Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Pengertian Konsultan Pajak dan Apa Saja Kewajibannya?

Sistem perpajakan di Indonesia menganut sistem self assessment, hal ini akan memudahkan wajib pajak untuk menangani sendiri kewajiban perpajakannya. 

Namun juga memiliki resiko, karena mereka biasanya fokus pada kegiatan usaha daripada memperhatikan administrasi perpajakan. Definisi jasa konsultan pajak sesuai dengan namanya, yakni orang atau lembaga yang memberikan jasa konsultasi untuk masalah perpajakan. Namun, apa saja kewajiban dan layanan yang ditawarkan konsultan pajak?, baca ulasan lengkapnya berikut ini. 

Pahami pengertian jasa konsultan pajak Konsultan pajak adalah seseorang atau badan hukum yang memberikan konsultasi dalam hal kepatuhan pajak. Orang atau badan hukum yang menawarkan jasa konsultan pajak pastinya sudah memenuhi persyaratan. Seperti menjadi anggota asosiasi konsultan pajak, sertifikat konsultan pajak, dan izin praktik konsultan. Jenderal Pajak atau pejabat yang ditunjuk dan berlaku di seluruh wilayah Indonesia. 

Kewajiban Konsultan Pajak 
  • Memberikan konsultasi dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan sesuai perundang-undangan yang berlaku. 
  • Mematuhi kode etik dan berpedoman pada standar profesi dari asosiasi konsultan pajak. 
  • Berpartisipasi dalam kegiatan profesional yang diakui oleh asosiasi konsultan pajak dan memenuhi pengembangan profesional berkelanjutan. 
  • Menyerahkan laporan tahunan konsultan pajak. 
  • Memberitahukan perubahan nama dan alamat dengan melampirkan bukti tertulis. 

Jenis Jasa Konsultan Pajak 


Konsultan pajak memiliki layanan kepada kliennya sebagai berikut: Kepatuhan Pajak Adanya jasa konsultasi perpajakan membantu wajib pajak di Indonesia untuk melaksanakan kepatuhan pajak. Umumnya ketidakpatuhan wajib pajak terhadap pajak disebabkan karena ketidaktahuan atau kurangnya pemahaman tentang prosedur perpajakan. 

Oleh karena itu, konsultan pajak akan membimbing untuk mematuhi pajak sesuai peraturan. Rencana Pajak Jika anda seorang pengusaha, maka harus memiliki rencana perhitungan pajak di setiap jenis pajak. Layanan konsultasi pajak membantu klien menghitung perencanaan pajak mereka. 

Penghitungan Pajak Jika klien merasa bingung dalam menghitung pajak, terutama saat ada pemeriksaan pajak, konsultan pajak akan membantu dalam hal bantuan, seperti membantu dalam proses perhitungan, hingga menyiapkan dokumen yang diperlukan. 

Laporan Pajak Jika sudah membayar pajak, konsultan pajak juga membantu klien dalam mengecek laporan pajak yang diterima. Mulai dari melalui prosedur yang benar, hingga mengevaluasi jumlah pajak yang telah dilaporkan. 

Dengan begitu, klien dapat meminimalisir kesalahan pelaporan pajaknya. Pengembalian Pajak Jika klien melakukan pengembalian pembayaran pajak, konsultan pajak akan membantu mengajukan pengembalian. Mulai dari penyiapan data, pengajuan restitusi, pemeriksaan, hingga proses akhir penerimaan kelebihan restitusi pajak. 

Konsultasi Konsultan pajak siap membantu ketika klien menghadapi masalah pajak. Konsultan pajak juga membantu menyelesaikan sengketa pajak. Memilih Jasa Konsultan Pajak Dalam memilih konsultan pajak, anda harus memilih dengan benar. 

Konsultan pajak yang sudah memiliki izin akan memberikan tarif lebih tinggi. Tarifnya tergantung pada tugas dan jenis layanan dari klien. Perusahaan konsultan pajak bersertifikat mungkin mengenakan biaya per jam tetapi ada juga yang memakai tarif tetap, namun tergantung pada kesepakatan kedua belah pihak. Butuh Konsultan Pajak? Setelah membaca penjelasan diatas, diharapkan anda dapat menentukan untuk menggunakan layanan konsultan pajak atau tidak. 

Karena masing-masing juga punya kelebihan dan kekurangan. Pada artikel ini kami memberikan kabar baik tentang bagaimana anda bisa mendapatkan konsultan pajak profesional. Kami sebagai jasa konsultan pajak yang sudah berpengalaman, kami siap membantu anda dalam menerapkan kepatuhan pajak. Itulah penjelasan tentang konsultan pajak dan kewajibannya yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.