Skip to main content

follow us

√ Begini Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows 10


Pada saat mengoperasikan komputer, mungkin Anda pernah atau sedang mengalami yang namanya error blue screen. Hal ini terlihat pada tampilan layan pc Anda yang berwarna biru dan terdapat pesan keterangan kode error. 

Hal ini wajar terjadi pada komputer yang menggunakan sistem operasi windows, pada saat sedang melakukan proses pembacaan data pada komputer. Bisa juga pada saat membutuhkan performa yang lebih pada saat membuka aplikasi tertentu. 

Jika komputer mengalamai error blue screen, tentunya kita tidak dapat melakukan kegiatan apapun pada saat itu juga. Karena tampilan pada layar komputer hanya menampilkan layar warna biru dengan pesan error tertentu, sehingga tidak terlihat tampilan proses dekstop sama sekali. 

Pada artikel ini, saya membuat panduan umum cara mengatasi erro blue screen pada Windows 10 dengan cara yang terbilang sederhana dan mudah untuk diikuti. 

Namun, sebelum mengetahui cara untuk mengatasi error blue screen, ada beberapa hal yang menjadi perhatian sebelum melakukan perbaikan pada komputer yang mengalami error blue screen. Berikut ini diantaranya:

Kapan waktu terjadinya komputer mengalami error blue screen?
  1. Saat sedang mengoperasikan komputer, mengolah data text, menggambar, game atau dst?
  2. Setelah melakukan install aplikasi atau bahkan update aplikasi?
  3. Atau error blue screen terjadi karena setelah upgrade ke Windows 10
Mari kita cek satu persatu untuk menemukan permasalahan terjadinya error blue screen. 

Error Blue Screen Pada Saat Sedang Menggunakan Komputer

Biasanya yang terjadi pada user biasa untuk mengetahui penyebab error blue screen selalu tidak jelas atau sulit untuk memastikan penyebab utamanya, serta sulit untuk mengetauinya pada semua versi Windows. 

Kecuali bagi user yang cukup memahami beberapa erorr code yang muncul pada tampilan error blue screen.

Dan celakanya ternyata pada tampilan Windows 8 maupun 10, kini tidak menyediakan informasi error code serta tidak ada petunjuk teknis tertentu untuk mengatasinya. Hal ini tentunya menjadi pembeda dengan pendahulunya, seperti halnya Windows XP maupun Windows 7. 

Meski yang terjadi demikian, penyebab yang paling sering terjadi bukan selalu masalah hardware komputer yang gagal melakukan pekerjaan sebagai mana mestinya. 

Namun, jika memang pada kenyataanya hardware mengalami masalah, langkah terbaiknya yaitu melakukan pengecekan awal dengan cara berikut ini:

  • Check Updates : banyak masalah yang terjadi pada error blue screen di Windows 10 yang hanya bisa teratasi dengan cara mengupdate Windows, karena kemungkinan ada beberapa element Windows hilang atau tanpa sengaja terhapus. Silahkan ketik pada taksbar "Windows Update" -> Kemudian klik Windows Update -> pada jendela Windows Update pilih "Check for Updates".
  • Remove new hardware : jika error blue screen tampil pada saat terjadinya pemasangan hardware baru, pastikan dulu dengan cara melepas hardware baru tersebut, kemudian nyalakan ulang komputer Anda. Nah, jika pada saat komputer menyala tidak ada pesan error, maka sebaiknya mencari informasi lebih lanjut terkait hardware yang sebelumnya Anda pasang tadi, misalnnya dengan bertanya kepada penjualnya atau pabrik pembuatnya. 

Error Blue Screen Muncul Pada Saat Selesai Menginstall Aplikasi atau Update


Error blue screen, terkadang juga terjadi pada saat kita menginstall aplikasi atau mengupdate suatu aplikasi maupu driver komputer. Pada masalah kali ini, yang perlu diperhatikan untuk mengatasinya yaitu dengan memastikan apakah kita masih bisa mengakses tampilan desktop, menggerakkan kursor atau tidak.

Jika masih melakukan aktivitas pada tampilan desktop, sebaiknya lakukan tindakan uninstall aplikasi tersebut yang diduga menjadi salah satu penyebab komputer mengalami error.

Namun jika kurang yakin dengan penyebab terjadinya error pada komputer, kemungkinan perlu uninstall beberapa aplikasi yang ada di komputer. Beriku ini tindakan yang harus diambil:


  1. Pada search box Windows, ketik "View installed updates" lanjut -> klik View Installed Updates.
  2. Ekspand Windows untuk melihat tampilan "tanggal install", lanjut ->  pilih item Update tersebut.
  3. Pilih "Uninstall".
  4. Kemudian restart komputer, lakukan pemeriksaan terkait error yang terjadi apakah sudah ada perubahan tanpa error atau belum.
  5. Jika belum teratasi, lakukan tindakan langkah no.1 s/d no.4 lagi dengan cara memilih tanggal-update lainnya.
  6. Jika error blue screen bisa diatasi, untuk mengantisipasi terjadinya error kembali matikan fitur Windows Automatic Update.
Berbeda jika yang terjadi ketika tidak bisa melakukan akses ke desktop, dan pada saat bersamaan komputer melakukan proses restart berulang kali sehingga sistem akan melakukan tindakan repair Windows secara otomatis (automatic repair)

  1. Setelah jendela tampilan automatic repair muncul klik "Choose an option" kemudian -> Pilih Troubleshoot -> Advanced options -> System Restore.
  2. Selanjutnya komputer akan menampilkan jendela System Restore. Pada tampilan tersebut silahkan pilih satu "Restore Point", perhatikan pada tanggal sebelum terjadinya permasalahan atau error blue screen.
  3. Setelah selesai dengan proses System Restore, lakukan tindakan restart komputer dan cek kembali apakah problem bisa diatasi.
  4. Jika error belum teratasi, lakukan tindakan sesuai langkah no.1 s/d no.3 dengan memilih tanggal-Restore Point lainnya.
  5. Jika akhirnya error blue screen bisa diatasi, ada baiknya untuk melakukan tindakan mendisable fitur Automatic Update.

Perhatian :

Jika Anda melakukan restoring suatu Restor Point maka dampaknya akan menghapus beberapa aplikasi, update, driver yang ada pada komputer sesuai dengan restore point yang dipilih sesuai tanggal

Namun semua file yang ada di komputer tidak akan terhapus. Hanya bagian dari System Windowsnya saja yang terhapus.

Selain menggunakan cara diatas, untuk mengatasi blue screen pada Windows 10, yaitu menggunakan "Recovery Disk", perintah ini hanya bisa dilakukan apabila kita telah membuatnya. Agar dapat melakukan tindakan ini, kita hanya perlu mengubah bagian di startup setting Windows 10.

Ada 2 (dua) cara untuk memproses Recovery Disk berikut ini langkah-langkahnya. Dimulai dari bagian Settings untuk men-start Windows 10 pada Safe Mode atau startup lainnya :

  1. Klik pada tombol Start, lalu pilih Settings.
  2. Pilih Update & Security lanjut -> Recovery.
  3. Pada Advanced Startup lanjut -> pilih Restart Now.
  4. Setelah PC restart akan menampilkan layar Choose an Option lanjut pilih Troubleshoot --> lanjut klik Advanced options -> klik Startup Settings kemudian -> Restart.
  5. Setelah direstart, pilih salah satu jenis startup dengan menekan tombol nomor yang sesuai.
  6. Dari bagian layar Sign-in. Cara ini dilakukan jika kita tidak bisa membuka Settings.
  7. Pada hagian layar Sign-in, tekan dan tahan tombol keyboard yaitu Shift sambil memilih Power -> lanjut Restart (letanknya di sudut kanan bagian bawah layar monitor).
  8. Setelah pc melakukan proses restart, selanjutnya akan terbuka layar Choose an Options, kemudian pilih Trouble shoot -> lanjut klik Advanced options -> lanjut klikStartup Settings -> Restart.
  9. Setelah restart, pilih salah satu jenis startup sesuai dengan menekan tombol nomor Ada.


Error Blue Screen Pada Saat Mengupgrade Windows 10


Apabila komputer mengalami error blue screen pada saat sedang melakukan proses upgrade OS ke Windows 10. Maka cara mengata

Jika hal ini terjadi pada komputer Anda, ada baiknya untuk melakukan pengecekan kompabilitas komputer atau hardware komputer Anda.

Semoga pembahasan untuk mengatasi blue screen pada windows 10 ini merupakan informasi yang benar-benar Anda butuhkan dan dapat memberikan manfaat dalam mengatasi permasalahan komputer Anda. Aamiin...

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar