Skip to main content

follow us

Memanfaatkan Website untuk Personal Branding

Jika membahas yang berkaitan dengan personal branding itu cukup luas. Apalagi berhubungan dengan website, yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok para pelaku bisnis online.

Setiap orang mendapatkan informasi begitu mudahnya melalui genggaman. Membutuhkan barang dan jasa bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, asal ada akses internet.

Seperti yang saya sampaikan diawal, bahwa personal branding itu memiliki arti yang luas, tapi bisa dikatakan bahwa personal branding itu diartikan dalam kegiatan yang sedang kita lakukan, semua kegiatan yang berhubungan dengan diri sendiri.

Misalnya saja, setiap pencapaian atau aktivitas yang dilakukan seseorang dapat membentuk karakter diruang publik.

Personal Branding untuk Berkomunikasi

Personal branding juga bisa didefinisikan sebuah cara untuk berkomunikasi dengan ruang publik, menyampaikan sebuah kepribadian dan keunikan seseorang. 

Beberapa faktor diantarnya, kekuatan, antusias, keahlian dan passion serta kelebihan lainya merupakan bagian terpenting yang dapat dimanfaatkan untuk membangun personal branding. Hal itu sering ditemukan dalam dunia maya, contohnya saja situs website. 

Personal branding memiliki pengaruh yang penting terhadap karir seseorang, yang menawarkan sebuah jasa atau barang. 

Sederhannya bisa diambil contoh, saya ingin membentuk personal branding jasa konsultan SEO, maka dari itu saya harus dapat membentuk karakter bahwa saya bisa menjadi seorang konsultan SEO untuk membangun eksistensi bisnis calon klien. 

Manfaat Sebuah Website untuk Personal Branding 

Dengan menggunakan website kita dapat memperkenalkan diri di internet dengan siapa saja secara global. Karena banyak sekali setiap harinya user online untuk mencari jasa ataupun produk yang mereka butuhkan. 

Dari data atau konten yang kita susun dalam website, memungkinkan pengunjung dapat menilai karakter atau layanan yang kita tawarkan. Bahkan bisa menjadi pembanding dari jasa ataupun produk lainya. 

Personal Branding Mampu Meninkatkan Rasa Percaya Diri

Kepercayaan memiliki peranan penting, terutama bagi pelaku bisnis yang memperkenalkan diri dan produk-produk yang ditawarkan. 

Memiliki personal branding yang baik, pelanggan tidak akan berpikir dua kali untuk dapat berkerjasama. 

Maka dari itu agar dapat menumbuhkan kepercayaan user, perlu kerja keras untuk menumbuhkan karakter. Namun penilaian user tidak hanya karakter layanan yang diberikan, melainkan kenyamanan serta kejujuran. 

Selain sikap dan kompentensi, kejujuran adalah nilai plus. Dengan demikian setiap layanan atau kemampuan Anda akan semakin dihargai oleh klien. 

Knowing Expertise 

Memanfaatkan secara maksimal penggunaan website sebagai personal branding, user akan memberikan penilaian diri Anda, bisnis yang sedang Anda jalani. Bukan sembaran user yang menilai, bisa jadi yang menilai personal branding Anda adalah seseorang yang sudah ahli di bidangnya.

Para pengusaha tidak hanya mengembangkan usaha yang sedang dijalani saja. Adapun pengusaha yang sedang mencari calon-calon pengusaha baru, dengan mencari para calon generasi baru di internet. 

Maka dari itu untuk menciptakan personal branding yang positif, seseorang harus dapat mengembangkan pengetahuan, kemampuan dan berprestasi. 

Dalam profil bisnis, apa saja yang Anda tawarkan, jasa atau produk apakah bermanfaat bagi user, kemudian pengalaman apa saja yang user dapatkan dari jasa atau produk yang Anda tawarkan tersebut, hal ini sudah termasuk ke dalam kategori diatas (pengetahuan, kemampuan dan prestasi). 

Personal Branding dapat Membuka Peluang Kerja Sama

Membangun personal branding yang terpercaya, bisa dijadikan modal untuk mendapatkan berbagai macam peluang kerjasama agar jasa dan produk yang ditawarkan dapat dikenal lebih banyak user. 

Business Booster, sebenarnya bagian dari manfaat dari kepercayaan pelanggan terhadap layanan yang diberikan. Namun tanpa adanya jaringan bisnis yang luas, nilai-nilai kepercayaan tersebut tidak akan cukup untuk mencapai tujuan yang lebih besar. 

Personal branding yang dibangun juga lebih praktis dan efektif, karena user bebas mengakses informasi dan layanan yang mereka butuhkan. 

Tips Membuat Website Personal Branding 

Berikut ini beberapa tips untuk membuat website personal branding yang efektif dan praktis:
  1. Pilihlah domain yang mudah diingat, dan sesuai dengan bagian dari jasa atau produk yang ditawarkan.
  2. Buatlah akun sosial media misalnya Linkedin, Instagram, Facebook, Twitter, Google+ untuk mensosialisasikan bisnis Anda. 
  3. Membuat konten menarik, sehingga user dapat membaca informasi serta produk yang ditawarkan
  4. Memabangun jaringan pertemanan, dengan menautkan link ke berbagai situs mitra. Ini bisa menambah peluang mendapatkan perhatian dari user
Memanfaatkan website untuk personal branding secara efektif dapat membentuk karakter pribadi, karakter bisnis, sehingga berpeluang lebih mendapatkan kepercayaan user. Maka dari itu, jika Anda memiliki sebuah jasa atau produk jangan ragu untuk membuat website personal branding demi mempertahankan eksistensi bisnis yang sedang dijalani. 

Demikian ulasan memanfaatkan website untuk personal branding, semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua.  

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info