Skip to main content

follow us

√ Masih Bingung Bagaimana Cara Donasi dan Cara Berhenti Donasi UNICEF?






Sepemahanan saya, bahwa empati merupakan kemampuan seseorang untuk dapat merasakan keadaan emosional orang lain...

...merasa simpatik dan mencoba untuk membantu menyelesaikan masalah yang dialami oleh orang lain.

Namun...

Kadang, kapasitas rasa empati kita terhadap orang lain menurun. Mungkin karena ada suatu hal, yang menjadi pertimbangan sebelum membantu orang lain.

Misalnya saja, diri kita sedang mengalami suatu masalah dan tidak memungkinkan untuk membantu orang lain sementara waktu.

Nyatanya, setiap orang berhak mendapatkan kebahagiaan. Tapi untuk mencapainya, kebahagiaan itu didapatkan dari orang lain.

Manusia, juga membutuhkan manusia lain-nya...

Jika yang lain tidak mampu mengulurkan tangan, masih ada orang lain yang mungkin akan mengulurkan tangan dalam membantu sesama...

Siklus Hidup Empati


Benar saja, kehidupan di dunia ini begitu dinamis, dan hampir semua aspek senantiasa mengalami perubahan termasuk rasa empati antar sesama.

Pada dasaranya, setiap orang yang terlahir didunia ini selalu membutuhkan orang lain dalam kehidupanya.

Seperti halnya keluarga, teman, bahkan rekan kerja yang dapat saling menolong saat seseorang mengalami sebuah kondisi yang mengalami kesulitan dalam kehidupanya. 

Salah satu sikap yang tidak boleh terbuang begitu saja, yaitu mampu merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain atau peka terhadap kebutuhan orang lain.

Iya benar, inilah yang disebut empati...

Dalam kehidupan sehari-hari, saya juga menemukan beragam peristiwa menarik salah satunya kuranganya rasa empati antar sesama manusia.

Misalnya saja...

Pada saat saya di kampus, saya mengantri terlebih dahulu untuk mendapatkan makanan yang saya inginkan. Namun disisi lain, ada beberapa kelompok mahasiswa perempuan yang menyerobot antrian.

Ada juga pemandangan kurangnya empati di sebuah layanan transportasi kereta api, masih banyak yang saling serobot tanpa memperdulikan orang lain yang lebih membutuhkan tempat.

Padahal di kereta api ada sebuah tulisan papan informasi bahwasanya ibu hamil, disabilitas, lansia dan orang sakit sudah seharusnya di dahulukan.

Kadang ada yang sengaja juga, dengan pura-pura tidur atau asik bermain game atau main gadget dan tidak mau memberikan kursinya untuk orang lain yang membutuhkan.

Empati merupakan salah satu sikap yang wajib kita miliki, demi memberikan kenyamanan serta penghormatan dalam bersosial. Salah satunya  mengulurkan tangan, untuk membantu setiap orang yang membutuhkan bantuan.

Tidak semua bantuan dinilai dengan uang...

Jika punya tenaga, gunakanlah tenaga untuk membantu orang lain...Jika ada rejeki berlebih, gunakanlah rejeki tersebut...Jika memiliki kepandaian, gunakanlah kepandaian...Jika memiliki kuasa dalam pemerintahan makan bantulah dengan kuasa tersebut...

Ada sebuah organisasi kemanusiaan dunia, yang memiliki impian melindungi serta mensejahterakan setiap generasi yang akan meneruskan perjuangan.

Turut berbangga, pemuda pemudi Indonesia menjadi pengawas dan pelaksana di lapangan organisasi ini. Organisasi yang saya maksudkan yaitu UNICEF Indonesia. 

Profile Unicef Indonesia


Unicef merupakan sebuah organisasi yang memberikan bantuan dan perlindungan bagi jutaan anak-anak di Indonesia, tentunya hal ini juga bantuan dari campur tangan para donatur yang memberikan sebagian rejekinya untuk pembangunan pendidikan dan kemanusiaan.

Kisahnya pada tahun 1948, organisasi Unicef Indonesia mulai bekerja di bagian kepulauan dunia yang luas ini yaitu negara Indonesia.

Awal mulanya, UNICEF memiliki kinerja fokus pada penyediaan bantuan darurat pada saat terjadinya kelaparan di pulau lombok kala itu.

Tahun berikutnya, terdapat sebuah kegiatan penandatanganan perjanjian kerjasama resmi dengan Republik Indonesia untuk membangun dapur susu di kota Yogyakarta, serta pada saat adanya pusat pemerintahan baru sementara.

Pemerintah Indonesia juga memiliki sebuah perencanaan pembangunan 5 tahun pertamanya pada tahun 1969, dengan UNICEF yang menjadi salah satu bagian organisasi dunia yang memberikan bantuan teknis.

Singkat cerita...

Keterlibatan organisasi UNICEF telah mengalami perkembangan yang pesat, serta mencakup wilayah program bantuan pembangunan dan kemanusiaan yang lebih luar, terlebih membantu hak anak-anak dan perempuan.

Dan hingga hari ini...

Program-program organisasi UNICEF didorong oleh komitmen penuh terhadap keadilan serta memberikan kesempatan yang adil bagi kehidupan perlindungan anak, dimana saja terutama yang paling membutuhkan bantuan organisasi.

Masih belum tercapai...

Meskipun ruang lingkup program UNICEF Indonesia yang mungkin telah berubah dari masa ke masa, namun impian besar organisasi masih belum tercapai:

UNICEF ada di Indonesia dan menjadi salah satu organisasi yang ingin memastikan bahwa tidaka da anak yang tertinggal.

Peran UNICEF Di Indonesia Saat Ini



Hubungan donatur yang berdonasi maupun peran serta yang dilakukan oleh UNICEF saat ini, yaitu memiliki visi yang besar untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam memberikan perlindungan, perkembangan serta perlindungan anak dengan memberikan bantuan mitra nasinal dalam memantau serta mengukur kemajuan setiap hak anak-anak melalui program pembangunan berkelanjutan. 

Misalnya saja pada tahun 2018, pada saat terjadinya gempa bumi yang maha dahsyat di pulau Sulawesi, UNICEF Indonesia menyampaikan bantuan dari donasi yang didapatkan berupa pasokan darurat pasca bencana ke wilayah yang terkena gempa tersebut. 

Donasi yang didapatkan UNICEF Indonesia bersama dengan pemerintah Indonesia terus memberikan bantuan 1,4 juta jiwa di Pulau Sulawesi dan Lombok yang terkena dampak bencana gempa bumi dan tsunami termasuk korban diantaranya terdapat 470.000 anak-anak. 

Ditahun yang sama, UNICEF Indonesia mengumpulkan donasi bersama Pemerintah dan masyarakat sipil ntuk kembali dengan semangat baru untuk melakukan kegiatan imuninasi nasional dengan periode waktu kurang lebih 2 tahun. 

Hasil donasi yang didapatkan UNICEF Indonesia juga digunakanuntuk mendukung gerakan inisiatif kembali sekolah dengan 7 ribu anak agar dapat kembali kesempatan mendapatkan pendidikan sekolah baik itu formal maupun non formal. 

Dan tentunya Unicef akan terus berupaya untuk tetap mengumpulkan para donatur, dan hasil donasi tersebut digunakan untuk meningkatkan kesehatan, lingkungan, pendidikan dan juga menawarkan harapan bagi perlindungan anak di Indonesia agar mendapatkan masa depan yang cerah. 

Tentunya bantuan yang bisa disampaikan Unicef Indonesia, juga memerlukan peran serta Donasi dari Anda yang memiliki rasa empati antar sesama.

Panduan Cara Donasi Unicef Indonesia


Saya memiliki keyakinan...

Bahwa setiap orang, apabila memiliki rejeki lebih, ada keinginan untuk berbagi dengan sesama. Ini adalah naluri kemanusiaan yang tumbuh dan berkembang di dalam diri kita.

Nah mungkin saja, teman-teman ada yang berminat dan ingin berbagi rejeki dan kebahagiaan di UNICEF Indonesia. Tanpa perlu repot urus ini dan itu...

Teman-teman dapat melakukan transaksi donasi secara online, dan terdapat beragam pilihan donasi yang bisa Anda sesuaikan.

Pada panduan donasi online UNICEF dibawah ini, telah saya sediakan lengkap untuk donasi UNICEF indonesia secara online.

  1. Kunjungi Halaman website Unicef Indonesia
  2. Pilih Donasi yang ingin Anda inginkan (harap perhatikan ada 2 jenis donasi, yaitu harian dan hanya sekali donasi)
  3. Masukkan data kartu kredit yang Anda miliki dan form pendukung. 
Ada dua jenis donasi online yang disediakan oleh UNICEF Indonesia, yang pertama adalah jenis donasi online harian, dan yang kedua jenis panduan donasi sekali saja.

Lihat pada panduan infographic dibawah ini :











Keterangan panduan donasi dengan 2 pilihan donasi sekali atau donasi per bulan:

Pada tampilan dibawah ini, terdapat 2 pilihan donasi. Misalnya Anda memilih donasi menggunakan metode tagihan bulanan pembayaran via kartu kredit.



Selanjutnya masukkan data diri Anda. Diharapkan sesuai dengan data diri kartu kredit, agar nanti jika ada perubahan rencana misalnya berhenti donasi unicef bisa di proses dengan cepat. 



Nah pada tampilan dibawah ini merupakan pilihan donasi hanya satu kali. Pembayaran bisa melalui kartu kredit, kartu debit, transfer, dan pembayaran lainya. 




Dibawah ini merupakan metode pembayaran yang bisa Anda pilih.



Jika Anda ingin mendapatkan informasi seputar unicef, atau ingin melakukan donasi secara langsung. Anda dapat mengunjungi tempat penggalangan dana. Terkait informasi ini, Anda bisa mendapatkan update dari halaman situs supportunicefindonesia.org/contact-us.
 

Panduan Cara Berhenti Donasi Unicef Indonesia 


Mungkin Anda pernah berfikiran untuk berhenti donasi Unicef Indonesia, karena ada suatu permasalahan yang tidak memungkinkan Anda dapat donasi setiap bulannya.

Misalnya saja pada saat pertama kali mendaftar, Anda sedang banyak rejeki dan ingin berbagi. Pendaftaran donatur, Anda memilih untuk berdonasi menggunakan kartu kredit. Dengan harapan agar mempermudah transaksi autodebet setiap bulanya.

Kemudian di lain hari, ada suatu kebutuhan yang mengharuskan Anda menekan biaya pengeluaran. Sehingga membuat keputuhan untuk menghentikan donasi unicef.

Misalnya,  karena adanya kebutuhan mendesak, atau sedang ada target untuk kebutuhkan lain misalnya keperluan biaya kuliah, berumah tangga, membayar cicilan, dan lain sebagainya.

Dan ini prosedure cara berhenti donasi Unicef Indonesia yang tepat dan bisa Anda lakukan pengajuan saat ini juga secara online:

  1. Anda dapat menghubungi layanan donatur di (021) 8066 2100 pada Jam Operasional: Senin – Jumat pukul 09.00 – 17.00
  2. Atau juga bisa mengirimkan via email di ids.donorlove@unicef.org. 

Pada poin satu, Anda dapat menghubungi layanan donatur dan menyampaikan keinginan Anda untuk berhenti donasi Unicef Indonesia atau ingin merubah metode donasi menjadi sekali donasi.

Sama halnya dengan point ke dua, Anda bisa mengirimkan email terkait maksud Anda untuk berhenti donasi. Ketika Anda telah mengkonfirmasi kepada CS, tentunya CS akan memvalidasi terlebih dahulu data diri Anda untuk mengeceknya di data donatur UNICEF Indonesia.

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, ketika kita melakukan donasi secara online, pastikan untuk memastikan atau mengkonfirmasi bahwa data diri Anda sebagai donatur telah terdaftar di database. Hal ini berguna sekali untuk proses pada saat Anda memutuskan untuk berhenti donasi di UNICEF Indonesia.

Demikian artikel siklus hidup panduan donasi dan cara berhenti donasi UNICEF Indonesia, semoga dapat memberikan informasi dan inspirasi bagi kita semua.

Jika hari ini Anda berhenti donasi, karena Ada suatu hal yang kurang memungkinkan Anda melakukan donasi. Semoga rejeki selalu mengalir dan dapat melakukan donasi kembali.

Referensi : https://www.unicef.org/indonesia/id/tentang-kami

Tag : bts unicef, siwon unicef, jaemin unicef, tentang unicef, choi siwon unicef, unicef pbb

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar