Skip to main content

follow us

√ Informasi Pendaftaran Beasiswa Fulbright 2019 – 2020


Teman-teman ada yang ingin melanjutkan studi S2 atau S3 di luar negeri? Mungkin ada yang berminat untuk kuliah di Amerika Serikat nih. Makanya saya akan memberikan informasi menarik, terkait pendaftaran beasiswa fulbright.
Untuk yang sudah tahu sih, beasiswa ini sudah akrab dikenal di Indonesia. Karena hampir setiap tahunnya selalu ada pembukaan pendaftaran beasiswa fulbright, terlebih pada tahun akademik 2019-2020.

Beasiswa fulbright merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan dan dikelola oleh Pemerintah Amerika Serikat. Adapun kategori beasiswa ini terdiri dari 2 bagian, yaitu Fulbright Master's Degree Program dan Fulbright PhD Degree Program.

Beasiswa Master merupakan beasiswa yang diberikan bagi peminat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master, dan beasiswa Fulbright PhD merupakan jenis beasiswa S3 bagi teman-teman yang ingin mendapatkan gelar doktor.

Menariknya jenis beasiswa fulbright ini, merupakan beasiswa penuh yang didanai langsung oleh pemerintah Amerika Serikat melalui lembaga American Indonesian Exchange Foundation.

Fulbright Master's Degree program dibuka untuk umum sehingga teman-teman bisa mencobanya apabila berminat. Begitu juga dengan jenis beasiswa Fulbright PhD.

Pertanggung jawaban biaya beasiswa Fulbright ini diataranya mencakup dukungan visa J-1, pembelian tiket pesawat pergi dan pulang Indonesia - Amerika Serikat, biaya hidup pada saat di Amerika Serikat, serta biaya pendidikan kuliah penuh, dan biaya lainya yang terkait dengan pendidikan.

Selain itu, bagi mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima beasiswa Fulbright juga akan mendapatkan jaminan asuransi kecelakaan maupun jaminan kesehatan. Sangat lengkap sekali kan?

Bagi para peminat beasiswa Fulbright 2019-2020, pelamar dapat mengajukan pendaftaran utnuk semua bidang studi maupun bidang keahlian khusus yang ditawarkan di beberapa pilihan universitas Amerika Serikat. Namun untuk sementara ini masih dikecualikan pada bidang studi ilmu kedokteran. Semoga aja, nantinya ada peluang mahasiswa Indonesia mendapatkan tiket beasiswa khusus untuk ilmu kedokteran. Amin.

Persyaratan Beasiswa Program master (S2):


Berikut ini beberapa persyaratan yang harus dilengkapi, bagi teman-teman yang berminat untuk mendapatkan beasiswa fulbright 2019-2020:

Syarat Umum

Dibawah ini merupakan syarat atau ketentuan umum yang harus dipenuhi:

  1. Peserta merupakan warganegara Indonesia serta tidak memiliki status sebagai penduduk tetap Amerika Serikat maupaun yang saat ini telah menetap atau bekerja di Amerika Serikat.
  2. Memiliki kepribadian yang baik dalam kepemimpinan serta dapat memperlihatkan pengalaman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
  3. Memiliki persiapan yang matang berupa komitmen untuk menyelesaikan program studi yang dipilih. 
  4. Mampu berbahasa inggris aktif baik itu tertulis maupun lisan.
  5. Menunjukkan secara nyata bahwa kamu dapat menyelesaikan studi pascasarjana penuh waktu maupun mengikuti program penelitian di Amerika Serikat dalam pengembangan diri.
  6. Dapat menunjukkan komitmen serta tekad yang kuat untuk kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi program beasiswa Fulbright. 
  7. Wajib menerika kerjasama di institusi tempat asal kurang lebih bekerja selama limat tahun sebelum pensium dalam menyelesaikan program beasiswa.

Syarat Khusus:

Dibawah ini merupakan ketentuan khusus yang harus kamu penuhi sebagai syarat mengajukan pendaftaran beasiswa Fulbright

  1. Diharuskan bergelar sarjana (S1) dengan bukti ijazah.
  2. Diharuskan memiliki IPK minimum 3.0 (skala 4.00)
  3. Diharuskan memiliki skor TOEFL ITP minimum 550 atau IELTS yang setara

Program doktor (S3):

Adapun beberapa syarat yang harus kamu penuhi untuk dapat mengikuti program beasiswa Doktor S3 fulbright 2019-2020. Diantaranya sebagai berikut :

Persyaratan Umum:

Berikut ini persyaratan untum yang harus kamu penuhi untuk mengikuti program beasiswa fulbright 2019-2020 bagi yang ingin melanjutkan program studi S3:

  1. Merupakan seorang warganegara Indonesia dan bukan penduduk tetap AS, atau saat ini menetap di Amerika Serikat bagi yang bekerja TKI/TKW.
  2. Memiliki pengalaman dalam melayani masyarakat serta mampu memperlihatkan sikap kepemimpinan yang baik.
  3. Memiliki komitmen serta persiapan yang matang pada bidang studi yang dipilih
  4. Mahir berbahasa Inggris baik itu segi kecakapan berbicara maupun tertulis.
  5. Memiliki catatan akademik yang baik dari nilai maupun sikap.
  6. Mampu menunjukkan secara nyata bahwa kamu dapat menyelesaikan studi tepat waktu sesuai bidang studi yang kamu pilih.
  7. Dapat memberikan komitmen yang kuat pada saat menyelesaikan kuliah di luar negeri dari beasiswa Fulbright tersebut, selanjutnya kembali ke Indonesia untuk membangun negeri.

Persyaratan Khusus:

Syarat khusus yang harus kamu penuhi dalam segi akademis:

  1. Telah memiliki gelar master (S2) dibuktikan dengan ijazah
  2. Prioritas memiliki IPK minimum 3.0 (skala 4.00)
  3. Diprioritaskan skor TOEFL ITP minimum 575 atau IELTS yang setara

Dokumen aplikasi (S2/S3):


  1. Peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran beasiswa fulbright 2019-2020 aplikasi lengkap. Termasuk di dalamnya terdapat bagian satu halaman study objective. (Unduh: S2; S3)
  2. Melampirkan salinan skor ITP TOEFL atau IELTS (terbaru, yang masing berlaku kurang dari dua tahun terakhir)
  3. Terdapat surat tembusan / dua surat referensi baik itu dari dosen/profesor atau atasan tempat kerja yang mengenal Anda dengan baik 
  4. Melampirkan salinan ijazah dan transkrip akademik (Dalam bahasa aslinya beserta terjemahan ijazah maupun transkrip nilai akademik ke dalam bahasa Inggris)
  5. Salinan dokumen identitas (KTP /paspor)
  6. Curriculum vitae (CV)

Pendaftaran:

Bagi teman-teman yang telah memenuhi persyaratan diatas, telah mengisi  dan melampirkan formulir pendaftaran beasiswa luar negeri beserta berkas pendukung. Kemudian silahkan dikirimkan melalui pos, apabila dekat malah lebih bagus dengan mengirimkan berkas ke alamat berikut:

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF)
Intiland Tower, Lantai 11
Jln Jenderal Sudirman Kav. 32
Jakarta Kode Pos 10220
Tel : 021-57939085 / 9086

Demikian sedikit informasi yang dapat saya susun dalam artikel pengajuan pendaftaran beasiswa fulbright 2019-2020 yang paling lambat tanggal 15 Februari 2019. Aplikasi pendaftaran calon peserta beasiswa harus sudah diterima sebelum tanggal tersebut. Setelah itu teman-teman akan menunggu proses seleksi pemeringkatan sekaligus mengikuti wawancara yang akan diinformasikan lebih lanjut pada bulan Juni 2019.

Apabila ada pertanyaan khusus bisa langsung menghubungi nomor telfon AMINEF, bisa juga mengirimkan email di  infofulbright_ind@aminef.or.id atau melalui laman Aminef (www.aminef.or.id). Semoga sukses mengikuti seleksi beasiswa Fulbright.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar