalui aplikasi.

Ketika membuka aplikasi Halodoc, pengguna aplikasi dapat melihat dokter yang sedang aktif atau online. Selain itu, nama dokter spesialis pada bidangnya masing-masing, terdapat informasi tarif konsultasi per menit.

Untuk pembayaran, pengguna aplikasi juga dapat memilih metode pembayaran yang diinginkan. Pasien akan diberikan beberapa pilihan metode pembayaran dengan ATM atau kartu kredit. Jika pembayaran telah terverifikasi, pasien dapat langsung dapat melakukan konsultasi dokter melalui pilihan konsultasi dengan dokter pilihanya.

Di bagian profile setiap dokter, kita dapat melihat informasi jadwal konsultasi dokter tersebut. Dengan informasi jadwal dokter tersebut, pasien dapat buat janji dokter sesuai waktu yang telah ditentukan. Tagline Halodoc adalah Dokter Anda, Kapan Saja.

Halodoc Juga terdapat Layanan ApotikAntar dan Pengujian Lab


Sementara itu, Aplikasi Halodoc juga memberikan pelayanan ApotikAntar serta hasil uji lab. ApotikAntar merupakan platform yang terhubung dengan apotik resmi terdekat didaerah Anda menggunakan layanan antar.



Halodoc telah bekerjsama dengan lebih dari 1,2 ribu gerai kesehatan. Tampilan menu pada aplikasi mirip marketplace dan memudahkan pengguna untuk mencari nama resep dan keterangan harga, serta informasi harga total. 

Selain itu, Aplikasi Halodoc juga telah bekerjasama dalam pelayanan ApotikAntar dengan aplikasi Gojek melalui layananya yaitu Go-Med.

Layanan aplikasi Lab, juga dapat mempermudah pengguna dalam mendapatkan jasa tes laboratorium dari laboratorium yang resmi. Hal ini untuk mempermudah pasien dalam pengambilan sampel urine atau darah yang dapat dilakukan dirumah.

9 Manfaat Konsultasi atau Curhat dengan Dokter Ahli


Curhat tak melulu tentang cinta, tapi juga bisa curhat untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang hidup sehat. 

Terlebih di era modern saat ini, kita memiliki beragam aktivitas yang sangat dinamis. Sehingga tak jarang, setiap orang enggan memperhatikan kondisi kesehatanya sendiri. Karena terlalu sibuk dengan kegiatan yang dihadapi setiap harinya. 

Tentunya hal ini berakibat pada sebagian orang bahwa badan telah merasakan sakit karena kelelahan dan keterlambatan penanganan medis membuatnya semakin parah. 

Sebagian penyakit tidak memberikan gejala awal yang bisa diketahui oleh pengidap penyakit tersebut. Maka dari itu melakukan diskusi atau konsultasi dokter menjadi salah satu antisipasi untuk segala kemungkinan terburuk pada kesehatan kita. 

Berikut ini saya rangkum beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, dan bisa diperoleh dari melakukan curhat rutin atau konsultasi kesehatan dengan dokter ahli yaitu:

1. Bisa Mencegah Terkena Penyakit

Kegiatan yang kita hadapi setiap harinya, terkadang membuat diri kita lalai untuk memperhatikan urusan kesehatan terlebih makanan dan minuman yang kita konsumsi. Apalagi pola tidur yang tidak teratur, karena banyak hal yang perlu diselesaikan pada saat itu juga.

Ketika badan sudah merasakan beberapa efek timbulnya penyakit tertentu, umumnya kita baru konsultasi dengan dokter. Setelah mengetahui hasil pengecekan oleh dokter, ternyata tubuh kita terdapat penyakit yang berbahaya. 

Maka dari itu, melakukan medical check up rutin bisa menjadi langkah antisipasi yang tepat untuk mendeteksi segala kemungkinan resiko penyakit berbahaya pada tubuh dan tentunya bisa mendapatkan penanganan lebih dini untuk proses penyembuhan. 

2. Mendapatkan Informasi Tentang Gaya Hidup Sehat Terbaru

Berkonsutasi dengan dokter juga bisa menjadi media untuk menceritakan gaya hidup Anda, serta mendapatkan kebutuhan konsumsi nutrisi yang tepat sesuai dengan apa yang diperlukan oleh tubuh. 

Setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda, tentunya membutuhkan nutrisi yang tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan konsultasi dokter, kita mendapatkan salah satu manfaat pentin dalam mengetahui pola hidup sehat yang lebih baik dan dapat di aplikasikan pada kegiatan sehari-hari. 

