Table of Content

Tutorial Firewall Security, Internal dan Ekternal Network


Betariko.com - Keamanan data menjadi salah satu paling dibutuhkan pada industri digital saat ini. Karena pada dasarnya semua sistem yang ada di internal dan eksternal perlu akses yang aman. Salah satu cara untuk memastikan bahwa akses jaringan yang digunakan aman, yaitu dengan memanfaatkan teknologi firewall security. 

Biasanya setiap sistem operasi sudah ada firewall bawaan sistem, seperti halnya sistem operasi Windows, Linux, Mac. Sistem tersebut sudah ada fitur firewall bawaan. Namun dalam implementasi untuk mengantisipasi hal lain, ada baiknya juga menambahkan firewall khusus pada jaringan yang digunakan. Banyak sekali jenis firewall security yang bisa digunakan. 

Diantaranya ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Biasanya untuk firewall security gratis, terdapat beberapa pembatasan fitur dan dalam periode waktu tertentu. Kemudian untuk firewall bebayar, biasanya lebih dapat dipercaya terkait fungsi dan fitur-fitur yang ditawarkan. 

Produk Firewall Security yang diminati

Berdasarkan data yang saya dapat di internet. Bahwa penjualan produk fortinet lebih unggul dibandingkan produk atau perangkat networking lainnya. Memang harga yang ditawarkan jauh lebih mahal dibandingkan dengan perangkat produk lain. 

Fortinet 

Sistem yang ada pada forinet membantu mengintegrasikan teknologi keamanan yang luas, terdapat antivirus, IPS, VPN, Wireless Controller, Antispam, WAN Accelerator, serta pengelolaan aplikasi yang digunakan. 

FortiGate dirancang serta dikembangkan untuk konsolidasi serta validasi yang sesuai untuk keamanan jaringan. Selain itu FortiGate sudah ditambahkan ragam fitur tanggapan secara realtime berdasarkan threat intelligence, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan khusus pada titik kerentanan pada setua bagian strukutur jaringan.

Salah satu fitur yang terbilang cukup mengesankan adalah terdapat layanan audit atau compliance yang terintegrasi secara langsung dalam memperbaiki cybersecurity.

Sebagai solusi teknologi keamanan yang handal, Fortinet memiliki sistem pengelolaan yang terbilang cukup luas, berdasarkan analisa yang akurat, serta memberikan solusi perlindungan endpoint serta mampu meningkatkan fleksibilitas penggunaan produk tersebut.

Pentingnya Sistem Firewall Pada Network

Seperti yang telah disampaikan diawal. Bahwasanya perangkat lunak dan perangkat keras yang kita gunakan sehari-hari sudah memiliki fitur firewall bawaan sistem. Meskipun begitu, masih perlu keamanan tambahan, untuk meningkatkan pertahanan serangan cyber lanjutan.

Tugas sederhana dari sistem firewall yaitu mencegah terjadinya keluar masuk data, baik dalam bentuk link, file, konten video, aplikasi, yang tidak dikenali oleh sistem dan beresiko menginfeksi sistem komputer yang digunakan. Firewall menjadi gerbang utama yang menjaga lalu lintas data digunakan oleh user. 

Fleksibilitas Manajemen Yang Ditawarkan

Perangkat manajemen yang ditawarkan oleh firewall terutama produk FortiGate dari Fortinet yang memiliki kemampuan fleksibilitas yang sangat tinggi dibandingkan produk yang sudah ada dipasaran saat ini. Fleksibilitas pengelolaa ini, tentunnya akan dapat membantu dalam proses pembaharuan perangkat yang ada didalam ataupun diluar jaringan kantor. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan efisiensi waktu, tanpa harus melakukan update fitur pembaharuan seluruh perangkat keamanan dalam infrastruktur jaringan.

Seandainya, kita melakukan setting keamanan perangkat FortiGate pertama kali, FortiGate telah memberikan jaminan keamanan perangkat pada infrastruktur jaringan secara menyeluruh. Mulai dari VPN, Gateway, Antiviru, Router Firewall, dan lain sebagainya. Serta yang paling mengesankan dari FortiGate yaitu memberikan akses monitoring perangkat yang terhubung melalui CLI atau browser.

Proteksi FortiGuard

Perangkat yang terbilang cukup mahal untuk saat ini, tentunya terdapat fitur tambahan yang didapatkan oleh para pengguna Fortinet. FortiGuard merupakan jasa support yang telah disediakan khusus sebagai layanan tambahan para pengguna Fortinet untuk memaksimalkan keamanan jaringan yang Anda gunakan. 

Fasilitas ini memiliki support database dari jutaan sistus yang telah kumpulkan dalam beberapa kategori. Biasanya staf yang memiliki tugas khusus pada support FortiGuard ini memiliki akses penuh terhadap monitoring akses serta pemblokiran situs ilegal yang dianggap sebagai ancaman bagi user.

Fitur FortiGuard ini juga dapat digunakan sebagai alat untuk memonitoring penggunaan dan manajemen bandwidth, serta mengatur prioritas akses internet seusuai kebijakan dari perusahaan Anda.

Selain Fortinet, ada beberapa jenis firewall security yang bisa Anda gunakan untuk alternatif Firewall. Semoga kedepannya saya dapat mengupdate rekomendasi firewall yang tepat sesuai kebutuhanmu. Karena perlindungan jaringan menggunakan firewall merupakan hal utama yang wajib menjadi bagian dari struktur jaringan, sebagai investasi awal keamanan informasi data untuk saat ini dan jangka panjang.
Hasil yang baik, berawal dari proses yang baik.