Skip to main content

Pilihan Oli Motor Terbaik untuk Menjaga Usia Mesin dan Meningkatkan Performa

Menggunakan motor kecepatan tinggi.  Source Image: beritaagar.id

Cuma di Geek Talks Betariko.com, kamu mendapatkan informasi penting ini. Terlebih buat kamu yang gaptek atau kurang perhatian soal mesin. Penting banget nih, biar gak salah perawatan motor kesayangan!

Beli motor mahal, harus tahu perawatanya. Terutama elemen penting dalam mesin, yaitu oli.

Pelumas mesin, atau oli bisa dikatakan bagian penting dalam sistem kinerja mesin pada motor. Fungsinya yaitu untuk mengurangi gesekan yang terjadi berulang kali antar komponen dalam mesin.

Faktanya, komponen di dalam mesin itu memiliki ratusan part hlo. Jadi, agar tidak cepat rusak, kamu harus menggunakan oli sebagai pelindungnya, sehingga komponen didalam mesin bisa lebih tahan lama alias panjang umur.

Mending pilih oli yang benar-benar berkualitas, dibandingkan harus ganti sparepart mesin atau malah ganti motor. Hiya...hiya...

Mesin Kendaraan Bermacam-Macam


Kamu sebagai pemilik kendaraan harus perhatikan petunjuk yang direkomendasikan dari pabrikan. Karena sepeda motor jenisnya macam-macam, ada yang menggunakan injeksi dan ada juga yang karburator.

Selain itu...

Ada juga sepeda motor yang bertransmisi matik, semi otomatis, dan manual / kopling.

Bagaimana cara memilih Oli Motor dan Mobil Terbaik?


Produk Oli motor dan mobil terus mengikuti perkembangan, karena hal ini juga diseimbangkan dengan inovasi teknologi terbaru dari produsen otomotif. Tentunya, juga perlu adanya penyesuaian pada mesin kendaraan.

Faktanya, kompresi mesin motor dan mobil saat ini makin tinggi. Ini menjadi tuntutan dari teknologi produsen otomotif dalam membuat sepeda motor dan mobil yang lebih efisien dan spesifiksi lebih tinggi.

Makanya, penggunaan oli motor dan mobil pun perlu ada perubahan dengan menghadirkan jenis oli terbaru untuk menunjang performa kendaraan tersebut.

Rata-rata model motor dan mobil saat ini memiliki desain ring piston yang semakin kecil, sehingga dibutuhkan oli sebagai pelumas mesin dengan partikel yang lebih kecil.

Maka dari itu, pelumas untuk sepeda motor dan mobil yang terbaru perlu lebih encer.

Ini dimaksudkan untuk menghasilkan kompresi yang lebih baik, sehingga oli dengan partikel ultra kecil maupun nano dapat meningkatkan performa kendaraan.

Fungsi Penggunaan Oli Motor dan Mobil


Performa kendaraan motor dan mobil, sangat bergantung pada oli yang digunakan. Karena pada dasarnya, oli memiliki tiga fungsi utama, yaitu lubricate (pelumas), clean (pembersih), cool (pendingin),  Jika tidak tepat dalam memilih oli, tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin.

Motor sport kawasaki Z900 pada kecepatan tinggi.  Source Image: id.priceprice.com

Maka dari itu, kamu perlu menggunakan pelumas atau oli yang sesuai dengan kebutuhan kendaraanmu. Kebutuhan motor sport, racing dan matic tentunya berbeda.

Pertamina telah menyiapkan produk oli yang sesuai dengan tipe motor yang kamu gunakan. Berikut ini 6 oli motor dan mobil terbaik:

1. Enduro 4T Sport SAE 5W-30


Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro 4 T Sport SAE 5W-30
Enduro 4T Sport SAE 5W-30 menjadi salah satu pilihan oli motor terbaik yang merupakan pelumas sintetik dan diformulasikan khusus untuk menjaga perlindungan mesin dari aus, dan meningkatkan kinerja akselerasi.

Tingkat Kinerja 

Oli motor ini telah memenuhi persyaratan tingkat mutu API Service SL dan JASO MA2

Fungsi Utama
  • Oli motor Enduro 4T Sport SAE 5W-30 mampu meningkatkan akselerasi serta power maksimum. 
  • Kemudian, friksi yang tinggi pada kopling juga dapat meminimilisasi slip pada sistem kopling basah.

