BETARIKO

follow us

Memindahkan Konten WordPress ke Blogger Blogspot

Pekan lalu saya ada rencana untuk memindahkan konten wordpress ke blogger atau blogspot. Alasanya dikarenakan VPS udah gak kuat. Dari pada jebol error di sana sini mending saya pindah aja deh ke yang gratisan dulu, sekalian ngirit. :D

Alhamdulillah, hari ini telah sukses memindahkan konten wordpress ke blogger. Saatnya untuk berbagi pengalaman menarik ini kepada sobat semua.

Sebenarnya memindahkan konten wordpress ke blogger itu cukup mudah. Perbedaannya hanya kita tidak dapat mengatur permalink versi wordpress ke blogger.

Resiko tinggi, memindahkan konten blog dari wordpress ke blogger yaitu url konten akan berubah secara otomatis menyesuaikan blogger. Akibatnya visitor hilang, backlink yang susah-susah di bangun hilang. Jadi hampir sama seperti membangun blog baru.

Ada sebuah trik yang dapat mengatasi masalah ini. Membutuhkan ketelatenan dan tenaga ekstra untuk melakukanya. Trik yang saya maksud yaitu menggunakan fitur pengalihan khusus yang ada di blogger.

Sadari bahwa penggunaan fitur pengalihan khusus di blogger ini dimasukkan secara manual satu per satu. Tidakkk...manual..manual..manual..

Jadi pastikan bahwa konten blog yang ingin di pindahkan tidak terlalu banyak. Setidaknya tidak melebihi ratusan bahkan ribuan konten. Gendeng tenan rek, kalo mindahin atau direct sampe ribuan URL.

Platform wordpress yang saya maksud disini adalah wordpress.org ya atau self hosting wordpress bukan menggunakan wordpress gratisan.

Langkah Pertama

Sobat perlu mencatat semua URL konten postingan maupun halaman wordpress yang akan di pindah ke blogger.  Sebaiknya gunakan excel untuk pendataan URL ini. Cukup mencatat bagian belakang URL saja. Nama domain bisa dihilangkan.

Misalnya
/cara-berwudhu-yang-benar
/hallo-world
/kontak-kami

Langkah Kedua

Jika sudah selesai mencatat seluruh konten URL postingan dan halaman. Selanjutnya sobat login ke halaman wordpress. Pada bagian dashboard, klik menu Tools > Export > Setelah itu klik tombol Download Export File



Langkah Ketiga

Masuk ke halaman situs http://www.wordpress-to-blogger-converter.appspot.com kemudian upload dari hasil export dari blog wordpress sebelumnya, kemudian klik Convert. Setelah itu akan secara otomatis file hasil export terdownload.

Langkah Keempat

Langkah ini langkah paling menegangkan. :D Silahkan sobat masuk ke halaman blogger. Kemudian buat blog baru. Jika sudah silahkan masuk ke menu Setelan >  Lainnya lanjut klik impor blog




Uload file hasil convert wordpress ke blogger tadi. Masukkan captcha kemudian lanjut klik impor blog dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Langkah Kelima:

Pada langka ini saya anggap domain Sobat udah berhasil diarahkan ke blog baru di blogger. Hampir sama dengan langkah pertama, yaitu mencatat semua link URL postingan mupun halaman blog baru.

Langkah Terakhir

Waktunya untuk melakukan pengalihat URL wordpress ke URL versi blogger. Caranya masuk ke halmaan dashboard blogger, kemudian klik Setelan > Preferensi penelusuran. > Klik edit pada bagian Pengalihan Khusus.



Pada kolom dari / from masukkan URL lama
Pada kolom ke / to masukkan URL baru
Klik tombol centang agar URL dialihkan secara permanen

Nah lakukan pengalihan ini hingga semua postingan pada seluruh bagian konten URL blog sobat. jangan lupa untuk selalu klik Simpan Perubahan. Selasai...

Sebenarnya cara ini benar-benar tidak efisien karena terkesan membuang buang waktu. Namun ini cara yang pernah saya gunakan kemarin dan telah terbukti bisa digunakan. Kebetulan konten blog wordpress yang ingin saya pindah ke blogger masih sedikit, sekitar 20 URL saja. 

Nah bagi sobat yang memiliki pengalaman menarik memindahkan konten blog wordpress ke blogger atau blogspot dalam jumlah yang besar. Bisa berbagi di kolom komentar. Terima kasih...

You Might Also Like:

Oldest Post
Disclaimer: Konten yang ada di blog ini asli saya tulis dengan ketulusan dan cinta seorang mahasiswa penggiat teknologi informasi. Tidak diperkenankan mengambil isi konten sebagian atau seluruhnya tanpa izin.
Buka Komentar