Skip to main content

follow us

Cara Reset Password Cisco IOS Router


Akan ada masa, dimana kita memerlukan prosedure reset password router. Mungkin karena faktor lupa password, bisa juga karena ada problem lain seperti : lupa mengkonfigurasi username maupun password, sehingga ketika ingin mengakses konfigurasi terminal tidak bisa login sama sekali.

...mungkin juga Anda lupa memasukkan konfigurasi password enable, sehingga user tidak dapat masuk ke prvileged mode. 

Prosedure reset password cisco router ini harus dipahami bagi network engineer. Untuk berjaga-jaga jika ketika dihadapkan dengan situasi yang mengharuskan reset password cisco router. 

...Cerita Pendek


Saya (kami) network engineer, pernah mengerjakan suatu project yang mengharuskan upgrade router yang berada di daerah luar pulau Jawa milih salah satu perusahaan swasta. Semua router cisco yang distagging sebelumnya sudah dikonfigurasi terlebih dahulu. Pemasangan atau instalasi sudah dilakukan oleh engineer on site. 

Semua router yang dipasang di lokasi sudah berfungsi dengan baik, terutama dalam hal routing dan kualitas jaringan. Namun ada sebuah problem, dimana saya (kami) tidak dapat mengakses perangkat tersebut dari kantor pusat. Akses telnet maupun ssh sudah berstatus connected dan open, namun username dan password belum terkonfigurasi didalam perangkat. 

...sungguh pekerjaan yang sangat menyenangkan bukan?
Sehingga perlu sebuah solusi untuk memasukkan konfigurasi username dan password namun harus dapat menjaga konfigurasi existing tidak hilang. Sehingga tidak perlu konfigurasi dari awal lagi. 

Tahapan Reset Password Router Cisco 


...prosedur reset password cisco router ini dapat dilakukan untuk semua router cisco seperti cisco router yang bertipe 1800, 1900, 2900, 4300 series, dll. Berikut ini ringkasan langkah-langkah 
  1. Laptop/PC harud dihubungkan terlebih dahulu dengan router melalui port console, dan pastikan bahwa akses line console aktif.
  2. Reboot router
  3. Pada tahap 2, router masih proses reboot selanjutnya send perintah break pada waktu yang bersamaan. /router akan masuk ke dalam mode rommon
  4. Di mode Rommon 1 >, /*ganti configuration register menjadi 0x2142
  5. Rommon 2 > reset, untuk reload router
  6. Router akan start dengan ‘nvram bypassed’, “no” untuk setup mode
  7. Copy startup-config ke running-config
  8. Konfigurasi username dan password yang missing
  9. Kembalikan nilai config register ke default: 0x2102
  10. Copy running-config ke startup-config
  11. Reload router

#1. Menginterupsi Boot Sequence Router Cisco

Pada tahap ini juga, pastikan bahwa laptop Anda telah terhubung ke port console router. Anda dapat mereboot router atau switch dengan cara mencabut power kemudian mencolokkanya kemballi. 

Pada saat tampil proses booting, pastikan Anda tekan tombol pause break yang ada di laptop atau PC Anda. 

Tombol break pada laptop atau PC ini terdapat pada keyboard versi lama. Untuk dapat send perintah paus break Anda dapat menggunakan kombinasi tombol (FN+B atau FN+ALT+B). Atau  Anda dapat menyesuaikanya terlebih dahulu dengan versi laptop Anda, dengan melihat tombol kombinasi pause break.

Adapun solusi lain, dengan menggunakan aplikasi seperti secureCRT yang dapat mengirimkan perintah break dari menu “Edit >> Send Break”.

Pastikan pada proses ini Anda sudah berhasil mengkases router di mode rommon, yang ditandai dengan tampilan mode.  Rommon 1>

#2. Mengganti Nilai Config-Register


Pada mode rommon 1 ini, langkah selanjutnya yaitu merubah config-register. Configuration-register ini kurang lebihnya seperti boot sequence di BIOS pada komputer kita, hal-hal apa saja yang dilihat pada saaat router telah menyala.

Pada langkah ini, kita dapat memberikan perintah kepada router agar dapat mengabaikan startup-configuration (NVRAM).

Nilai configuration-register default: 0x2102
Nilai configuration-register untuk bypass NVRAM: 0x2142

Saya anggap Anda sudah berhasil masuk ke mode rommon router. Langkah selanjutnya ikuti perintah konfigurasi di bawah ini.

Ganti nilai configuration-register

Rommon 1> confreg 0x2142
Reset router (reload)
Rommon 2> reset

Seperti tampilan diatas pada rommon 1, akan muncul rommon 2, pada tahap ke-2 inilah kita dapat melakukan reset konfigurasi router.

#3. Router Rebooted (Keadaan Tanpa Konfigurasi)


Perlu Anda ketahui bahwa nilai config-register 0x2142 berfungsi sebagai perintah yang akan mengabaikan pembacaan NVRAM. Proses tersebut, membuat router akan booting tanpa konfigurasi. Setelah router reboot, Anda akan melihat hostname router kembali ke awal atau default menjadi : Router>

Meskipun begitu, konfigurasi startup-config sebenarnya masih tersimpan didalam router. Maka dari itu Anda masih dapat menggunakanya kembali.

Pada mode privilege

# copy startup-config running-config

Konfigurasi existing akan diaktifkan di running-configuration yang ditandai dengan hostname router yang telah Anda buat sebelumnya.

Sekarang Anda dapat menambahkan konfigurasi username dan password yang missing.

(config)#username user secret password

Langkah selanjutnya Anda dapat menggunakan username dan password untuk mengakses konfigurasi router. Masih ada tahan selanjutnya...

#4. Kembalikan Nilai Configuration-Register dan Reboot


Tahap terakhir yaitu mengembalikan nilai config-register. Diharapkan dari hasil konfigurasi diatas sudah berfungsi dengan baik. Anda dapat melanjutkan penambahan konfigurasi yang lain apabila masih ada konfigurasi router yang kurang.

Agar  NVRAM dapat terbaca kembali. Maka langkah selanjutnya mengembalikan nilai confreg ke nilai default router kemudian reboot router:

(config)#config-register 0x2102

Dari perintah diatas, nilai confreg sudah dikembalikan ke default. Selanjutnya masukkan perintah reboot, kemudian router akan booting secara normal menggunakan NVRAM.


(config)#copy running-config startup-config

....oh ya masih ada lagi, Anda perlu memasukkan perintah diatas agar konfigurasi yang sudah dimasukkan ke dalam router tidak hilang. Maka kita berikan perintah konfigurasi agar kembalik ke NVRAM.

Terakhir, reboot router dengan perintah #reload

Pada tahapan terakhir ini Anda sudah berhasil mereset password cisco router. Setelah direboot router akan tetap dapat menggunakan konfigurasi existing dengan penambahan user dan password yang bisa digunakan untuk login ke halaman konfigurasi router. Semoga sedikit ulasan diatas dapat memberikan manfaat. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info