Skip to main content

follow us

Pengertian dan Fungsi dari Teamviewer


Selain menggunakan Chrome remote dekstop, saya juga menggunakan aplikasi Teamviewer untuk mengakses komputer saya dari jauh. 

Dua aplikasi ini paling sering digunakan oleh teknisi jaringan, untuk mempermudah pekerjaan dengan tidak langsung onsite. Penggunaan aplikasi ini dapat menghemat biaya operasional tanpa harus datang ke lokasi. 

Fungsi Teamviewer 


Sebuah software aplikasi yang dapat digunakan oleh komputer maupun smartphone, untuk komunikasi jarak jauh. Dengan menggunakan aplikasi ini, memungkinkan penggunanya mengakses komputer tujuan dengan cara meremote secara langsung dan realtime.

Agar kedua komputer dapat saling terhubung, perangkat harus memiliki program aplikasi Teamviewer didalam masing-masing device (dalam hal ini komputer/smartphone). 

Jika keduanya telah terinstall, maka kedua device dapat terhubung dan melakukan aktifitas chatting, transfer file, melakukan video call, dan remote desktop. 

Untuk dapat melakukan kegiatan tersebut, komputer harus memasukkan ID dan password Teamviewer yang akan diremote. 

Kedua komputer juga harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu, agar dapat saling terhubung. Terdapat 3 bagian aplikasi Teamviewer

  1. Installer
  2. Portable
  3. Web Base

Selain itu Teamviewer juga memiliki 4 fungsi utama, sebgai berikut:

  1. Remote Support, bisa dikatakan komputer Anda dapat saling terhubung dan melakukan aktivitas remote komputer partner. 
  2. Presentation, sebaliknya dengan remote support, aplikasi Teamviewer presentation ini memiliki fungsi seabagai media menampilkan layar monitor di komputer yang diakses. 
  3. VPN, dan 
  4. File Transfer
Kalau Anda ingin menggunakan aplikasi Teamviewer, Anda dapat langsug mendownload di halaman situs resminya. Seinget saya, pertama kali mengguankan Teamviewer masih gratis selama beberapa tahun. 

Tapi entah kenapa pada saat ada update pembaharuan software Teamviewer, terdapat batasan penggunaan gratis selama 30 hari.

Baca Juga : Cara Membatalkan Donasi

Dan penggunaan aplikasi selanjutnya harus membayar lisensi. Karena memang pasar aplikasi remote desktop ini adalah perusahaan dalam bidang telekomunikasi , jadi ya wajar jika harus ada pembelian lisensi. 

Tapi memang untuk operasional kantor, remote dekstop menggunakan teamviewer ini cukup mendukung dan dapat menekan biaya operasional. Misalnya saja nih, perlu troubleshoot jaringan darurat. Kemudian teknisi tidak bisa datang karena ada suatu kendala. 

Sedangkan, jaringan komputer harus bisa digunakan dengan segera. Jika tidak, kantor bisa mengalami kerugian. Nah fungsi dari Teamviewer ya untuk mempercepat pekerjaan semacam ini. 

Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan aplikasi Teamviewer. Sebaiknya download langsung di situs resminya dan uji coba selama 30 hari. Kalau merasa terbantu dengan adanya aplikasi Teamviewer, ya barulah lakukan pembelian lisensi. .

  1. Buka situs teamviewer.com
  2. Klik download
  3. Install aplikasi

Demikian informasi pengertian dan fungsi dari Teamviewer, semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung...‎

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar