Skip to main content

Transaksi Pembayaran Doku Wallet Tertunda, Apa yang Harus Saya Lakukan?


Saya pengguna DOKU wallet yang cukup puas dari pelayananya. Aplikasi pembayaran ini terbilang cukup sederhana dan mudah dioperasikan oleh orang awam sekalipun.

Pertama kali saya menggunakan DOKU wallet, karena ada sebuah event yang membutuhkan transaksi pembayaran menggunakan aplikasi tersebut. 

dan ini cerita pertama kali saya mengalami kendala transaksi menggunakan DOKU wallet.

Langkah-langkah mengatasi Transkasi Pembayaran DOKU wallet

  1. Saya memastikan terlebih dahulu bahwa mendapatkan notifikasi transaksi di email dan aplikasi. Jika sudah ada informasi transaksi sukses, coba untuk menghubungi CS DOKU wallet. 
  2. Kamu dapat menghubungi CS DOKU wallet melalui email atau telfon ( care@doku.com  / 1500963 )
  3. Berikan informasi detail transkasi, baik itu berupa capture atau kode transaksi. 

Saya lebih memilih menggunakan email, agar setiap detail pengaduan dapat terupdate melalui email. Setelah itu saya akan mendapatkan informasi nomor pelaporan. Kurang lebih membutuhkan 1x24 jam untuk mendapatkan balasan email dari layanan DOKU wallet. 

Saya sebagai pengguna memahami bahwa yang namanya layanan keuangan, perlu membutuhkan pengecekan yang tidak sebentar. Jadi setiap harinya saya menanyakan informasi perkembangan dari pengecekan transaksi. 

Dari email pengaduan 30 Januari 2020, saya mendapatkan 31 Januari 2020 sudah mendapatkan informasi bahwa transaksi saya sudah berhasil sampai ke penerima dana. 

Nah saatnya saya konfirmasi ke penerima dana, apakah dana saya sudah masuk? 

Ini menjadi PR bagi saya lagi, poin pertama saya telah mendapatkan konfirmasi dari pihak DOKU wallet bahwa dana sudah terkirim. 

Kerja bagus, DOKU wallet dan terima kasih.

Tanggung jawab DOKU wallet sudah ditindaklanjuti, akhirnya saya kembali mengkonfirmasi transaksi ke penerima dana. 

Dan ternyata dana saya masih belum masuk.

Saya hampir lupa, saya menggunakan DOKU wallet untuk pembayaran biaya kuliah. Jadi kalian pasti mengerti, yang namanya pembayaran biaya kuliah tidak sedikit. 

Maka dari itu saya berusaha untuk memastikan bahwa transaksi sudah seharusnya diterima oleh pihak penerima dana yaitu kampus tempat saya belajar. 

Setelah mendapatkan konfirmasi dari pihak DOKU wallet via email, saya membawa bukti ini kepada pihak kampus untuk melakukan pengecekan ulang, bahwa transaksi saya seharusnya sudah diterima. 

Nah akhirnya dari serangkaian usaha dan sabar tersebut, pihak kampus mengkonfirmasi bahwa pembayaran saya telah diterima. 

Intinya, dalam transaksi online kita harus mendapatkan bukti terlebih dahulu sebagai alat untuk menelusuri uang yang kita transfer tersebut sampai dimana. Perlu kesabaran, dan memaklumi bahwa yang namanya teknologi, kesalahan transaksi dari teknologi atau human error sangat mungkin terjadi. Dan itu wajar-wajar saja. 

Semoga pengalaman ini dapat memberikan manfaat bagi saya dan kamu yang membaca.
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar