Skip to main content

Perhatian ! Cara Memilih & Mengolah Sayuran yang Masih Fresh


Bagaimana ya, cara mendapatkan kualitas sayur yang baik? Banyak hal yang harus kamu perhatikan, nih!
  1. Warna, pilihlah warna sayuran yang masih terlihat cerah, tidak kusam. Jangan memilih sayuran yang sudah menguning dan layu.
  2. Lihat fisik sayuran secara keseluruhan. Untuk sayuran berbentuk daun, misalnya, perhatikan bentuknya. Sebaiknya pilihlah sayuran yang masih utuh, tidak kusut atau robek. Namun, jika sayuran tersebut memiliki cacat karena termakan ulat, maka tidak jadi masalah karena diyakini sayuran tersebut tidak mengandung pestisida yang berlebihan. Sedangkan untuk umbi-umbian pilihlah yang masih memiliki tekstur keras, tidak lembek, masih kesat dan tidak berlendir.
  3. Jika memungkinkan, pilih sayuran yang memiliki akar panjang (ciri tanaman hidroponik). Tanaman hidroponik memiliki keunggulan dibanding tanaman biasa karena tanaman ini dipelihara dalam rumah kaca tertutup sehingga jarang terserang hama, yang berarti akan sanagt kecil kemungkinan dalam penggunaan pestisida.
  4. Hindari memilih sayuran dengan bercak putih. Bercak putih yang ada pada sayuran mungkin saja adalah bekas semprotan cairan pestisida yang sudah kering dan menempel pada sayuran.
  5. Setelah berhasil mendapatkan sayuran yang segar, maka kita harus segera mengolah sayuran tersebut agar tidak layu. Atau jika tidak, kita bisa menyimpannya di dalam kulkas terlebih dahulu. Jangan lupa untuk membersihkan sayuran sebelum disimpan di dalam kulkas atau lemari es. Menggunakan kulkas atau lemari es yang mendukung juga satu hal yang penting, jangan sampai sayuran yang kita simpan malah berubah menjadi layu atau bahkan beku. Kulkas 2 Pintu Pnasonic terbaru, misalnya, bisa menjadi pilihan. Dengan lemari es teknologi Prime Fresh sayuran yang kita simpan akan sangat terjaga kesegarannya.
  6. Ketika memasak, masaklah sayuran dengan waktu sesingkat mungkin, karena sayuran yang dimasak terlalu lama akan berkurang kandungan nutrisinya. Cara terbaik ialah dengan mengukus sayuran, tidak lebih dari tujuh menit. Bila direbus, masukkan sayuran saat air rebusan sudah mendidih.

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar