Skip to main content

Kenapa Suara HDMI tidak Keluar di TV Sharp, Samsung, LG, Lenovo Monitor?

Suara HDMI tidak keluar di TV Sharp Samsung Lenovo Monitor

Ceritanya begini, kemarin saya membeli sebuah monitor curve yang diproduksi oleh Samsung secara online. Setelah barang tiba, kemudian saya coba dong.

Dalam paket tersebut saya juga memesan satu kabel HDMI dengan panjang 5 meter, siapa tahu nantinya dibutuhkan.

Akhirnya kabel HDMI sudah terpasang, dan saya coba memutar video youtube. Ternyata setelah tersambung suaranya tidak keluar dari monitor.

Posisi laptop saya sambungkan ke monitor dan saya lakukan penyesuaian di layar monitor untuk keluaran suara menggunakan koneksi HDMI. Ternyata masih belum ada suara yang terdengar.

Makin panik dong, apakah monitor ini rusak? Padahal saya niat beli monitor untuk hiburan dan urusan pekerjaan di rumah, kalau gak ada suaranya kan gimana gitu.

Akhirnya saya lakukan pengecekan ulang dengan colok dan cabut HDMI, dan suara sudah keluar. Sepertinya untuk permasalahan ini, akan sama dengan semua produk monitor ternama seperti LG, Sharp, Cocca, Lenovo, Samsung, dan lain sebagainya.

Berikut ini saya bagikan ulasan mengatasi suara HDMI tidak keluar di monitor.

Sebelumnya bagi yang belum tahu tentang kabel HDMI, yaitu sebuah kabel yang digunakan sebagai media penghubung sebuah komputer atau laptop ke layar sepert tv atau monitor. Jadi setiap proses yang dilakukan pada komputer atau laptop akan ditampilkan juga ke layar monitor yang terhubung tersebut dengan satu kabel HDMI.

Tidak hanya sebuah gambar visual saja yang ditampilkan, namun juga mengeluarkan suara dari laptop atau komputer tanpa mengunakan headset atau speaker tambahan. Sehingga dari satu kabel HDMI tersebut sudah seharusnya kita dapat menikmati gambar dan suara yang ditampilkan monitor.

Namun tidak semua monitor memiliki fasilitas speaker bawaan, sehingga suaranya tetap ada pada komputer atau laptop. Ada juga tipe monitor yang hanya dapat digunakan sebagai media menampilkan gambar yang ada di laptop atau komputer. Serta untuk mengeluarkan suara pada speaker perlu adanya speaker tambahan. Biasany begitu, seperti monitor yang saya gunakan tidak ada speaker bawaan.

Sehingga saya tetap menggunakan speaker dari laptop, dan media keluaran gambar di monitor.

Mengatasi Audio atau suara tidak keluar saat menggunakan Kabel HDMI


Saya rasa, kamu sudah mengetahui bentuk kabel HDMI dan cara penggunaanya. Jadi saya menganggap bahwa kamu telah memasang kabel HDMI dengan benar dengan ditandai gambar yang muncul pada layar monitor kamu. 

Cara mengatasi audio atau suara yang tidak keluar saat menggunakan kabel HDMI ini, juga bisa kamu gunakan untuk monitor merk Samsung, Toshiba, Aquos dan lain sebagainya. 

1. Buka control panel
2. Klik hardware and sound
3. Klik sound, selanjutnya akan muncul jendela sound seperti pada gambar dibawah ini

4. Selanjutnya klik sound yang ingin kamu pilih sebagai output suara.
5. Selesai

Langah-langkah menyalakan sound pada HDMI sangat mudah bukan. Sekarang kamu bisa mencoba untuk melakukan pengetesan dengan memutar video atau musik.

Kalau saya pribadi mencobanya dengan menggunakan youtube, sekaligus mengecek kecerahan monitor.

Suara tetap tidak keluar di monitor?

Namun, jika langkah tersebut belum berhasil. Coba periksa kembali pada pengaturan monitor kamu. Apakah ada bagian settingan speaker yang belum disesuaikan? Karena beberapa monitor terdapat settingan yang harus diatur terlebih dahulu bagian sumber penerima suara dan keluaran suaranya.

Misalnya dengan monitor samsung yang saya gunakan, pengaturan audionya cukup lengkap. Dari mana sumber suara masuk dan output yang akan digunakan, dan seberapa keras suara yang ingin di keluarkan.

Namun jika suara di monitor belum keluar, coba periksa kembali buku panduanya. Juga bisa melakukan pengecekan kembali di kabel HDMI, dengan menggunakan kabel HDMI lainya.

Semoga pengalaman mengatasi suara HDMI tidak keluar di monitor dapat menambah wawasan dan mengatasi masalah yang kamu hadapi terkait suara tidak keluar di speaker monitor. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar