Skip to main content

Apa Yang Dimaksud Dengan Program Pendidikan Franchise ?


Dalam dunia bisnis kata "Frachise" dikenal sebagai ijin usaha atau lisensi untuk menggunakan merek atau brand yang telah terdaftar dari suatu badan usaha atau bisnis. Nah, dalam program pendidikan seperti perkuliahan luar negeri, kata "franchise" sebenarnya apa ya?

Definisi dari kata "franchise" dalam dunia pendidikan perguruan tinggi

Kurang lebihnya memiliki makna dengan kata "Franchise" dalam dunia bisnis, sehingga bisa dikatakan bahwa universitas memberikan penawaran program pendidikan kuliah yang diakreditasi oleh universitas lainya diluar negeri. 

Misalnya saja :  University of Westminster di negara Inggris memberikan "franchise/ijin/lisensi" kepada  Universitas yang ada di negara Indonesia. Sehingga mahasiswa yang ingin mengikuti program pendidikan "franchise" Universitas di Indonesia tersebut akan mendapatkan gelar dari aUniversity of Westminster di Inggris

Apa Keuntungan yang didapatkan program pendidikan Franchise?


Tentunya akan semakin banyak jenis program pendidikan yang bisa dipilih. Mahasiswa berpeluang mendapatkan gelar sarjana yang sama dengan universitas impianmu tanpa harus bepergian jauh. 

Terlebih universitas lokal yang ada di negara Indonesia memiliki linsesi pendidikan dari program "franchise" dengan universitas yang ada di luar negeri. Tentunya mahasiswa dapat menghemat banyak biaya pendidikan dan kebutuhan hidup semasa pendidikan, serta tetap mendapatkan kualitas pendidikan yang sama persis dengan universitas luar negeri tersebut. 

Universitas mana saja yang punya "franchise"?


Faktanya sudah banyak! universitas yang saling bekerjasama dalam dunia pendidikan, tentunya semakin banyak universitas yang memberikan penawaran program "Franchise" Universitas yang ada di luar negeri. 

Program pendidikan yang bisa dipilih pun cukup beragam, serta menjadi program kuliah pilihan mahasiswa yang cukup populer. 

Apakah kualitas program pendidikan "franchise" sama dengan program di universitas asal?


Sebenarnya ini juga yang saya pribadi pertanyakan. Tapi secara teori, seharusnya metode pembelajaranya juga sama. Karena universitas yang memberikan ijin atau lisensi "Franchise", tentunya sudah memiliki prosedure yang ketat, dalam hal monitoring serta menjaga standar kualitas program pendidikan "Franchise" yang dioperasikan pada Universitas rekanan mereka. Akan tetapi, yang paling terlihat perbedaan fasilitas kampus, lingkungan, dan lain sebagainya. 

Apakah Program pendidikan "franchise" itu sama dengan kampus cabang?


Suatu universitas dapat memberikan penawaran beberapa program pendidikan "Franchise" dari luar negeri, serta hanya program dalam perjanjian tersebutlah yang dapat diakreditasi oleh universitas yang memberikan ijin atau lisensi tersebut. Sedangkan pada perguruan tinggi atau universitas cabang, seluruh program pendidikan kuliah berasi dari universitas diluar negeri yang membuka cabang. Inilah yang menjadi pembeda antara "Franchise" dengan perguruan tinggi atau universitas cabang.

Selain itu, pada perguruan tinggi atau universitas cabang, semua hal yang terkait dengan dukungan layanan pendidikan mahasiswa akan dikelola oleh universitas yang membuka cabang. Sedangkan untuk universitas yang memberikan penawaran lisensi program pendidikan "Franchise" fasilitas maupun layananya dll akan dikelola sendiri oleh perguruan tinggi / universitas tersebut
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar