Skip to main content

Gagal Booting Linux Entering Rescue Mode Grub Rescue di Linux dan Windows

Barusan saya install sistem operasi dual boot di PC. Akan tetapi muncul error entering rescue mode grub rescue. Kebetulan pengen menggunakan 2 sistem operasi pada satu PC. Mungkin ada beberapa bagian yang tidak terinstall dengan baik sehingga muncul error grub rescue. 

Setelah diotak atik nih. Alhamdulillah sudah kembali seperti semula. 

Mengikuti panduan OmahJaringan di mengatarsi error Entering Rescue Mode Grub Rescue. Pada langkah pertama harus mencari dimana penyimpanan atau partisi linux di PC. 

grub rescue> ls

Setelah mengetikan perintah ls, maka akan muncul beberapa partisi hardisk di PC. Kalau di PC saya hanya ada 4 partisi seperti berikut ini. 

(hd0),(hd0,msdos3),(hd0,msdos2),(hd0,msdos1)

Jadi saya harus memastikan dimana sistem operasi berada. Setelah saya lakukan pengecekan di ketiganya ternyata tidak ada. 

Karena saya melakukan kesalahan dalam install Kali Linux. Jadi terpaksa harus melakukan install ulang Linux. Pada akhirnya dan perbaikan grub rescue dilakukan di akhir settingan instalasi. 

Cara Ke-2

Sebenarnya ada cara lain untuk mengatasi masalah tersebut. Yaitu dengan menginstall ulang windows, dengan cara live CD untuk repair sistem Windows, sehingga data yang ada didalam tidak akan hilang. Hanya bagian dari bootingnya saja yang direpair. 

Cara Ke-3

Gunakan Ubuntu live USB atau DVD dan boot desktop live. Hubungkan PC dengan koneksi internet, buka terminal dan masukkan perintah berikut. 

$sudo add-apt-repository -y ppa:yannubuntu/boot-repair
$sudo apt-get update
$sudo apt-get install -y boot-repair && boot-repair

Setelah itu media perbaikan boot akan muncul. Pilih opsi yang disarankan serta ikuti setiap langkah persis seperti yang tertulis pada tampilan perbaikan rescue mode grub. PC Anda akan diperbaiki dan Tidak ada data yang akan hilang karena perbaikan ini.

Kalau pengen cara cepet sih tinggal install ulang aja, demikian semoga cara diatas dapat mengatasi masalah rescue mode grub Anda. :)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar