Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Cek Haki Secara Online Dan Offline


Merek dagang merupakan hal paling penting bagi setiap pemilik usaha. Merek dagang memiliki peran yang bertujuan agar masyarakat mengenali produk yang Anda jual. Selain itu, dengan adanya merek dagang, brand yang diusung dapat diakui secara hukum.

Sebelum mendaftarkan merek dagang, Ada perlu mengecek merek dagang terlebih dahulu untuk mengetahui apakah merek dagang Anda sudah dimiliki orang lain atau belum. Bukan hanya nama merek dagang, namun logo, warna dan sebagainya juga perlu dicek. Lalu bagaimana cara mengecek merek dagang? Mengecek merek dagang dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu secara online dan offline.

Cara cek haki secara offline. Bagi Anda yang masih belum paham bagaimana cara mengecek merek dagang, Anda dapat menggunakan jasa konsultan HKI (Hak Kekayaan Intelektual). Konsultan HKI merupakan orang yang memiliki spesialisasi di bidang hak kekayaan intelektual yang menyediakan jasa secara khusus di bidang pengajuan dan pengurusan permohonan Hak Kekayaan Intelektual.

Para konsultan HKI biasanya berada di dalam wadah yang bernama Asosiasi Konsultan HKI Indonesia. Cara mengecek merek dagang melalui konsultan HKI adalah dengan cara menghubungi konsultan HKI yang dipilih.

Salah satu konsultan HKI adalah Patendo yang melayani pengecekan merek, pendaftaran merek dan perpanjangan merek. Biasanya jasa pengecekan merek dagang memiliki harga Rp 200.000 per merek per kelas.

Cara Mengecek Merek Dagang Secara Online


Bagi Anda yang imenginginkan cara praktis dalam mengecek merek dagang, Anda dapat memilih cara online. Cara ini sangat praktis dan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih dari cara offline. Berikut merupakan cara mengecek merek dagang secara online : 
  1. Kunjungi halaman website milik Ditjen Kekayaan Intelektual di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Ditjen KI di http://pdki-indonesia.dgip.go.id 
  2. Jika sudah masuk ke website, Anda dapat mengubah kolom pencarian bebas menjadi pencarian bebas merek. 
  3. Selanjutnya ketik nama merek dagang yang ingin Anda cari secara jelas.
  4. Setelah itu akan muncul daftar merek sesuai keyword merek dagang yang Anda cari. 
  5. Jika Anda ingin lebih spesifik lagi, Anda dapat menggunakan Pencairan Terstruktur Merek di kolom yang sama. 
  6. Isi kolom dengan komplit meliputi nomor, periode, teks, atau asal pemilik. 
  7. Klik Search All.
  8. Terakhir tunggu hasil yang akan muncul. Keutamaan Adanya Merek Dagang 

Untuk Sebuah Produk Berikut merupakan beberapa keutamaan adanya merek dagang pada produk usaha milik Anda: 

1. Pembeda Dengan Produk Kompetitor 
Merek merupakan sebuah identitas bagi sebuah produk sehingga lebih dikenal oleh konsumennya, selain itu merek dagang juga merupakan pembeda antara produk satu dengan lainnya. Sehingga apabila produk memiliki bentuk yang sama atau sejenis dapat dibedakan dengan identifikasi melalui nama merek atau logonya. 

2. Meningkatkan Nilai Bagi Produk Itu Sendiri 
Perlu Anda ketahui bahwa merek dagang juga memiliki peran dalam meningkatkan nilai sebuah produk. Konsumen dapat menjadikan merek sebagai tolak ukur ketika hendak memilih produk yang akan dibeli. Dengan hal ini produk yang memiliki nilai akan lebih memiliki nilai daripada yang tidak memiliki merek. 

3. Pengelolaan Merek Akan Lebih Menghasilkan 
Adanya merek dagang dapat membantu para pengusaha dalam mengelola perkembangan usaha. Merek akan memberikan ciri khas kepada produk, sehingga apabila usaha memiliki cabang di berbagai tempat, usaha akan lebih dikenal.

 4. Terhindar Dari Masalah Hukum 
Merek dagang yang sudah Anda daftarkan akan menghindarkan usaha Anda dari masalah hukum. Apabila terdapat merek yang sama dengan merek dagang Anda, maka merek dagang Anda yang akan menang dari merek dagang yang sama dengan merek dagang Anda. Dari penjelasan di atas membuktikan bahwa merek dagang sangat penting bagi sebuah usaha. Anda harus mengikuti prosedur merek dagang mulai dari pendaftaran merek dagang hingga pengecekan merek dagang. Dengan ini, usaha milik Anda akan lebih mudah berkembang dan berproses.