Skip to main content

Layanan Pinjaman Dana Pendidikan Mahasiswa Secara Online



Saya harap informasi ini dapat memberikan manfaat, bagi kamu yang sedang kebingungan dalam membayar biaya pendidikan perguruan tinggi.

Meskipun bank pada umumnya tidak memberikan pinjaman dana pendidikan untuk perguruan tinggi. Tapi kamu masih bisa menggunakan layanan pinjaman dana pendidikan tanpa jaminan dari fintech. 

Perusahaan mana saja yang menawarkan pinjaman dana pendidikan, dan bagaimana sih cara mengajukanya? Semuanya akan saya ulas disini. 

Tidak semua orang memiliki cukup uang, atau kondisi finansial yang stabil terlebih untuk kebutuhan pendidikan perguruan tinggi. Kabar baiknya kamu sudah bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan melalui bank. Beberapa bank swasta yang sudah menyediakan produk pinjaman pendidikan adalah BRI dan BTN.

PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN)
Suku Bunga 6,5% per tahun
Syarat dan Ketentuan
  • Jangka waktu kredit hingga lima tahun.
  • Penawaran jumlah pinjaman kredit maksimal yang diberikan mencapai Rp200 juta.
Syarat yang wajib dipenuhi bagi pemohon pinjaman dana pendidikan:
  • Pemohon pinjaman dana pendidikan merupakan warga negara Indonesia.
  • Pemohon harus merupakan seorang nasabah atau debitur BTN. Pemohon harus sudah menjadi debitur KPR/kredit pemilikan apartemen (KPA) kurang lebih satu tahun, atau minimal dua tahun bagi debitur kredit agunan rumah (KAR) BTN.
  • Memiliki riwayat pembayaran angsuran yang baik dan disiplin. Hanya tersedia di Pulau Jawa
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BRI)
Briguna Flexi Pendidikan dengan bunga 0,65-0,72% per bulan
Syarat dan Ketentuan
  • Jangka waktu kredit dana pendidikan maksimal 10 tahun.
  • Nilai plafon kredit sebesar Rp75-Rp150 juta.
Syarat kredit pendidikan BRI:
  • Fotokopi identitas diri,
  • Kartu keluarga,
  • Slip gaji,
  • SK Pegawai,
  • Surat kuasa potong gaji surat rekomendasi tempat bekerja dan universitas,
  • Serta dokumen lainnya.
Program pinjaman dana pendidikan ini hanya dikhususkan bagi mahasiswa pascasarjana (S2/S3). Selain itu pemohon juga wajib berstatus pegawai tetap, serta memiliki penghasilan yang tetap selama mengikuti masa pendidikan.

Selain itu hanya berlaku untuk universitas yang telah bekerjasama dengan BRI. Kebijakan per 9 April 2018.

Note : Kebijakan kedua bank yang disebutkan bisa saja sudah berubah. 

Semoga saja kebijakan bank dalam memberikan pinjaman pendidikan suatu saat lebih fleksibel. Karena tidak semua mahasiswa memiliki penghasilan, dan tidak memungkinan bisa mengajukan pinjaman dengan aturan tersebut.

Disisi lain, potensi pasa pinjaman dana pendidikan ini sangat besar. Karena banyak pelajar atau mahasiswa Indonesia yang tidak memiliki keuangan yang cukup untuk biaya kuliah.

Siapa yang berani mengambil peluang pasar ini ? Memberikan kredit pendidikan kepada mahasiswa/pelajar Indonesia, tanpa kebijakan ribet.

DanaDidik





DanaDidik merupakan layanan atau platform penggalangan dana untuk membantu pembiyaan pendidikan perguruan tinggi dikenal sebagai (student loan). Tujuanya yaitu untuk memberikan fasilitas terhadap siswa yang ingin mencari serta mendapatkan pembiyaan pendidikan.

Adapu beberapa persyaratan yang wajib diketahui bagi pencari pinjaman dana pendidikan, melalui DanaDidik:
  • Mahasiswa diwajibkan telah aktif menjadi mahasiswa dari Pendidikan Tinggi: Program D1, D2, D3 atau S1. Serta tidak menerima pelajar yang belum masuk kuliah atau sudah aktif dalam pendidikan, SD, SMP, SMA/SMK, S3 dan pendidikan di luar negeri
  • Mahasiswa dengan maksimal masa pendidikan 18 bulan sebelum kelulusan, dengan ini hanya memprioritaskan siswa/i yang akan lulus dalam 24 bulan (4 semester) atau kurang.
  • Pembiayaan pinjaman dana pendidikan antara Rp 2jt sampai Rp 10jt.
  • Masa pengembalian dana kurang lebih sampai 30 bulan sejak lulus
  • Wajib memiliki penjamin pinjaman yang akan mendatangani perjanjian pinjaman dana pendidikan dan berperan sebagai penanggung jawab pinjaman penuh secara hukum dalam menjamin pembayaran penerima dana. Penjamin diwajibkan memiliki hubungan darah keluarga dengan  peminjam dana yang kurang lebih berumur di atas 21 tahun.
Setiap mahasiswa yang mengajukan pinjaman dana pendidikan akan diverifikasi terlebih dahulu dengan teim DANADidik sebelum pencarian pinjaman dana. 

Adapun verifikasi dari kampus serta data diri dan keluarga. Selain itu pengecekan data mahasiswa dimulai dari penggunaan dana oleh mahasiswa, universitas, referensi keluarga dan lain sebagainya. 

Bagian menarinya, yaitu cara perhitungan DanaDidik yang terbilang unik. Diantaranya sebagai berikut:
  • Selama peminjam dana pendidikan masih kuliah maka DanaDidik menerapkan pengembalian dana dengan bunga 0%.
  • Namun, setelah lulus dan punya penghasilan, peminjam dana tersebut harus membayar pengembalian dana dengan cara bagi hasil (berdasarkan prosentase tertentu)

KoinWorks





KoinWorks merupakan salah satu layanan platform P2P lending yang merupakan salah satu layanan atau produknya memberikan pinjaman dana pendidikan. Produk layanan tersebut di kemas dengan sebutan KoinPintar.

Produk pinjaman dana pendidikan KoinPintar, merupakan pinjaman dana pendidikan tanpa angunan pertama di Indonesia. Masa pembayaran pinjaman mulai dari 6, 12,18 hingga 24 bulan dengan batasan pinjaman dana hingga Rp 250 juta. 

Pinjaman pendidikan dari KoinPintar memiliki bunga mulai dari 0,75% per bulan. 

Apun beberapa poin penting yang perlu peminjam pahami terlebih dahulu:
  • Pinjaman dana pendidikan ini di tujukan hanya untuk lembaga pendidikan yang memiliki kerjasama dengan KoinPintar. Apabila pengajuan peminjaman dana telah disetujui, maka akan langsung disalurkan ke lembaga pendidikan yang telah memiliki kerjasama dengan KoinPintar.
  • Peminjam dana harus sudah diterima menjadi mahasiswa aktif di lembaga pendidikan yang memiliki kerjasama dengan KoinPintar
  • Total pinjaman dana pendidikan yaitu maksimum 80% dari biaya pendidikan yang menjadi tanggungan. Bisa dikatakan, peminjam juga harus memiliki sebagian dana sendiri, karena tidak semuanya ditanggung oleh KoinPintar.
  • Memiliki penjamin atau penanggung jawab pinjaman yang telah memiliki pendapatan tetap. Tanpa adanya penjamin, KoinPintar akan melakukan analisa data peminjam untuk mempertimbangkan kemampuan peminjam dalam membayar pinjaman

Dana Cita 


Dana Cita juga memberikan layanan pinjaman dana pendidikan yang terpercaya serta diawasi oleh OJK. Memiliki cita-cita mulia, dengan memberikan akses yang luas bagi semua pelajar Indonesia dengan menjadi jembatan kesenjangan dalam kesanggupan membayar biaya pedidikan. 

Melalui platform Dana Cita, pelajar bisa melakukan pengajuan pinjaman pendidikan serta berpeluang mendapatkan pinjaman yang terjangkau agar dapat menuntut ilmu pada lembanga perguruan tinggi yang dipilih. 

Pastikan bahwa kamu telah memenuhi persyaratan sebagai peminjam, berikut:
  • Merupakan mahasiswa aktif atau sedang mendaftar di lembaga pendidikan yang terakreditasi.
  • Pada saat mengajukan pinjaman, telah berusia di bawah 21 tahun serta belum bekerja. Diwajibkan pada saat mengajukan pinjaman bersama seorang penjamin pinjaman.
  • Minimal usia penjamin berusia di atas 21 tahun serta telah memiliki penghasilan.
Meskipun ada perbankan memberikan pinjaman dana pendidikan, namun tidak semua orang dapat memenuhi syarat dan ketentuan dari bank. Pembiyaan pendidikan merupakan masalah penting bagi calon mahasiswa, dan sekaligus tantangan besar. 

Dari masalah serta tantangan tersebut, sudah mulai bermunculan perusahaan fintech yang memberikan penawaran pinjaman dana pendidikan tanpa jaminan secara online yang dapat diurus dengan cepat serta proses yang mudah.

Meskipun pinjaman pendidikan merupakan salah satu solusi yang bisa diambil. Kamu juga harus memiliki pertimbangan sebelum mengambil pinjaman dana, terkait ketentuan pinjaman pendidikan. 
Comment Policy: Silahkan ketik kolom komentar dibawah ini, sesuai dengan topik pembahasan. Hubungi saya di halaman kontak jika ada kritik dan saran. Terima kasih.
Buka Komentar
Tutup Komentar