Skip to main content

Jangkau Pelanggan Tanpa Batas! Mendampingi Istri Jual Produk Pakai Website

Gambar : Menjelaskan Konsep Website dan Fungsinya untuk Bisnis

Di waktu sore menjelang petang, istri saya membuatkan secangkir kopi. Seperti biasa, ada obrolan ringan usai beraktifitas seharian. 

Dari obrolan tersebut ada diskusi terkait peluang usaha, ia minta izin agar diperbolehkan usaha sampingan jualan produk kosmetik. 

Saya bertanya, "Yakin ingin memulai usaha? Berani hadapi konsekuesi atau resiko yang akan dihadapi? " 

 

Dia Jawab, "Yakin, saya berani dan bisa!".

Karena saya tahu karakter dia, kalau gak diturutin ya gitu deh. Hehe..

Selain itu ada pertimbangan lain, istri saya kuliah, masih bekerja di tempat lain, dan bila ingin buka usaha sampingan tentunya perlu membagi waktu. 

Setelah berdiskusi serta mempertimbangkannya...

Akhirnya, saya jawab "Oke deal, kita mulai. Tapi, kalau tiba-tiba bosen mengelola, keteteran bagi waktu, atau capek. Segera bilang, agar bisa dicari solusinya."

Lagi pula, ketika ada peluang harus dicoba dahulu dan sayang banget bila dilewatkan begitu saja. Dan...kalau tidak dicoba, tentunya tidak akan tahu hasilnya kan?

Bagi saya problem utama sebuah usaha, ketika dagangan tidak laku dapat membuat seseoramg menjadi putus asa.

Pada saat dagangan laris manis, disitu ada tanggung jawab untuk menjaga pelanggan maupun calon pelanggan. Melayani dengan hati, fast respon, pengiriman produk tepat waktu, dan lain sebagainya. Intinya berkomitmen untuk selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik.

Modal utama seorang pedagang ya kekuatan mental dan tanggung jawab.

Oh ya, tulisan ini mungkin menjadi jawaban bagi Anda yang memiliki keinginan yang sama yaitu usaha sampingan. Dalam hal pemasaran produk lebih luas secara online, tanpa batas jangkauan wilayah.

Kenapa Harus Promosi Lewat Internet?


Berdasarkan data survey dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), user pengguna internet mengalami pertumbuhan 8,9% di tahun 2020.
 
Gambar : apjii.or.id/survei tahun 2019 - 2020

Dari total 260 lebih juta jiwa penduduk Indonesia, ada 196 lebih juta jiwa terhubung dengan internet. 

Tentunya ini peluang yang amat besar. Di internet terdapat data pencarian yang perlu di cari untuk analisa. Kita hanya perlu mencari dan memprediksi peluang bisnis yang cocok, untuk dijalankan.

Maka dari itu perlu melakukan research market, serta menyiapkan bahan kebutuhan promosi.

Dengan website, Anda bisa menjangkau pelanggan tanpa batas wilayah. Bantu pelanggan Anda, menemukan produk atau layanan yang mereka cari dari internet.

Analisa Kebutuhan Go Online


Menganalisa kebutuhan go online ini merupakan cara paling dasar untuk menentukan strategi yang tepat dalam membangun website dari nol. Kurang lebih, ini beberapa tahapan yang dibutuhkan:

1. Melihat Trend Pencarian Google

Biasanya untuk menilai ketertarikan pasar, saya lebih suka menggunakan Google Trend. Data ini merupakan nilai rata-rata trend pencarian kata kunci di internet, sehingga bisa digunakan sebagai signal ketertarikan pengguna internet mencari produk tertentu.

Pada gambar dibawah ini, menunjukkan pencarian kata "kosmetik". Anda bisa mengalanisa kata lain, misalnya merek dan lain sebagainya.

Nilai trend dari 10 - 100, dan terlihat trend pengguna internet dalam mencarian kosmetik masih bergerak stabil dari bulan Januari - Desember di tahun 2020.

Sumber dari trends.google.co.id
Gambar : trends.google.co.id

Anda bisa menentukan produk yang ingin dijual menggunakan Google Trend. Baik dari ketertarikan berdasarkan nilai pencarian atau berdasarkan wilayah yang dominan.

2. Pilihan Keyword Untuk Optimasi Website

Setelah menentukan produk dan wilayah yang dominan dalam pencarian, gunakan Google Keyword Planner, untuk menyaring kata-kata yang akan digunakan mengoptimasi website. Misalnya kata "skincare" atau "kosmetik" bisa keyword lain yang diinginkan. 

Menarik sekali, dari data pencarian kata "skincare" rata-rata 1rb-10rb pencarian di Google. Jumlah pencarian rata-rata tersebut, bisa lebih rendah atau lebih tinggi dari yang sebenarnya. 

Bisa Anda bayangkan, bila 100 dari 1rb atau 10rb pengunjung website melakukan transaksi pembelian. Tentu ini peluang yang bagus kan?

Maka dari itu gunakan pilihan keyword yang tepat untuk mengoptimasi website. Simpan di catatan penting Anda, dan seleksi kata atau kalimat yang akan digunakan untuk optimasi website.

Gambar : www.google.com/adwords

Penting untuk mengkategorikan kata kunci rendah, sedang, dan tinggi. Dalam membangun website dari nol, ada baiknya untuk memilih kata kunci yang rendah, baru diikuti kata kunci sedang dan tinggi.

Kenapa begitu? Karena untuk mempermudah website terindex Google dan mendapatkan traffic organic

Apa itu traffic organic? Traffic organic merupakan traffic dari pencari, misalnya saja Google yang umum digunakan. Ketika orang mengetikan sebuah kata kunci, ia menemukan website yang kita buat di halaman Google.

Itulah fungsi pentingnya research keyword untuk membangun website dari nol. 

3. Menentukan Nama Domain dan Hosting

Bagi saya domain yang pendek dan hosting yang cepat juga menjadi bagian penentu keberhasilan Go Online jangka panjang. 

Gambar : Penyedia Layanan Domain dan Hosting Qwords

Domain yang pendek, alias singkat dan padat mewakili produk yang dijual. Lebih mudah diingat oleh pelanggan maupun calon pelanggan. 

Karena pada dasarnya pelanggan mencari referensi suatu produk secara online, sekali atau dua kali, bahkan berkali-kali kunjungan ke website, barulah ia membuat keputusan untuk membeli produk.

Maka dari itu, agar mudah diingat pelanggan, penting sekali untuk menggunakan nama domain pendek mewakili produk Anda.

Dalam membeli produk, umumnya pelanggan membandingkan satu produk dengan produk lainnya. 

Hosting yang cepat, loading website yang cepat membuat pelanggan nyaman mengakses satu halaman ke halaman lain untuk membaca informasi produk maupun layanan yang ada di website.

Terkait opersional website, saya lebih memilih Qwords hosting Indonesia. Alasan utama, karena pelanggan yang ingin dijangkau ada di wilayah Indonesia.

Gambar : Komitmen Qwords Hosting Indonesia

Selain itu, Qwords.com menjadi salah satu pilihan layanan domain dan hosting murah yang ada di Indonesia. 

Tak perlu khawatir website down, karena  Uptime Network & Server di atas 99.99% didukung manajemen jaringan dan multiple upstream tier 1 provider network serta multiple peering.

Sebuah website harus online setiap saat alias selama 24jam, karena kita tidak tahu kapan pelanggan berkunjung ke halaman website. Bisa pagi, siang, sore, atau malam hari.

Selain uptime server dan harga layanan yang terjangkau, Ada lagi yang saya suka dari pelayanan dari Qwords.com, yaitu tim technical support dan customer service Qwords.com siap membantu memberikan pelayanan selama fulltime 24 jam.

4 poin penting yang saya jadikan acuan memilih layanan hosting, MURAH, UPTIME server, LOKASI di Indonesia, dan DUKUNGAN tim teknis atau support untuk membantu menyelesaikan masalah ketika tidak bisa diselesaikan sendiri.

4. Membangun Website

Setelah menentukan nama domain dan hosting, tentunya langkah selanjutnya membangun website sesuai rencana.

Rekomendasi untuk build website gunakan CMS Wordpress, Plugin Yoast, Plugin Elementor, Plugin Litespeed. Anda bisa mempelajarinya di kb.qwords.com atau di qwords.com/blog

Pastikan Anda sudah submit website di search.google.com, dan gunakan Google Analytics untuk memonitoring.

Buatlah konten sesuai rencana keyword, dari data keyword planner. Pastikan konten dalam bentuk text, video, gambar, memiliki ciri khas. 

Anda tidak bisa buat website, dan pengen banget segera Go Online? Tenang, Anda bisa menggunakan jasa bikin.website by Qwords. 

Gambar : Bikin Website Tanpa Ribet #TerimaBeres

Konsultasikan kebutuhan website Anda dengan bikin.website by Qwords, terkait spesifikasi, digunakan untuk apa. Ada paket entry, UKM, Wedding, Corporate, Ecommerce, atau Custom. Pokoknya terima beres, langsung pakai. 

Selanjutnya Anda tinggal mengoperasikan website, dan menambahkan konten bila dibutuhkan. 

5. Monitoring dan Evaluasi

Lihat pada Google Analytics, apakah sudah mengalami peningkatan pengunjung ke website? Halaman mana yang paling sering diakses? Pengunjung dari kota mana? Gender? Usia? Perangkat yang digunakan mengakses website? dan sebagainya.

Gambar Analytics : Data yang perlu di evaluasi

Pada bulan ke-satu, lakukan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan konten maupun tampilan website. Bisa juga menambahkan konten untuk memaksimalkan keywords.

Pada bulan ke-dua, lakukan evaluasi mana traffik website yang paling unggul "maksimalkan bagian konten tersebut" dari backlink, SEO onpage dan offpage.

Monitoring, evaluasi, dan perbaiki. Lakukan ini terus menerus untuk mendapatkan hasil yang baik.

Bisa dibilang strategi promosi kami menggunakan website dari nol, dan telah berjalan selama beberapa bulan ini telah BERHASIL. Selanjutnya hanya perlu monitoring, evaluasi, dan perbaikan maupun penambahan konten promosi untuk seterusnya.

Gambar : Evaluasi Perjalanan Website

Saya harap Anda memahami, pentingnya sebuah bisnis yang dijalankan perlu branding produk dengan media website. 

Demikianlah cerita pengalaman berharga, mendampingi istri jualan kosmetik secara online menggunakan website. 

Gambar : Tidak Hanya Menulis List Resolusi Tahun 2021, Tapi Juga Aksi #OnlineninAja

Harapan 

Semoga di tahun 2021 ini tidak hanya sebuah resolusi, tapi juga beraksi. List atau daftar rencana yang sudah dipersiapkan untuk tahu ini, maupun target di tahun 2020 lalu yang masih terpending, segera terlaksana dan menjadi lebih baik.

Untuk Anda yang belum Go Online, saatnya membuat langkah baru untuk sukses lewat internet. Kalau tidak melangkah sekarang, kapan lagi?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar