Skip to main content

follow us

Mengetahui Perbedaan Dikutip dan Dilansir


Setiap berita, memiliki informasi yang kurang lebih hampir sama. Namun yang menjadi pembeda diantara satu dengan yang lain adalah kalimat penyampaianya. 

Misalnya sebuah situs berita A mengetahui terlebih dahulu suatu kejadian yang perlu disampaikan kepada para peminat baca. 

Dan dari sekian banyak situs berita yang saya baca, ada satu kata yang menjadi ide untuk penulisan artikel di blog saya ini. 

Kata yang saya maksudkan yaitu kata "dikutip dan dilansir". Sebenarnya kata ini sebuah kata yang tepat digunakan oleh situs berita lainya sebagai tanda pemilik informasi yang sebenarnya. 

Sebagai blogger freelance, saya pun memiliki pertimbangan pada saat diminta klien untuk menulis sebuah artikel berita yang berasal dari pemilik utama sumber berita. 

Dan akhirnya saya menemukan arti sebenarnya dari makna kata "dikutip dan di lansir". Mungkin ini bisa menjadi referensi bagi para blogger freelance atau penulis lepas. 

Perbedaan Kata Dikutip dan Dilansir


Kata "dikutip" memiliki arti yang diambil dari sebagian kecil beritanya dari situs website pemilik berita, dan tidak mengambil keseluruhan kalimat dar artikel berita situs tersebut.

Baca Juga : Menghentikan Autodebet Donasi Unicef

Contoh : Dikutip dari Detik Finance. Ini memiliki makna bahwa informasi atau referensi tersebut hanya diambil sebagian kecil informasi yang ada. 

Sedangkan,

Kata "dilansir / melansir", kalau kata ini sepertinya ada campuran bahasa jawa yaitu lansir, ini mengartikan bahwa memindahkan suatu benda dalam jumlah yang cukup banyak dari suatu  tempat ke tempat yang lain. 

Dalam artikel berita yang menggunakan kata "dilansir", berarti kurang lebih memberikan makna, bahwa berita tersebut diambil keseluruhan informasi dari situs pemilik berita utama. 

Contoh : Dilansir dari Detik Finance. Ini memiliki makna bahwa informasi tersebut berasal dari Detik Finance dan diambil keseluruhan artikel dari informasi berita utama. 

Mungkin ada yang lebih faham terkait perbedaan kata dikutip dan dilansir, mohon berikan informasi melalui kolom komentar atau bisa menguhubungi saya melalui email. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar