Skip to main content

Program Sederhana c++ Biodata Mahasiswa

Program Sederhana c++ Biodata Mahasiswa


Ulasan ini memberikan pembahasan terkait pembuatan program sederhana C++ biodata mahasiswa. Buat kamu yang sedang mempelajari bahasa pemrogramam C++ skrip ini cukup mudah untuk dipahami.

Kemudian jika ingin mahir dalam menggunakan bahasa pemrograman C++ kamu perlu memahami setiap penulisan dan logika pemrograman. Sehingga nantinya kamu dapat menulis skrip tanpa melihat panduan. Poin penting dalam pemrograman yaitu memahami setiap fungsi, sintak class dan logika penempatanya berdasarkan konsep algoritma pemrograman.

Pada pembahasan kali ini terdapat ulasan program dengan menggunakan struktur algortima sekuensial atau algoritma runtutan, karena pada dasarkan algoritma ini dari proses awal hingga akhir tanpa menggunakan proses percabangan maupun perulangan. Maka dari itulah jenis program ini termasuk yang paling sederhana, namun untuk yang baru memulai pemrograman C++ ini sudah cukup bagus untuk mengenali kerangka dari pemrograman sederhana.

Program ini akan diproses dan dicetak berdasarkan inputan pengisian field mahasiswa, berikut ini:
  • Nama
  • Alamat
  • NIM (Nomor Induk Mahasiswa)
  • Jurusan
  • Program C++ Input Data Mahasiswa
Setelah algoritma program tersebut telah dibuat, kamu dapat memutuskan untuk membuat header, tipe data, dan proses seperti apa. Kurang lebih berikut ini penyelesaian program sederhana c++ biodata mahasiswa:

#include <iostream> 
#include <string> 
using namespace std; 
int main (){ 
string nama; 
string alamat; 
string nim; 
string jurusan; 
cout<<"Masukan Data Berikut : "<<endl<<endl; 
cout<<"Nama    : "; 
getline (cin, nama);   
cout<<"Alamat  : "; 
getline (cin, alamat);  
cout<<"NIK     : "; 
getline (cin, nim);

cout<<"Jurusan : ";
 
getline (cin, jurusan);  
cout<<endl; 
cout<<"DATA MAHASISWA"<<endl;  
cout<<"------------------------------"<<endl;
cout<<"Nama    : "<<nama<<endl;
 
cout<<"Alamat  : "<<alamat<<endl; 
cout<<"NIK     : "<<nim<<endl; 
cout<<"Jurusan : "<<jurusan<<endl; 
}

Keterangan:

Pada program biodata mahasiswa tersebut terdapat dua header yaitu :

  • Iostream : Untuk proses input/output program
  • String : Untuk mengenali tipe data string

Kemudian terdapat penggunaan sintak Using namespace std, berfungsi sebagai pemanggilan proses namespace dengan nama std. Hal tersebut sebagai standart dalam pemanggilan class, fungsi, dsb. Dalam hal ini pada fungsi cout tidak perlu ditambahkan sebuah kata kunci std lagi dibagian depan, karena sudah dideklarasikan diatas sebelumnya.

Program tersebut juga menggunakan 4 variabel yang terdiri dari nama, jurusan, nim, alamat yang semuanya kebtulan bertipe string. Program akan memproses permintaan pengguna untuk memasukkan setiap nilai serta akan disimpan pada masing-masing variable.

Nilai yang telah dimasukkan akan diproses menggunakan perintah getline. Apa sebenarnya perintah getline itu?

Perintah getline merupakan perintah yang memiliki fungsi sama seperti cin yang berguna untuk memasukkan nilai input. Mungkin jika kamu telah sering menggunakan perintah cin, tapi sebenarnya meskipun perintah keduanya sama namun tetap memiliki perbedaan.

Jika kamu telah sering menggunakan perintah cin saat praktek membuat program sederhana C++, terlihat bahwa terdapat kelemahan pada perintah cin ini. Karena ia akan menganggap bahwa karakter penulisan spasi akan dianggap sebagai akhir dari sebuah hasil input.

Dengan demikian fungsi dari cin sendiri hanya dapat menyimpan satu kata saja tanpa menggunakan karakter tambahan berupa spasi. Berbeda dengan fungsi getline yang memiliki fungsi penampungan tulisan yang bisa menggunakan lebih dari satu kata.

Demikian ulasan pembuatan program sederhna C++ biodata mahasiswa, semoga dapat menambah wawasan dalam mempelajari bahasa pemrograman.
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar