Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Seberapa Penting Peran Trademark Indonesia untuk Suatu Bisnis?

Trademark Indonesia https://patendo.com/trademark-indonesia merupakan ciri khas dari suatu produk yang berbentuk kata, slogan, simbol, ataupun frasa. Gunanya untuk membedakan keaslian dari produk satu dengan produk lainnya yang serupa. Trademark dapat memudahkan konsumen dalam memilih barang yang ingin mereka miliki. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, merek dagang atau trademark kini adalah komponen yang penting dalam semua jenis usaha di segala bidang. 

Setiap saat pasti ada saja produk sejenis yang dilahirkan oleh beberapa perusahaan yang berbeda. Akan tetapi, produk tersebut mempunyai merek dagangnya masing-masing, sehingga setiap produk mempunyai keunikan ataupun identitas yang berbeda. Trademark juga bisa menaikkan brand awareness yang membuat produk tidak mudah dilupakan dan terlihat menonjol. 

Dengan begitu, jika pelanggan melihat merek dagang dari perusahaanmu, bukan tidak mungkin mereka akan mengetahui produk yang kamu jual. Namun kamu harus terlebih dahulu mendaftarkannya, supaya tidak diambil oleh perusahaan lain. 

3 Alasan Pentingnya Peran Trademark Indonesia 


1) Merupakan alat komunikasi yang efektif Logo adalah alat yang efisien untuk mengemukakan informasi suatu bisnis kepada target pasar yang dituju. Apabila melihat suatu logo, pastinya produk yang dijual mudah dikenali oleh konsumen. 

Misalnya, ketika kamu melihat produk sepatu yang di dalamnya terdapat logo dengan tiga garis yang berdekatan, kamu pasti akan menyebutkan dengan mudah bahwa sepatu tersebut merupakan keluaran dari perusahaan Adidas. Selain itu, konsumen juga bisa menilai mengenai kualitas dan reputasi dari produk itu. 

2) Dapat memudahkan konsumen dalam menemukan produk-produk yang kamu jual Seperti yang diketahui bahwa trademark bisa menjadi pembeda antara produk satu dengan produk lainnya yang serupa. Dengan begitu pelanggan akan lebih mudah mendapatkan produk milikmu. 

Contohnya di sebuah mall ada banyak outlet yang menjual tas. Apabila pelanggan ingin membeli tas dari produkmu, sudah pasti mereka akan mengunjungi outlet yang menampilkan simbol yang sesuai dengan produkmu. Apalagi di jaman digital saat ini, sudah banyak konsumen yang menggali informasi bahkan berbelanja secara online. Hanya dengan mencari merek dagangmu di mesin pencari, konsumen akan lebih mudah menemukan produk yang kamu jual. 

3) Bisa terhindar dari plagiarisme Merek dagang adalah aset penting yang harus dijaga. Sebab, jika produkmu telah populer dan disukai banyak orang, bukan tidak mungkin pihak lain ingin meniru merek dagangmu. Jika tidak didaftarkan maka kamu akan sulit dalam melindungi produkmu dan mengklaim bahwa kamulah pemilik yang sesungguhnya. Maka dari itu, segeralah mendaftarkan trademark supaya tidak mudah diklaim oleh pihak lain. 

Arti Simbol TM (™), R (®), dan C (©) 


Dalam suatu produk, biasanya terdapat simbol-simbol bertuliskan R, TM, dan C. Lalu apa makna dari simbol tersebut? 

  • Simbol TM (™) Simbol ini menunjukkan bahwa produk yang didaftarkan telah mendapatkan persetujuan dari badan terkait. Namun, belum secara resmi terdaftar di HKI. 
  • Simbol R (®) Simbol ini menunjukkan bahwa produk atau jasa yang dipasarkan sudah diakui secara resmi di HKI. Jadi, pemilik produk bisa menerima hak eksluksifnya. 
  • Arti Simbol C (©) Simbol ini merupakan simbol hak cipta. Biasanya untuk menginformasikan suatu hak cipta terhadap proses pengerjaannya, selain itu juga dilindungi secara resmi oleh UU No 19 tahun 2020 mengenai Hak Cipta. 

Demikianlah informasi singkat mengenai peran trademark Indonesia untuk keberlangsungan bisnis beserta makna simbolnya. Apabila trademark yang kamu punya belum terdaftar, segeralah daftarkan trademark ke Kemenkumham. Supaya pihak lain tidak bisa mengklaim merek dagangmu dan kamu bisa menjalankan strategi bisnis dengan lancar.