3. Keluhan Tubuh Bisa Segera Anda Atasi

Mencerikan segala kendala atau keluhan pada bagian tubuh secara rutin, kita bisa mendeteksi segala masalah dengan melakukan pengecekan pada tubuh yang terasa berbeda. 

Selain itu kita juga dapat mengetahui lebih jelas penyebab dari sakit yang dialami serta memperoleh penanganan lebih cepat dan tepat. Jangan pernah meremehkan setiap gejala yang dirasakan oleh tubuh, karena bisa memungkinkan terjadinya penyakit yang berada diluar pemikiran kita. 

4. Mengetahui Nutrisi yang Tepat untuk Kesehatan Diri

Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh pada setiap orang tentu berbeda-beda. Dengan melakukan konsultasi ke dokter, kita mendapatkan pengetahuan baru untuk memilih nutrisi apa saja yang baik dan buruk bagi tubuh. 

5. Mendapat Saran Diet yang Tepat

Tidak hanya wanita saja yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal, seorang laki-laki pun ingin memiliki tubuh yang ideal. Salah satunya dengan menerapkan diet tepat tanpa menciderai tubuh. Kita dapat berkonsultasi dengan dokter ahli yang dapat memberikan arahan terkait kebutuhan gizi yang baik pada saat menjalani program kesehatan diet.

6. Mengetahui Prosedure Rumah Sakit

Dengan melakukan konsultasi seorang dokter, tentunya juga bisa menambah pengetahuan prosedur medis yang ada di rumah sakit. Dengan begitu kita akan lebih mudah menyesuaikan segala administrasi yang ada di rumah sakit.

7. Mendapatkan Rekomendasi Penyembuhan Sakit yang Tepat

Biasanya nih kita yang awam tidak mengetahui bagaimana cara klaim asuransi, atau menggunakan BPJS kesehatan bahkan rumah sakit mana yang sebaiknya kita gunakan untuk administrasi. Memiliki teman curhat seorang dokter, akan sangat membantu Anda dalam memilih rumah sakit yang terkenal akan fasilitas kesehatanya.

8. Gak Perlu Antri Panjang

Ini juga bisa terjadi pada Anda, jika memiliki teman konsultasi seorang dokter. Ada kemungkinan, ketika memiliki teman dokter bisa jadi kita mendapatkan tiket layanan prioritas tanpa antri panjang pada umumnya.

9. Histori Penyakit Lebih Termonitor

Berkonsultasi dengan dokter kepercayaan, tentunya akan lebih mudah mendapatkan penanganan. Karena dokter sudah mengetahui histori penyakit yang pernah terjadi pada Anda. 

Dengan aplikasi Halodoc Konsultasi Dokter, Kita dapat Menceritakan Masalah Kesehatan Pada Dokter Melalui aplikasi


Untuk dapat berbicara dengan dokter ahli pada umumnya kita melakukan pertemuan di tempat praktik dokter, seperti halnya diklinik atau rumah sakit yang menjadi pilihan kita.

Namun masalahnya, untuk dapat bertemu dengan dokter kita tidak harus pergi ke tempat dokter berada dan tak perlu meninggalkan segala kesibukan yang kita jalani. Terlebih harus berlama-lama antri demi mendapatkan pelayanan dokter. Dan belum tentu dokter bisa memberikan pelayanan pada saat itu juga. 

Hal tersebut merupakan cara lama untuk mendapatkan pelayanan dari dokter. Dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini, kita dapat menghubungi dokter secara langsung melalui internet dan menggunakan aplikasi khusus. 

Peluang ini telah dimanfaatkan oleh perusahaan start up yang mengembangkan berbagai macam aplikasi kesehatan dan dikemas untuk memberikan kemudahan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dari dokter yang ahli dalam bidangnya.  

Berbeda cara berkonsultasi dengan dokter di tempat praktik, dokter pilihan yang dapat diakses melalui aplikasi ini lebih cepat diminati masyarakat karena layanan dan fasilitas yang didapatkan cukup responsif serta membutuhkan waktu yang lebih fleksibel alias dapat dihubungi setiap saat kapanpun dan dimanapun. 

Aplikasi halodoc konsultasi dokter, menjasi salah satu aplikasi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia dalam mendapatkan kemudahan berkonsultasi dengan dokter terkait kesehatan, pemebelian obat yang dibutuhkan hanya dengan smartphone. 

Halodoc menjadi platform pelayanan kesehatan yang memungkinkan kita bisa berinteraksi dengan dokter ahli pilhan lewat voice/video call dengan mengunduh aplikasi Halodoc. Download Aplikasi Halodoc di PlayStore atau di App Store 

Alamat kantor Halodoc Mensa 2 Building Jl. HR Rasuna Said Kav B-34, 4th Floor, Kuningan, Jakarta 12940 - Indonesia Telepon Layanan +6285574677403 help@halodoc.com

Ikuti Juga Media Sosial Halodoc
twitter.com/HaloDocID
facebook.com/HalodocID/
instagram.com/halodoc/

Saya Juga Menggunakan Halodoc untuk Konsultasi Dokter


Kemarin saya iseng nyobain menggunakan Halodoc untuk konsultasi dokter. Cara penggunaan aplikasi ini terbilang cukup mudah bagi orang awam.

Begini langkah awal untuk menggunakan aplikasi Halodoc download aplikasinya sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Kebetulan saya menggunakan android, jadi saya downloadnya di playstore. Bagi kamu yang menggunakan smartphone bersistem operasi IOS, download saya di App Store.

Setelah menginstall, silahkan buka aplikasi Halodoc. Pada bagian awal nih, kamu harus membuat akun pertama. Ini merupakan syarat pertama yang harus dimiliki oleh para pengguna Halodoc, yaitu memiliki akun pengguna.

Setelah mengisi profil pada akun, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk konsultasi dokter. Kebetulan sekali, pada saat menggunakan aplikasi ini pertama kali. Saya mendapatkan free konsultasi dokter.

Silahkan tekan saja pada bagian tombol chat pada layar hp smartphone kamu. Setelah itu tanpa harus menunggu lama, kamu akan mendapatkan respon dari dokter yang dipilih.




Bagi saya ini sisi kemudahan yang bisa didapatkan dari layanan kesehatan. Tanpa harus keluar rumah, tanpa harus mengantri lama. Saya sudah mendapatkan pelayanan yang baik dari dokter.

Kamu yang menggunakan aplikasi halodoc untuk konsultasi dokter, bisa juga memilih layanan gratis seperti pada gambar di bawah ini.




Setelah cukup lama berkonsultasi, kurang lebih sekitar 20 menit. Saya mendapatkan resep dokter yang bisa di beli secara langsung pada aplikasi dengan layanan pesan antar, ataupun bisa membelinya di apotek terdekat.

Dan ini adalah histori saya melakukan konsultasi dengan dokter secara gratis.




Kalau gak ingin repot keluar rumah, mending menggunakan layanan pesan antar deh. Tapi kalau saya nih, lebih seneng beli sendiri di apotek deket rumah.

Misal kamu ingin membeli resep dokter dengan layana pesan antar bisa klik menu seperti tampilan di bawah ini, contohnya sakit demam.



Nanti akan muncul menu resep sesuai sakit yang kamu alami. Misalnya saja cocok dengan resep ini dan itu. Atau sesuaikan saja dengan resep yang diberikan oleh dokter sesuai dengan hasil konsultasi. 

Tapi misal ingin membeli resep secara langsung juga bisa, dari menu pembelian resep diatas. Akan muncul daftar katalog resep seperti dibawah ini.




Setelah chat konsultasi dokter selesai, dokter akan mengakhiri chat. Sangat mudah bukan, menggunakan aplikasi halodoc untuk konsultasi dokter?

Selain dapat berkonsultasi masalah kesehatan pribadi, kamu juga bisa memasukkan nama anggota keluarga kamu untuk mendapatkan layanan kesehatan dan melihat perkembangan kesehatan anggota keluarga dari waktu ke waktu. Pernah mengidap penyakit apa saja, dan telah mendapatkan pengobatan seperti apa dan lain sebagainya, sehingga terlihat histori sakit.

Cara menambahkan anggota keluarga, silahkan akses menu profile sebelah kiri -> klik icon user sebelah kanan atas -> masukkan nama anggota keluarga.



Jika sudah, klik selesai.

Dengan memiliki rekam medis yang jelas, tentunya akan lebih mempermudah proses penyembuhan kamu dan anggota keluarga bagi dokter yang menangani.

Kamu seorang dokter? Jangan lewatkan untuk bermitra dengan halodoc, dapatkan peluang membantu banyak orang dan passive income. Silahkan buka tulisan saya sebelumnya lowongan kerja dokter di halodoc

Semoga pembahasan dalam artikel ini benar-benar informasi yang Anda harapkan. Dapatkan pengalaman menarik berkonsultasi dengan dokter asli secara online, silahkan langsung saja dowload aplikasinya. Demikian, sehat selalu kawan. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar