Skip to main content

follow us

Cara Mudah Membangun TFTP Server dalam Windows 7/8/10

Pada halaman ini saya akan mencoba sharing bagaimana cara membangun TFTP server dalam windows 7/8/10.

Mungkin sebagian dari Anda belum mengetahui apa sebenarnya TFTP itu. Sederhananya, TFTP merupakan protokol sederhana yang di gunakan untuk mengirimkan file antar user komputer yang sama, maupun berbeda jaringan.

Nah, untuk kali ini kita akan mempraktekan bagaimana caranya mengirimkan file ke dalam flash router. Berikut ini langkah-langkah untuk membangun TFTP server agar dapat mempermudah user dalam mengirimkan file ke dalam router.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, tentu langkah pertama yaitu mendownload aplikasi dan menginstalnya pada komputer yang akan Anda gunakan untuk pengiriman file.

Silahkan download di halaman situsnya TFTP Server. Kemudian pilih aplikasi sesuai kebutuhan Anda misalnya (32 bit ataupun 64 bit).




(Website download Tftpd)



(Gambar aplikasi tftpd)


Cara Mudah Membangun TFTP Server dalam Windows 7/8/10

Dalam tftpd, Anda harus menyediakan folder untuk alokasi penyimpanan file tftp dan harus menyesuaikan interface computer yang tersambung dengan jaringan router bersangkutan.




Untuk setting tftp server, Anda dapat klik tombol setting lalu jendela setting akan muncul..



Buka tab global, lalu centang TFTP server (untuk saat ini hanya TFTP) lalu klik OK. Lalu lanjutkan ke tab TFTP.



Browse base folder atau alokasi folder untuk tftp. Folder ini berguna sebagai storage tftp yang akan dibuat. Folder bebas pilih namun disarankan untuk menyediakan folder tersendiri.






Setelah itu ok -> setting selesai, restart aplikasi untuk mengaktifkan konfigurasi yang baru.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info