Skip to main content

follow us

Terjawab Sudah Rasa Penasaran Saya Tentang Penggunaan Header iostream.h vs iostream


Saya mengalami error program ketika mencoba salah satu compiler online. Apakah Anda juga pernah mengalami error seperti tampilan program diatas? Kode yang diketikan memang sudah benar dan sesuai, mengapa masih saja tetap error?

Sebenarnya bagian mana yang salah? Pada ulasan kali ini saya akan memberikan pembahasan iostream.h vs iostream saja. 

Kesalahan ini sebenarnya terjadi pada newbie yang baru saja migrasi dari compiler borland seperti Turbo C++ ataupun Borland C++ atau bagi yang salah membeli panduan. Saya salah satu newbie yang baru migrasi mempelajari bahasa C. 

Ternyata iostream.h merupakan file header C++ yang terdapat pada compiler Turbo C++ dan Borland C++. File header tersebut sudah ada sejak awal sebelum standarisasi C++ pada tahun 1998 dan memang tidak tersedia di semua plaform. 

Kemudian, sejak standar bahasa C++ muncul dipermukaan pada tahun 1998, file header (iostream) tanpa menggunakan ekstensi "h" yang sering digunakan, sedangkan header iostream.h sudah dianggap deprecated atau (usang).

Pada umumnya compiler modern file header C++ tidak memiliki atau tidak menggunakan ekstensi ".h" dan semua fungsi serta class-class berada dalam namespace std.

Apa itu namespace std?


Namespace std merupakan kata kunci yang digunakan untuk mengelompokkan nama fungsi, tipe dan lain sebagainya. Sehingga, untuk dapat menggunakan maupun memanggil fungsi pada standard library C++ harus menggunakan "using namespace std;" atau "std::[nama_fungsi_atau_class]"

Pada source code C++ diatas masih terdapat satu kesalahan, yaitu tipe data "void main". Penggunaan tipe data untuk fungsi main pada modern compiler adalah int dan untuk mengembalikan nilai 0 (return 0).

Dibawah ini merupakan contoh penulisan kode yang benar dengan menggunakan modern compiler.

#include <iostream>
int main(){
        std::cout<<"Halo Youngman";
}



#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
         std::cout<<"Halo Youngman";
}


Semoga ulasan singkat header iostream.h vs iostream ini dapat memberikan pencerahan, bagi yang sedang mempelajari bahasa C dengan compiler modern.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info