Skip to main content

follow us

√ Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10?


Laptop lemot atau ngelag pada windows 10 saya kira udah menjadi pengalaman berkesan bagi para penggunanya.

Kadang ada juga yang langsung membawa ke tempat service komputer, tapi di tempat service harus ditambah RAM atau bahkan diminta ada pergantian sparepart laptop. Karena ketidaktahuan, malah harus keluar duit banyak kan.

Sebaiknya coba dulu cek dulu deh, apa yang terjadi pada laptop Anda.

Saya sendiri sering mengalami laptop memiliki beban proses memori dengan atrian proses data pada komputer yang mengakibatkan pembacaan aplikasi menjadi berat, padahal spesifikasi laptop saya udah termasuk laptop yang kuat untuk mengolah setiap proses pada laptop. 

Windows 10 menjadi sistem operasi laptop yang saya pilih, karena dari segi tampilan, kemudahan driver untuk perangkat tambahan, misalnya printer, audio dan lain sebagainya sudah tersedia di Windows 10.  Mungkin juga Anda yang menggunakan Windows 10 juga merasakan betapa mudahnya mengoperasikannya di laptop.

Kadang saya juga heran, entah karena keseringan menggunakan laptop untuk kebutuhan desain gambar, dan sering online untuk menulis beberapa pesanan artikel membuat laptop saya sering lemot atau ngelag.

Bahkan ketika saya sedang mengedit gambar atau sekedar mengolah text di word. Tiba-tiba blue screen dan laptop shutdown. Padahal kegiatan file yang saya kerjakan belum sempat saya save, dan pada akhirnya harus mengulang dari awal. Sangat menjengkelkan...


Sempat memikirkan, apakah saya terlalu memaksakan performa laptop untuk aplikasi dengan kebutuhan pemrosesan yang besar. Tapi setelah saya lakukan beberapa perubahan yang Ada di laptop saya, kini saya telah mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot Windows 10. 

Ternyata hanya masalah performa yang berlebihan. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi laptop lemot atau ngelag pada windows 10? Mari simak tips dari saya, agar performa laptop Anda kembali seperti baru. 

Mengatasi Laptop Lemot Atau Ngelag pada Windows 10 Agar Seperti Baru


Langkah awal yang saya gunakan yaitu dengan memindahkan data dari My Document, Picture, Video, File Downloads ke Local Disk penyimpanan. 

Saya membagi hardisk saya menjadi 3 bagian, yaitu 

Local Disk C:

Secara umum, penginstalan OS di install pada bagian penyimpanan local disk C selain itu juga untuk kebutuhan penyimpanan OS dan aplikasi yang terinstall.

Local Disk D: 

Pada bagian hardisk ini, saya gunakan untuk kebutuhan penyimpanan tugas kuliah dan beberapa materi belajar. 

Local Disk E:

Penyimpanan ini saya gunakan untuk file hiburan, misalnya edit video, edit gambar dan lain sebagainya. 

Cara untuk mengatasi laptop lemot atau ngelag pada Windows 10, saya memindahkan semua file ke folder yang saya sediakan di partisi hardisk lain yaitu D dan E. 

Hal ini untuk mengurangi pemrosesan pembacaan file, pada saat laptop dinyalakan, atau sedang mengakses file. Dan cara ini berhasil membuat performa laptop dengan Windows 10 semakin meningkat. 

Suatu ketika saya mengalami lagi laptop lemot, mungkin karena sudah banyak aplikasi yang saya install.

Dan saya mencoba untuk mengurangi beban pemrosesan Windows 10, dengan mengurangi tampilan atau efek grafis pada windows 10. 

Mengatasi Laptop Lemot Windows 10 dengan Mengurangi Pemrosesan Grafis


Klik Kanan Icon This PC





Kemudian Klik Properties





Klik Menu Advanced System Setting




Pada bagian performance, klik Setting




Klik pada bagian adjust best performance




Klik Apply kemudian, Klik Ok




Nah sekarang rasakan yang awalnya laptop lemot, terasa performa ada perubahan besar seperti pemrosesan pada laptop baru. 

Semoga artikel bagaimana cara mengatasi laptop lemot Windows 10 ini, merupakan informasi yang benar-benar Anda cari dan memberikan manfaat dalam mengatasi laptop lemot. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar