Skip to main content

Ingin Dismenore Mereda? Lakukan Olahraga ini!



Dismenore dapat di definisikan sebagai sakit perut atau nyeri panggul yang parah, kemunculannya di antara sebelum atau sesudah menstruasi dan berlangsung sekitar 24 jam. Diperkirakan antara 25% dan 60% wanita menderita dan antara 1% dan 15% kasus disertai dengan rasa sakit yang lebih hebat, yang dikenal sebagai dismenore berat.

Beberapa olahraga terbukti dapat meredakan nyeri haid atau dismenore. Berikut jenis olahraga yang telah terbukti dapat meredakan dismenore.

Daftar Olahraga Yang Dapat Meredakan Dismenore

1. Yoga

Olahraga pertama yang dapat meredakan nyeri haid atau dismenore adalah yoga. Gerakan-gerakan dalam yoga yang berfokus pada peregangan perut dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada perut saat menstruasi. Selain itu, latihan pernapasan juga dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Gerakan yoga yang sederhana seperti gerakan pose anak, hero pose, reclining twist, pembuka pinggul dan gerakan yoga sederhana lainnya dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri haid.

2. Lari Santai

Anda diperbolehkan untuk melakukan olahraga ini selama masa menstruasi. Namun, jangan terlalu memaksakan diri karena dapat mengakibatkan kelelahan. Sebelum berlari, Anda dianjurkan untuk minum air putih dalam jumlah banyak. Hal ini akan membantu meningkatkan energi sehingga akan meredakan nyeri saat menstruasi secara alami.

3. Berenang
Berenang juga merupakan olahraga yang dapat membantu meredakan dismenore. Anda dapat melakukan gerakan renang gaya punggung dan gerakan renang lainnya yang santai. Dengan berenang, sirkulasi darah Anda akan meningkat. Sehingga dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi atau dismenore.

4. Jalan Cepat

Salah satu olahraga yang dapat meredakan nyeri haid atau dismenore adalah jalan cepat. Jalan cepat merupakan latihan kardio dalam intensitas dan kecepatan rendah yang dapat mengurangi kram perut. Anda dapat melakukan aktivitas ini selama kurang lebih 15 menit sampai 30 menit setiap harinya.

Daftar olahraga di atas dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa sakit akibat mentruasi atau dismenore. Jika Anda sulit menyediakan waktu untuk melakukan beberapa olahraga di atas, ada cara mengatasi dismenore lainnya yang dapat Anda gunakan. Cek http://ifreeindonesia.com/ dan temukan sesuatu yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar