Skip to main content

Perbedaan VPS Managed dan Unmanaged Pada Layanan VPS


Seperti yang kita tahu, Virtual Private Server (VPS) terdiri dari dua hal yakni Manage VPS dan Unmanage VPS. Tentunya kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Tak perlu khawatir, berikut ulasan terkait perbedaan VPS Managed dan Unmanaged pada layanan VPS.


Pengertian Managed VPS dan Unmanaged Vps


Sebelum menggali informasi lebih detail, sebaiknya pahami dulu apa itu Unmanaged VPS dan Managed VPS. 

Baca juga : Hosting web termurah saat ini

Jika di umpakan managed VPS adalah departemen IT untuk menjalankan website Anda. Jadi meski tak ada tenaga kerja didalamnya, managed VPS yang akan memantau seluruh data penyimpanan agar kinerja akses website pun berjalan lancar.

Sedangkan unmanaged VPS adalah server yang harus dikelola dengan beberapa pengetahuan, khususnya untuk sistem linux based dan sistem operasi windows. Dengan unmanaged VPS, maka penyimpanan akan terbatas pada sistem operasi saja.

Perbedaan Mendasar Managed VPS dan Unmanaged VPS

Jika diperhatikan, sebenarnya tak ada perbedaan signifikan antara managed vps dan unmanaged vps. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa simak ulasan dibawah ini. 


Detail Informasi Managed VPS Unmanaged VPS
Kemudahan User Sangat Mudah Cukup Sulit
Harga Lebih mahal Lebih Murah
Dukungan Teknis Dukungan penyedia VPS Tanpa dukungan penyedia
Update Software & Security Dibantu penyedia VPS Dilakukan secara personal
Uptime Server Menjamin uptime 99.99% Tidak menjamin uptime 99.99%
Backup Server Penyedia VPS dan personal Personal


Kelebihan  Menggunakan Managed VPS


Banyak sekali kelebihan yang bisa diperoleh jika menggunakan managed VPS. Diantaranya sebagai berikut:

  • Dukungan teknis secara penuh terkait server, OPS dan aplikasi. Sehingga Anda tak perlu memikirkan pengaturan VPS.
  • Pemantauan penuh terkait server dan dukungan teknis (24x7). Yang mana ketika terjadi masalah, semua akan teratasi oleh tim teknis sehingga uptime menjadi 99.99%. 
  • Lebih efektif dan efisien terkait biaya dan manajemen waktu. 
  • Biasanya penyedia layanan Manage VPS akan mendukung backup server milik Anda. Yang perlu ditekankan, Anda harus membackup sendiri sebagai cadangan
  • Tersedianya teknis terlatih untuk pembaharuan, peningkatan dan keamanan perangkat lunak.

Kekurangan Managed VPS


Banyak orang yang mempermasalahkan harga dari Managed VPS. Selain itu, di Indonesia sendiri jarang ada jasa yang menyediakan layanan ini. 


Kelebihan Unmanaged VPS


Adapun kelebihan dari unmanaged VPS adalah harga yang lebih murah, pengalaman dalam memanage sebuah server hingga kebebasan penggunaan teknologi untuk VPS. 

Mengapa harganya jauh lebih murah? Ini karena teknis VPS akan dikelola secara dominan oleh pengguna/user. Lalu terkait teknologi, Anda bebas menggunakan teknologi yang seperti apa.

Meskipun Anda seorang pemula yang baru belajar teknis terkait unmanaged VPS, secara otomatis akan menambah pengalaman dalam hal pengoperasian VPS tersebut.


Kekurangan Unmanaged VPS


Seperti yang sudah dijelaskan, Unmanaged VPS dikelola secara penuh oleh pengguna. Itu artinya user harus paham cara memeliharanya. Bila sewaktu-waktu terjadi apps error, ini akan menjadi tanggung jawab pengguna untuk memperbaiki. 


Mana yang Lebih Baik Antara Managed VPS dan Unmanaged VPS?


Jawabannya kedua sistem ini memiliki plus minusnya masing-masing. Saya akan contohkan dari masing-masing perspektif pengguna. 

Disarankan untuk menggunakan Managed VPS jika Anda seorang pemula yang tidak mengetahui pengoperasian/teknis server. Dengan managed VPS, Anda dapat meminimalisir risiko kesalahan konfigurasi, uptime server terjamin, mempercepat proses waktu dan pastinya lebih aman. 

Sebaiknya menggunakan Unmanaged VPS jika Anda paham betul terkait teknis server dan ingin meminimalisir pengeluaran dalam memanage server.

Itulah beberapa informasi seputar pengertian, kelebihan, kekurangan dan perbedaan VPS Managed dan Unmanaged. Sekian, semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar