Skip to main content

Pengertian Algoritma dan Cara Penulisan Algoritma Pemrograman

Pengertian Algoritma dan Cara Penulisan Algoritma Pemrograman

Bahasa pemrograman semakin dikembangkan sesuai dengan fungsi dan kebutuhanya. Maka dari itu semakin banyak orang yang memiliki ketertarikan dalam pembuatan program, dan setiap orang memiliki bahasa program yang unik.

Kretifitas dan kemajuan perkembangan teknologi inilah yang mendorong terbentuknya bahasa pemrograman dengan dasar-dasar pemrograman yang sama namun dengan bahasa program yang berbeda. Bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa pemrograman maupun mengembangkanya, hal paling dasar yang perlu dipahami yaitu algoritma pemrograman tersebut.

Agar dapat memahami apa itu algoritma pemrograman dan bagaimana cara penulisan algoritma pemrograman tersebut? Mari simak pembahasan algoritma pemrograman dibawah ini.

Baik dalam materi belajar matematikan serta ilmu komputer, algoritma memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai perencana urutan maupun proses memperhitungkan maupun menyelesaikan setiap masalah berdasarkan dengan proses yang tepat.

Sehingga bisa dikatakan bahwa algoritma pemrograman sebuah langkah yang dibuat untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.

Dalam bahasa pemrograman, hal yang paling penting untuk membuat sebuah program yaitu penggunaan logika serta perhitungan yang tepat bagi kita untuk dapat menyelesaikan masalah dengan cara yang cepat dan tepat dari program tersebut.

Penulisan Algoritma Pemrograman 


Misalnya saja, terdapat suatu persoalan matematikan yang mungkin saja bisa diselesaikan dengan cara tertulis, namun cukup sulit bila diterjemahkan ke dalam bahasa komputer. Namun untuk membuat perhitungan tersebut bisa dipahami oleh mesin komputer, maka perlu adanya penulisan algoritma dan logika pemrograman sangat penting untuk menentukan cara memecahkan permasalahan dengan cara yang cepat dan tepat.

Berikut contoh penulisan algoritma dalam matematika :

Persoalan : Buatlah Algoritma untuk menghitung nilai y dan persamaan y sama dengan 3x + 8

Penulisan Algoritma 
  • Mulai
  • Tentukan nilai x
  • Hitung nilai y = 3x + 8
  • Cetak nilai x dan y
  • Selesai
Meskipun sebuah algoritma pemgoraman dikatakan sebuah jantung dari ilmu komputer serta informatika, tetapi jangan pernah beranggapan bahwasanya algoritma selalu identik penggunaanya pada sistem komputer. 

Padahal dalam kehidupan sehari-hari, terdapat berbagai macam penyelesaian yang tanpa disadari menggunakan teknik algoritma. Misalnya saja cara pendaftaran siswa, cara pendaftaran BPJSm cara membuat kue dan lain sebagainya. 

Misalnya kita membuat algoritma pendaftaran siswa, berikut ini:
  • Daftar akun pendaftaran siswa secara online di website
  • Mengisi email dan password.
  • Verifikasi melalui email. 
  • Login user
  • Mengisi biodata diri. 
  • Submit scan ijasah. 
  • Trasfer biaya pendaftaran. 
  • Mengikuti ujian seleksi.
  • Ketika calon siswa lulus, makan diwajibkan membawa ijazah legalisir dan foto 3x4 ke sekolah. 
  • Pembayaran administrasi sekolah. 
Nah kurang lebihnya seperti itu penulisan algoritma pemrograman. Secara garis besar penulisan algoritma pemrograman dapat menggunakan tulisan dan dapat juga berupa gambar. 

Penulisan algoritma dengan menggunakan teks yaitu dibuat dengan tulisan serta struktur bahasa tertentu misalnya menggunakan sebuah bahasa inggirs atau bahasa Indonesia dan penggunaan pseudocode. 

Pseudocode merupakan sebuah penulisan kode yang kurang lebih hampir mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti bahasa program pascal, sehingga tepat untuk diimplementasikan serta menggambarkan penulisan algoritma yang akan di pahami oleh seorang programmer. 

Sedangkan pembuatanb algoritma dengan gambar yaitu penulisan dengan menggunakan grafik flowchart. Grafik ini berupa gambar dengna pola tertentu dan saling terhubung sesuai dengan langkah-langkah yang diinginkan. Selain itu flowchart menjadi sebuah alat bantu untuk berkomunikasi pembuat program serta sebagai media dokumentasi dari program yang dibuat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar