Skip to main content

follow us

√ Ketahui Penyebab Blue Screen Windows 10


Saya sebagai pengguna Windows 10, tentunya pernah mengalami beberapa kendala saat mengunakan Windows 10 pada komputer saya.

Pernah mengami kejadian salah satunya fenomena error blue screen, ini menjadi salah satu tanda bahwa Windows 10 saya mengalami masalah dan perlu melakukan pengecekan. 

Ini juga sering terjadi pada sistem operasi Windows yang sebelumnya, maka dari itu ada baiknya saya menuliskan pengalaman dalam pengecekan penyebab error bule screen Windows 10 dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Tentunya dengan mengetahui masalah yang saya alami ini, Anda dapat mengantisipasi hal ini agar tidak terjadi pula pada komputer Anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10. 

Jika Anda membaca artikel ini, mungkin Anda belum menemukan solusi atau hanya sekedar penasaran ingin tahu penyebab erro blue screen Windows 10. 

Nah untuk menuntaskan rasa penasaran Anda, maka perlu membaca artikel ini hingga tuntas. Karena dengan membaca artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi, Anda akan memahami penyebab terjadinya error blue screen Windows 10. 

Apa Saja Penyebab Error Blue Screen Windows 10?


Saya hanya sekedar menuliskan beberapa permasalahan yang saya alami pada Windows 10, kurang lebih berikut ini ada beberapa diantaranya :


1. Driver rusak

Bagi saya driver merupakan sebuah software yang paling penting untuk mengoperasikan hardware yang ada di komputer. Dengan adanya driver, komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya misalnya untuk membaca perangkat tambahan misalnya USB, printer, Wi-Fi, LAN, Grafik dan lain sebagainya.

Jika komputer kita kehilangan beberapa elemen dari driver, tentunya komputer tidak dapat bekerja secara normal.

Mungkin kita tidak sengaja menghapus bagian driver, bisa juga karena aplikasi antivirus yang menghapus bagian driver komputer, dan banyak kemungkinan lainya.

Baca Juga : Mengatasi Komputer Lemot atau Ngelag Pada Windows 10

Bahkan yang paling serius ketika komputer kehilangan bagian-bagian driver bisa mengakibatkan masalah serius, apalagi pada saat ingin digunakan untuk bekerja atau melakukan aktifitas lainya.

Salah satu kejadian yang paling menjengkelkan adalah terjadinya error blue screen. Biasanya ini terjadi ketika driver apa saja yang mengalami permasalahan BSOD, dan akan sangat bergantung pada driver apa saja yang mengalami kerusakan.

Ada kalanya error blue screen terjadi hanya sekali, tapi juga bisa terjadi berkali-kali. Kalo sudah begini kita harus mencari sebuah solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Salah satunya dengan mengupdate driver komputer, untuk memastikan bahwa driver telah terinstall sempurna. Apabila tidak ada informasi update driver, sebaiknya lakukan install ulang driver dan mendowloadnya di official websitenya. Dengan cara ini diharapkan komputer dapat berfungsi sebagaimana mestinya seperti baru.

2. Hardisk Mengalami Kerusakan

Hardisk menjadi bagian dari hardware komputer yang paling penting untuk penyimpanan data. Tidak peduli sistem operasi atau aplikasi yang digunakan, termasuk sistem operasi Windows 10 pun harus kita usahakan melakukan perawatan agar hardisk tetap awet dan berfungsi dengan baik. 

Memiliki fungsi sebagai penyimpanan dan pembacaan data, salah satunya untuk membaca serta menjalankan sistem operasi yang digunakan pada komputer. 

Dengan kata lain, jika hardisk mengalami kerusakan tentu akan mengakibatkan hardisk tidak mampu membaca data yang ada di komputer termasuk sistem operasi, driver dan aplikasi yang menjadi bagian yang menunjang kinerja komputer. 

Ketika hardisk mengalami kerusakan, tentu akan memberikan dampak pada komputer salah satunya masalah yang muncul adalah error blue screen yang memberikan informasi kerusakan pada penyimpanan komputer atau hardisk.

Sehingga, jika terjadi error blue screen terlalu sering. Anda sudah seharusnya mengambil tindakan untuk melakukan pengecekan dan menyelamatkan data yang ada di hardisk. Karena kemungkinan hardisk telah mengalami kerusakan yang cukup parah. 

Untuk hardisk yang mengunakan piringan, pastikan Anda menggunakan komputer dalam posisi hardisk tegak horisontal atau vertikal. Jangan posisikan hardisk dalam posisi miring, karena perputaran piringan hardisk sangat cepat, sangat memungkinkan terjadinya pergesekan dengan piringan satu dengan yang lainya. 

Sedangkan untuk hardisk SSD, Anda bisa melakukan pengecekan dengan mengambil SSD dan membersihkan bagian port tembaganya untuk memastikanya terbebas dari debu. 

Jika hardisk sekiranya tidak tertolong lagi, Anda bisa melakukan pergantian hardisk segera untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. RAM Mengalami Kerusakan

Ini menjadi salah satu bagian komputer yang memiliki bagian kerja dalam memproses data dari input sistem pada komputer yang Anda miliki.

Tanpa adanya RAM dikomputer, perangkat komputer Anda tidak akan dapat bekerja sebagaimana mestinya baik secara kinerja bagian software maupun hardware.

Sehingga RAM ini juga bagian penting yang harus Ada dikomputer. Jika diibaratkan sebuah otak manusia, yang memerlukan sebuah penyimpanan jangka pendek untuk megingat atau bekerja.

Memori RAM inilah yang memiliki pekerjaan dikomputer Anda sebagai media penyimpanan jangka pendek dalam memproses data.

Kemudian, jika terjadi kerusakan pada RAM mungkin pada bagian-bagian ram mengalami kerusakan fisik berdebu dan lain sebagainya, tentunya kinerja komputer akan mengalami masalah.

Ketika masalah sudah pada tingkat yang serius, komputer akan mengalami error blue screen pada Windows 10 yang Anda gunakan sebagai sistem operasi. Kalau sudah mengalami kerusakan serius, Anda sebaiknya melakukan pergantian RAM agar kerusakan komputer tidak semakin parah.

4.  File Sistem Operasi Windows 10 Mengalami Kerusakan

Meskipun sistem operasi Windows 10 terbilang lebih bagus dari para pendahulunya, tetapi yang namanya software pasti tidak terlepas dari kerusakan pada bagian-bagian tertentu. Mungkin karena human error, atau gangguan lain pada komputer.

Kerusakan salah satu elemen yang ada di Windows 10, bisa mengakibatkan kinerja komputer menjadi tidak maksimal bahkan terganggu. Salah satu yang menjadi permasalahan yaitu pada saat mengalami erro blue screen pada Windows 10.

Ada banyak kemungkinan terjadinya error blue screen pada Windows 10, ketika muncul informasi kerusakan OS, Anda hanya perlu membaca informasi yang ada pada layar untuk mengambil tindakan segera.

Baca juga : Mengatasi Error Blue Screen Windows 10 Bagian OS

Demikian artikel tentang beberapa pengalaman yang saya alami pada Windows 10. Semoga dengan beberapa pengetahuan diatas, Anda dapat mengantisipasinya agar tidak terjadi pada komputer. Jika terjadi error pada komputer, sebaiknya lakukan tidakan seperti yang saya lakukan. Semoga bermanfaat...

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar