Skip to main content

Internal Server Error Nextcloud


Hari ini saya sedang uji coba untuk melakukan aktivasi nextcloud sharing ke gmail. Namun mengalami beberapa kendala salah satunya internal server error pada nextcloud.

Karena pertama kali mengunakan nextcloud, saya kebingungan untuk setting penggunaan web aplikasi tersebut.

Buat kamu yang belum tahu apa itu nextcloud, web aplikasi tersebut memiliki fungsi sebagai penyimpanan internal. Saat ini pengunaanya dikolaborasikan dengan server zimbra. Kemudian terkait server sendiri, dibedakan antara zimbra dan nextcloud.

Kembali lagi masalah error pada internal server error nextcloud, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab tersebut.

Direktori


Tapi saya lebih memilih untuk melakukan pengecekan pada config.php di folder nextcloud. Sebenarnya untuk instalasi nextcloud tanpa menggunakan folder, ada baiknya instalasi langsung di halaman utama di folder /var/www/html/file_instalasi.

Nah jika kamu mengginstall nexcloud dengan memberikan membuat folder baru, misalnya /var/www/html/nexcloud/data/ kamu harus mengecek dibagian config data, apakah sudah sesuai atau belum.

Versi PHP

Diforum nexcloud juga ada yang memberikan informasi bahwa versi php juga pengaruh. Tapi untuk ini saya belum pernah mencobanya. 

Akses Publik

Bila kamu melakukan penyesuaian pada akses publik dari ip lokal server ke domain, dengan mengunakan perangkat ketika sebagai penghubung. Misalnya seperti mikrotik, pastikan bahwa route ip publik ke domain dan akses port telah dibuka agar bisa diakses. 

Saya menggunakan solusi yang pertama, yaitu pegecekan file nexcloud di bagian config.php memastikan bahwa akses ke direktori sudah benar. 

Kurang lebihnya seperti itu, kemungkin-kemungkinan yang dapat terjadi pada internal server error nexcloud. Semoga dapat menampahkan wawasan. Oh ya jika ada yang ingin ditanyakan terkait internal server error pada nexcloud, saya juga bisa kamu hubungi via email di halaman kontak blog ini. Terima kasih.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar