Ingin menghubungi Betariko? Silahkan klik link berikut! Hubungi Betariko

Table of Content

Tutorial Cara Menambah User dan Menghapus Serta Mengelola User Linux Centos

Betariko.com - Sama seperti distribusi sistem operasi linux lainya yang dalam penggunaannya dapat memanfaat fitur multi-user. Sehingga setiap user yang terdaftar memiliki tingkat izin akses yang berbeda serta dapat melakukan pengaturan khusus untuk berbagai jenis perintah dan aplikasi tambahan.

Mengetahui cara menambahkan beberapa pengguna baru adalah keharusan bagi sistem administrator server, dan mengetahui cara mengatur akses tertentu untuk user yang telah ditambahkan. 

Sangat menyarankan untuk belajar administratis Linux Centos ini menggunakan virtual machine, bisa menggunakan virtualbox, vmware, proxmox dan beragam aplikasi pendukung virtual machine lainnya. Pada ulasan ini berisi tutorial cara menambahkan dan mengghapus user Centos. Kamu juga dapat melihat tutorial linux lainnya di General Tutorial Linux Centos.

Prasyarat Menambahkan User dan Menghapus User Linux Centos

Kamu harus mengakses Linux Centos menggunakan akses root user, atau user dengan hak sudo yang dapat membuat serta menghapus user Centos.

Tutorial Linux Centos : Manfaat Menambahkan User Akses Linux Centos

Dalam prose pengelolaan suatu server, ada baiknya menambahkan akses tambahan selain user root. Selain untuk alasan keamanan, menambahkan user baru dapat di monitoring dengan baik dan mudah bila terjadi perubahan pada server. 

Tutorial Linux Centos : Cara Menambahkan User di CentOS

Di Linux CentOS, Kamu dapat menambahkan sebuah user baru dan menggunakan baris perintah terminal user add.

Untuk dapat membuat user baru bernama username, gunakan perintah berikut :

sudo adduser username

Perintah tersebut tidak akan menampilkan hasil output atau umpan balik setelah di masukkan. Namun perintah tersebut langsung memproses sebuah direktori baru di /home/username, serta menyalin beberapa perintah direktori /etc/skel ke sebuah direktori home user baru yang telah di buat. User baru dalam direktori home, user dapat melakukan perintah mengedit, menulis, serta menghapus file dan direktori. 

Setelah menambahkan user baru di Centos, Kamu harus memasukkan password akses untuk user baru tersebut. Gunakan perintah passwd:

sudo passwd username

Kamu akan diminta untuk melakukan konfirmasi ulang sandi yang telah di buat. Dengan begitu kamu dapat memastikan bahwa keamanan kata sandi benar dan kuat. 

Changing password for user username.

New password: 

Retype new password: 

passwd: all authentication tokens updated successfully.

Secara default pada Linux Centos, anggota grup wheel masing-masing telah diberikan hak ases sudo. Ketika Kamu ingin user yang baru ditambahkan tersebut memiliki hak khusus sebagai administrator, tambahkan user ke kategori grup wheel. 

sudo usermod -aG wheel username

Jika kamu telah mengakses pengguna user root, kamu tidak perlu lagi menambahkan perintah sudo di setiap perintah yang akan diproses atau dijalankan. 

Tutorial Linux Centos : Cara Menghapus User di CentOS

Seandainya di lain waktu kamu sudah tidak lagi membutuhkan user yang tedaftar di Linux Centos, kamu juga dapat menghapus user yang telah didaftarkan sebagai pengguna Linux.

Agar dapat menghapus user tertentu, kamu dapat menggunakan perintah berikut:

sudo userdel namauseryangdihapus

Jika kamu ingin menghapus user beserta direktori dan mail spool, kamu dapat menjalankan perintah flag -r:

sudo userdel -r namauseryangdihapus

Jika berhasil, perintah userdel tidak dapat menghasilkan output apa pun.

Kemudian jika user Linux Centos telah diberikan hak sudo, maka user akan di hapus dari daftar grup wheel, serta dari grup mana saja yang telah diberikan hak akses pada user tersebut.

Demikian, semoga ulasan tutorial cara menambahkan user dan menghapus User Linux Centos ini dapat memberikan manfaat bagi kamu yang ingin mengelola server Linux Centos dengan beberapa user tambahakan.

Technical Support | Sysadmin | Cloud Engineer | Quality Assurance Tester | Digital Marketing