Penting : Enduro 4T Sport SAE 5W-30 direkomendasikan sebagai pilihan oli motor terbaik, untuk motor gigi empat langkah sistem kopling basah, terutama pada aplikasi balapan.

2. Enduro 4T Racing 10W-40


Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro 4 T Racing 10-40
Enduro 4T Racing 10W-40 juga menjadi salah satu bagian dari pelumas motor terbaik, untuk motor gigi empat langkah yang memiliki sifat kekentalan ganda dengan kualitas tinggi diformulasikan base oil sintetik serta aditif API SL pilihan terbaik.

Oli motor ini, juga telah lolos dalam pengujian variable speed friction test dengan hasil melebihi high friction reference oil. Dengan kata lain, tidak menyebabkan slip pada kopling.

Tingkat Kinerja

Telah memenuhi standar mutu API SL/SJ dan JASO MA2.

Fungsi Utama
  • Oli motor Enduro 4T Racing 10W-40, sangat sesuai dengan generasi sepeda motor terbaru yang memiliki akselerasi tinggi, tidak mudah terdegradasi radiasi pada dari mesin dan tidak mudah teroksidasi.
  • Pelumas ini juga memberikan perlindungan pada mesin, mampu mencegah pembentukan karat, endapan piston dan menjaga komponen pada mesin motor agar tidak aus. 
Penting : Enduro 4T Racing SAE 10W-40 direkomendasikan untuk digunakan pada mesin sepeda motor empat langkah,  Kawasaki, Suzuki,  Honda, Yamaha dan lainnya.

3. Enduro 4T Racing SAE 20W-50


Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro 4 T Racing SAE 20-50
ENDURO 4T SAE 20W-50 merupakan oli mesin motor yang berkualitas tinggi yang diformulasikan dari oli dasar mineral dengan kualitas tinggi serta dengan tambahan bahan pilihan yang diutamakan untuk sepeda motor gigi empat langkah.

Karakteristik Oli motor Enduro 4T SAE 20W-50 stabil dengan karakteristik suhu rendah dan tinggi yang baik.

Tingkat Kinerja

ENDURO 4T SAE 20W-50 telah memenuhi tingkat kinerja API SJ dan JASO MA.

Fungsi Utama
  • Menjaga kebersihan mesin dan memberikan interpretasi yang sangat baik terhadap pembentukan endapan piston. Oli ini juga mencegah terjadinya selip pada kompling basah.
  • Pada suhu motor yang tinggi maupun rendah, Oli ini membantu strart up motor yang mudah dan memberikan pelumasan pada bagian mesin pada kecepatan tinggi.
  • Stabilitas oksidasi dan degradasi yang sangat baik di bawah paparan suhu operasi yang tinggi. Selain itu juga membantu akselerasi motor menjadi lebih optimal yang membuat kinerja motor berjalan lebih cepat.
  • Memberikan perlindungan optimal terhadap karat dan keausan berlebih pada komponen kendaraan.
Penting : Oli Motor ENDURO 4T SAE 20W-50 juga sangat direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah seperti  Kawasaki, Yamaha, Honda, Suzuki, dan siklus motor lainnya. 

4. Enduro Matic SAE 10W-30


Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro Matic SAE 10W-30
Oli motor ENDURO MATIC SAE 10W-30 merupakan oli yang dikhususkan pada motor gigi empat langkah dengan bahan kualitas tinggi dilengkapi moly aditif dirancang untuk meminimalisir terjadinya gesekan komponen mesin motor di bawah suhu maupun kecepatan tinggi.

Memiliki sifat viskositas yang rendah untuk membantu sirkulasi minyak serta memberikan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Memilih oli motor terbaik ENDURO MATIC SAE 10W-30 sangat direkomendasikan untuk melumasi sepeda motor empat langkah mesin dengan sistem kopling kering

Tingkat Kinerja

Telah memenuhi standart kinerja kinerja JASO MB untuk mesin motor empat langkah motor matic. Selain itu, oli motor ini juga telah memenuhi API SL.

Fungsi Utama:
  • Mengandung aditif moly yang membantu mengurangi resiko gesekan pada suhu dan kecepatan tinggi.
  • Memberikan perlindungan yang sangat baik pada mesin motor yang beroperasi di bawah kondisi kecepatan tinggi.
  • Memiliki kekentalan  SAE 10W-30 dan tepat untuk mesin motor teknologi terbaru. Cepat melakukan start up pada kondisi mesin dingin maupun panas, serta efek pendinginan pada mesin motor juga lebih baik serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.
  • Jaga kebersihan mesin motor matic
  • Melindungi mesin motor dari korosi dan pakaian berlebih
Penting : ENDURO MATIC SAE 10W-30 sangat direkomendasikan untuk mesin motor empat langkah matic seperti Yamaha, Honda, Suzuki, Kanzen dan lainnya.

5. Enduro Matic G SAE 20W-40


Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro Matic G SAE 20W-40
Oli motor Enduro Matic G SAE 20W-40 menjadi salah satu pilihan oli motor mesin matic, dengan sistem gigi empat langkah terbuat dari bahan berkualitas tinggi. Oli ini didesain khusus menggunakan base oli sintetik.

Pelumas motor ini menjadi pilihat tepat bagi kamu yang menggunakan motor matic dikota besar, yang sering terjebak ditengah-tengah kemacetan jalan.

Enduro Matic G SAE 20W-40, oli motor terbaik yang memiliki viskositas lebih tinggi dibandingkan dengan pelumas lainy, sehingga mampu menjaga temperatur mesin, terutama di jalan statis.

Oli motor matic ini telah mendapat pengakuan mutu JASO MB, yang merupakan standar Jepang untuk motor matic sistem gigi empat langkah serta dapat memenuhi kebutuhan tingkat performance API SL.

Tingkat kinerja oli motor matic Enduro Matic G SAE 20W-40 memiliki ketahanan tinggi terhadap degradasi dan oksidasi yang diakibat oleh radiasi panas dari mesin kendaraan, dengan begitu dapat menjaga usia pelumas mesin motor,  memiliki kestabilan viskositas tinggi yang mampu melindungi mesin sepanjang pemakaian.

Pelumas motor matic ini juga memiliki sifat kekentalan relatif rendah pada suhu yang dingin, sehingga mampu menjaga mesin motor matic pada saat dinyalakan.

Penting : Oli motor matic Enduro Matic G SAE 20W-40, sangat direkomendasikan untuk mesin sepeda motor empat langkah matic.

6. Enviro 2T SAE 20

Gambar : Oli Motor Terbaik
Enduro Enviro 2T SAE 20
Oli motor Enviro 2T SAE 20 merupakan jenis pelumas mesin motor gigi dua langkah dengan bahan bakar bensin.

Pelumas ini merupakan berbahan semi sintetis dengan komposisi bahan dari bahan dasar pelumas mineral ditambah bahan dasar polyisobutylene sintetis dan aditif-aditif yang berkualitas unggul.

Oli mesin motor Enviro 2T SAE 20 telah memenuhi standar terbaru untuk pelumas motor gigi dua langkah dengan sistem pendingin udara.

Tentunya menjadi kebutuhan utama para pengguna industri otomotif Jepang meliputi pelumasan, asap, sifatdetergency, serta penyumbatan pada bagian saluran gas buang.

Tingkat kinerja yang khusus dari oli mesin motor Enviro 2T SAE 20 yaitu, oli moto ini tidak mengeluarkan asap pada knalpot kendaraan, melindungi serta menjaga kebersihan bagian mesin, mencegah terjadinya pembentukan deposit karbon pada piston serta kemacetan pada torak.

Enviro 2T SAE 20 merupakan oli mesin motor gigi dua langkah dengan sistem pendingin udara. Oli ini telah melewati berbagai ujian sertifikasi JaSO FC dan international Standard Organization (ISO) L-EG-D.

Penting : Pengunaan Oli motor Enviro 2T SAE 20 direkomendasikan untuk kamu yang menggunakan motor yang berbahan bakar bensin dengan gigi dua langkah serta sistem pendingin udara untuk produk motor Jepang seperti  Suzuki, Honda, Kawasaki, Yamaha,dan juga Vespa.

Nah gimana, setelah kamu membaca ulasan oli motor terbaik ini? Tentunya menambah wawasan kamu terkait penggunaan oli motor dan memiliki fungsi khusus pada motor-motor dan kebiasaan kita dalam mengendarai motor misalnya kebut-kebutan, macet, perjalanan jauh dan lain sebagainya.

Semoga ulasan ini, benar-benar informasi yang kamu butuhkan dan memberikan manfaat.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar