Skip to main content

Algoritma Menghitung Luas Lingkaran, Segitiga, dan Persegi Panjang

Algoritma Menghitung Luas Lingkaran, Segitiga, dan Persegi Panjang

Penggunaan algoritma dalam bahasa pemrograman yaitu untuk memecahkan masalah sesuai dengan struktur yang dibuat. Penulisan algoritma terdapat 3 cara yaitu, menggunakan bahasa natural, menggunakan sebuah grafik flowchart, serta penggunaan pseudocode (bahasa manusia).

Algoritma Bahasa Natural 

Merupakan sebuah teknik pengurutan setiap proses penyelesaian masalah menggunakan bahsa yang digunakan sehari-hari atau bisa juga diartikan sebagai bahasa manusia. Algoritma membuat kita dapat memahami setiap proses penyelesaian masalah menggunakan logika pemrograman.

Algoritma Flowchart

Sebuah gambaran langkah penyelesaian masalah menggunakan sebuah simbol grafik atau gambar yang saling terhubung sesuai dengan proses, ini juga dapat membantu dalam menyelesaikan setiap permasalahan untuk proses pemrograman.

Algoritma Pseudocode

Pada pembahasan sebelumnya di pengertian pseudocode dan cara membuatnya telah dijelaskan lengkap. Intinya penggunaan pseudocode, merupakan bagian dari penjelasan bahasa pemrograman yang bisa di pahami oleh manusia. Adapun pseudocode ini mewakili bentuk dari bahasa program yang akan digunakan.

Pada pembahasan sebelumnya telah saya sampaikan bentuk pembuatan pseudocode menentukan bilangan prima.

Nah pembahasan kali ini kita akan mempelajari pembuatan algoritma menghitung luas lingkaran, segitiga dan persegi panjang.

Namun untuk dapat membuat sebuah algoritma flowchart kamu diharuskan telah memahami bentuk simbol dan fungsi dari flowchart untuk membuat suatu proses penyelesaian masalah.

Tentunya jika sudah paham terkait pembuatan grafik flowchart, kamu akan lebih mudah dalam membuat algoritma setiap langkah proses dari suatu permasalahan yang ada.

Berikut ini bentuk dari gambar flowchart dari lingkaran segitiga dan persegi panjang. Selain itu berikut ini beberapa uraian contoh penyajian flowchart dalam perhitungan matematika untuk menentukan langkah proses dari perhitungan luas lingkaran, segitiga, dan persegi panjang serta menampilkan hasil dari proses tersebut.

Algoritma Flowchar Menghitung Luas Lingkaran


Diketahui bahwa rumus menghitung luas lingkaran yaitu :
  • Luas lingkaran = phi * r * r
Dimana nilai dari phi adalah 3.14 dan r merupakan jari-jari lingkaran.

Contoh :

Sebuah algoritma flowchart dibawah ini digunakan untuk menghitung luas lingkaran dimana (r) yang merupakan jari-jari lingkaran diinput oleh pengguna program dan dapat menampilkan hasil luas lingkaran.

Algoritma Pseudocode Menghitung Luas Lingkaran

Menggunakan pendekatan pascal, berikut ini algoritma untuk menghitung luas lingkaran menggunakan pseudocode

//Algoritma hitung_luas_lingkaran

deklarasi
var phi,luas:float;
var jari_jari:integer;
deskripsi
phi <-- 3.14;
read(jari_jari);
luas <-- phi * jari_jari * jari_jari;
write(luas)

Algoritma Flowchart Menghitung Luas Segitiga


Diketahui bahwa rumus matematika menghitung luas segitiga yaitu 
  • Luas segitiga = 1/2 alas * tinggi
Contoh :

Dalam menghitung luas segitiga menggunakan algoritma flowchart, dimana terdapat nilai dari alas segitiga dan nilai tingginya diinput oleh pengguna, serta akan menampilkan hasil nilai dari luas segitiga.

Algoritma Pseudocode Menghitung Luas Segitiga

Menggunakan pendekatan pascal algoritma psedocode berikut ini digunakan untuk memproses data input dan output hasil luas segitiga.

//algoritma hitung_luas_segitiga

deklarasi
var luas:float;
var alas,tinggi:integer;
deskripsi
read(alas);
read(tinggi);
luas <-- 1/2 alas * tinggi;
write(luas);

Algoritma Flowchart menghitung luas Persegi Panjang


Diketahui bahwa rumus luas persegi panjang dalam matematika yaitu
  • Luas =  panjang * lebar
Contoh:

Gambar algoritma flowchart ini digunakan sebagai langkah proses untuk memasukkan nilai panjang dan lebar serta proses output nilai dari hasil perhitungan sesuai rumus.

Algoritma Pseudocode Menghitung Luas Persegi Panjang


Menggunakan bahasa pemrograman pascal, algoritma pseudocode ini mewakili proses penyelesaian bahasa pemrograman dengan memproses luas persegi panjang dari hasil input lebar dan panjang serta menampilkan nilai luas persegi panjang. 

//algoritma hitung_luas_persegi_panjang

deklarasi
var luas,panjang,lebar : integer;
deskripsi
read(panjang);
read(lebar);
luas <-- panjang * lebar;
write(luas);

Demikianlah beberapa cara penyeselaian dari algoritma menghitung luas lingkaran, segitiga, dan persegi panjang lengkap dengan flowchart dan menampilkan hasil dari nilai yang diinput. Semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar