Skip to main content

Apa Yang Dimaksud Dengan Kampus Cabang "Branch Campus"?


Semakin banyak kebutuhan dalam dunia pendidikan, semakin banyak juga istilah baru dan kosakata yang ditemui pada saat mencari informasi pendidikan kuliah ke luar negeri, sama halnya dalam pencarian beasiswa luar negeri.

Berbeda bahasa membuat beberapa negara memiliki cara penyebutan yang berbeda dalam mendeskripsikan suatu hal. Misalnya, kata program atau degree? University atau College? Tentunya istilah ini cukup membingungan bagi yang pertama kali mengetahui kata tersebut. 

Terlebih jika mahasiswa mendapatkan informasi tentang pilihan program pendidikan kuliah atau studi lintas negara, dimana program kuliah tersebut memungkinkan mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran di Universitas cabang yang terletak dinegara lain dan bukan di negara asal universitas. Nah cukup membingungkan tentunya. Kok bisa ya?

Definisi / Istilah Kampus Cabang "Branch Campus"

Kurang lebihnya istilah ini sama dengan perusahaan cabang atau kantor cabang bank yang berada di wilayah yang berbeda, baik itu kota, provinsi, maupun negara. Sama halnya dengan kampus pusat maupun kampus cabang yang berada berbagai wilayah untuk menjangkau pendidikan yang merata.

Ada yang menarik nih, yaitu meskipun mahasiswa aktif belajar di kampus cabang tetap akan mendapatkan diakreditasi oleh kampus pusat. Sehinga mahasiswa tak perlu khawatir kuliah di negara asal universitas, akan tetapi bisa juga mendapatkan gelar dari universitas tersebut. Sangat menarik kan?

Bisa dikatakan jika kamu ingin memiliki gelar dari University of Nottingham di Inggris, kamu tidak perlu repot-repot pergi kuliah ke luar negeri. Kamu juga bisa kuliah di negara terdekat dengan negaramu, misalnya di kampus cabang universitas yang ada di Malaysia.

Istilah lain untuk kampus cabang

Karena ini merupakan jenis ide yang relatif masih baru, maka setiap universitas kemungkinan memiliki istilah sendiri, akan tetapi memiliki makna yang sama yaitu cabang dari suatu kampus utama.

Beberapa istilah yang biasa digunakan adalah:
  • Satellite site
  • International branch campus
  • Overseas campus
  • Foreign campus

Negara mana saja sih yang memiliki kampus-kampus cabang?

Cukup banyak sekali, terlebih negara di Timur Tengan dan Asia merupakan wilayah yang cukup populer. Hal ini dikarenakan fasilitas yang bisa didapatkan serta tawaran dari universita lokal di kedua kawasan tersebut masih terbilang terbatas.

Beberapa universitas di Amerika salah satu pelopor kampus cabang dunia. Berbagai kampus cabang universitas di Amerika dapat juga kamu temukan di negara Thailand, Spanyol, Jepang, US, dan Arab.

Negara Inggris, Eropa serta Australia, juga tidak ingin ketinggalan untuk memiliki kampus cabang juga. Setiap tahunya semakin banyak kesempatan kampus cabang dibuka, hal ini untuk memenuhi permintaan serta program pendidikan yang semakin meningkat.

Apa saja keunggulan belajar di kampus cabang?

Setidaknya kurang lebih ada 3 keunggulan yang dapat kamu peroleh dari sistem pembelajaran di kampus cabang, diantaranya:
  1. Kamu bisa lebih menghemat biaya pendidikan, dan biaya hidup semasa kuliah. Kamu bisa berkuliah di universitas ternama luar negeri seperti Eropa, Amerika, Inggris, Australia, termasuk universitas paling bergengsi di Asia.
  2. Kamu tidak perlu jauh dari keluarga, kamu akan tetap dapat bertemu keluarga, saudara, dan bahkan teman-teman terdekatmu.
  3. Kamu memiliki peluang mendapatkan gelar sarjana kelas dunia yang mungkin saja tidak bisa didapatkan di negaramu. Kuliah di kampus cabang universitas ternama bisa menjadi salah 
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar