Skip to main content

Manfaat Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa untuk Mencari Kerja dan Berbisnis

Manfaat Sertifikasi Kompetensi Mahasiswa  Image Pixabay.com

Kamu setuju kan, jika masa pendidikan kuliah perlu dimanfaatkan sepenuhnya untuk mengembangkan diri? Belajar tidak hanya melakukan kegiatan akademik didalam kelas saja.

Tidak ada salahnya untuk mengikuti berbagai acara seritifikasi kompetensi sebagai tanda kapabilitas diri. Karena untuk dunia bisnis atau kerja, sertifikasi komptensi tersebut memiliki peran yang cukup besar. 

Sertifikasi kompetensi merupakan sebuah bukti bahwa pemegang sertifikat tersebut memiliki kemampuan yang diakui oleh lembaga yang mengeluarkan sertifikat tersebut. 

Ketika mahasiswa telah mendapatkan pengakuan dari uji sertifikasi tersebut, kamu telah memiliki jaminan kredibilitas serta kapabilitas dalam bidang yang dipelajari.

Banyak lembaga yang dapat mengeluarkan sertifikat kompetensi. Standar yang mereka miliki, khusus untuk memberikan penilaian atas kemampuan seseorang sesuai dengan bidangnya.

Jika kamu telah mendapatkan sertifikat dalam suatu bidang keahlian tertentu, itu bisa jadi modal untuk kamu terjun di dunia kerja profesional.

Adapun beberapa faktor ini dapat membuat dirimu lebih mudah dalam mencari pekerjaan. Lantas, apa saja yang bisa didapatkan dari kelebihan memiliki sertifikasi komptensi tersebut?

1. Mampu dalam suatu bidang

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sertifikasi kompetensi ini yaitu membuktikan bahwa dirimu telah menguasai suatu bidang keahlian.

Karena untuk mendapatkan sertifikat tersebut, kamu harus di uji terlebih dahulu, dari kemampuan, tindakan kerja, serta pemahaman dalam bidang yang kamu pelajari.

Memang proses ujian sertifikasi tersebut tidaklah mudah, tapi akan memberikan pengetahuan standar keahlian khusus.

Kamu yang mengikuti ujian sertifikasi, mau tidak mau wajib menjalani setiap tuntutan sehingga secara tidak langsung terlatih agar mampu dalam suatu bidang.

Terlebih bagi kamu yang saat ini sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa. Dengan memiliki sertifikat komptensi, kamu memiliki nilai plus dibandingkan dengan orang lain. Tentunya, akan membantu kamu pada saat lulus kuliah dalam menghadapi dunia kerja profesional.

2. Menambah kepercayaan diri

Manfaat sertifikasi kompetensi bisa juga terkait diri sendiri. Dengan mengantongi sebuah sertifikat, kepercayaan diri seseorang bisa terangkat. Kamu jadi yakin terhadap kemampuan sendiri di dalam satu bidang keahlian.

Jangan sepelekan faktor rasa percaya diri. Sebab, hal itu bisa menentukan masa depanmu. Sebagai contoh, ketika lulus dan hendak mencari pekerjaan. Dengan berbekal sebuah sertifikat kompetensi, kamu akan lebih yakin dalam menjalani tes. Kepercayaan diri itulah yang pada akhirnya bisa menghadirkan hasil terbaik.

Baca Juga : Latihan Soal Sertifikasi Basisdata

Kalau kamu ingin menjalankan usaha sendiri, manfaat sertifikasi kompetensi makin terasa. Dengan memilikinya, kamu tidak akan ragu memburu klien atau pelanggan karena kamu sudah yakin terhadap keahlianmu.

3. Keahlian diakui

Menjadi tujuan awal, proses diadakan sertifikasi komptensi yaitu untuk membuat standarisasi terhadap keahlian khusus yang dimiliki mahasiswa.

Pada akhirnya dari ujian yang dilalui tersebut, dapat membentuk tenaga ahli baru. Selain itu juga bisa memberikan pengakuan bagi penerima sertifikat kompetensi, bahwa ia telah teruji.

Mahasiswa perlu mendapatkan modal kepercayaan para pencari tenaga kerja profesional. Meskipun mahasiwa telah memiliki kecakapan yang lebih, tanpa sertifikat yang menempel pada dirinya. Para pencari tenaga kerja profesional pun, tidak dapat sepenuhnya percaya akan kemampuanya.

Lain cerita, jika sudah memiliki sertifikat komptensi sebagai bukti nyata. Sertifikat tersebut akan memperkuat kamu dalam mendapatkan pekerjaan, bahkan untuk memulai usaha sendiri.

Dari resume sertifikat tersebut, para pencari tenaga kerja atau klien akan semakin yakin terhadap kemampuanmu dalam melakukan kerjasama.

4. Meningkatkan kemampuan

Tidak mudah dalam mendapatkan sertifikat komptensi. Karena setiap orang yang ingin memiliki sertifikat tersebut harus melewati beragam ujian materi maupun praktek.

Meskipun susah untuk lulus, menyita tenaga, dan waktu. Kamu tidak boleh menyerah, untuk mendapatkan modal nilai plus kemampuan yang didapatkan.

Jika memang kamu gagal dalam mengikuti ujian sertifikasi, kamu akan tetap merasakan dampak mengikuti sertifikasi kompetensi tersebut.

Karena setiap persiapan yang kamu lakukan, secara tidak langsung kamu telah mengasah kemampuan untuk memenuhi standar yang ada.

Setiap proses yang kamu lewati dalam mengikuti ujian, mendorong kamu untuk mengeluarkan segenap kemampuan agar dapat memiliki sertifikat komptensi. Tentunya itulah yang membuat kamu belajar lebih keras dari sebelumnya. Proses ini, yang secara tidak sadar mengasah keahlianmu menjadi meningkat dari sebelumnya.

5. Memperbesar peluang bisnis atau kerja

Beberapa mahasiswa, mungkin saja menganggap sertifikasi kompentesi ini hal remeh. Padahal dengan mengikuti sertifikasi ini, akan membuka peluang kamu lebih luas dalam mencari kerja maupun menambah porfolio bisnis kamu sendiri.

Dalam hal sertifikasi kompentensi, ini diakui para pekerja profesional yang bersifat internasional. Sehingga jika kamu berhasil mendapatkanya, berarti kemampuanmu telah diakui secara global tidak hanya skala nasional.

Jelas, hal ini memperbesar peluang kamu dalam mendapatkan kesempatan kerja maupun bekerjasama dengan calon klien.

Jadi, kamu tunggu apa lagi? Segera cari sertifikat keahlian yang kamu perlukan untuk mewujudkan cita-cita. Manfaat sertifikasi kompetensi untuk mahasiswa teramat besar untuk dilewatkan! Semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar