Skip to main content

follow us

Membangun Kerajaan Bisnis Tanpa Modal dengan Affiliate Marketting



Tadi pagi saya mendapatkan pertanyaan dari teman saya, bahwa dirinya mendapatkan penawaran kerja sebagai affiliate marketing dari sebuah brand hosting via email

Menurut saya ini bukan sebuah penawaran kerjasama secara langsung. Namun lebih tepatnya bagian marketing perusahaan tersebut menjemput bola untuk untuk mendapatkan backlink dari program affiliate marketing yang mereka berikan. 

Ini bukan lagi sebuah penawaran kerjasama placement konten yang langsung dapat dicairkan fee-nya. Namun untuk mendapatkan penghasilan, penulis konten atau blogger harus mendapatkan pelanggan terlebih dahulu dari link. 

Syarat utamanya ya merekomendasikan produk atau layanan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Jika tidak ada yang klik link dan membeli produk atau layanan dari link tersebut, ya penulis tidak mendapatkan penghasilan sama sekali. Inilah yang dinamakan seni affliate markeitng. 

Membangun kerajaan bisnis tanpa modal dengan modal affliate marketing bisa dikatakan bisnis tanpa modal yang bisa diambil. Hanya perlu membangun sebuah halaman review produk atau layanan dan memberikan link rekomendasi, serta mengoptimalkan kinerja halaman situs tersebut saya kira peluangnya menjadi lebih besar mendapatkan penghasilan. 

Jadi singkatnya affiliate marketing ini, berbeda dengan placement konten pada umumnya ya.

Berdasarkan banyak survey yang dilakukan oleh digital marketin pun, sudah banyak ribuan orang yang mencari cara untuk memulai bisnis mereka di Google. Mempelajari serta membentuk konsep bisnis untuk jangka panjang. 

Adapun orang yang mencari peluang bisnis online karena mereka ingin memulai sebuah bisnis yang dirancang sendiri dan ingin terbebas dari ikatan maupun tekanan dari orang lain, bisa dikatakan ingin bekerja mandiri lah.

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik menjadi kepala cacing dibandingkan menjadi ekor naga. Pepatah ini memberikan pelajaran yang amat berarti bagi kita yang ingin menjadi pemimpin dari sebuah bisnis kecil dari pada menjadi bagian atau karyawan dari sebuah perusahaan besar. 

Apabila kita meneliti lebih jauh, ternyata masih banyak peluang bisnis diluar sana yang menunggu kita untuk menjemputnya, asalkan kita mau berusaha serta tekun mencari dan tidak mengabaikan peluang bisnis yang ada meski keuntungan yang diraihnya tidak sebesar menjadi seorang pegawai.

Salah satu bidan bisnis yang saat ini sedang berkembang pesat adalah bisnis online. Namun bisnis online merupakan sebuah bisnis yang masih memiliki cabang yang sangat banyak sekali sehingga kita harus benar-benar jeli melihat peluang yang ada. 

Perkembangan bisnis online ini tentunya harus berjalan mengikut perkembangan teknologi terlebih teknologi internet. 

Seperti yang telah saya sampaikan diatas, peluang yang mendominasi saat ini adalah bisnis affiliate marketing. Tentunya ini peluang yang besar apabila Anda seorang penulis konten, tentunya dapat mengoptimalkan penghasilan dari tulisan di website maupun blog pribadi.

Bagi seorang affiliater marketers tentu hal ini sudah sangat sering sekali bahkan paham betul bagaimana affliate itu bekerja. Adapun perusahaan-perusahaan yang mengejar bola dengan menawarkannya secara langsung kepada pemiliki blog personal atau website besar untuk menjadi bagian dari komunitas affliate marketers.

Pahami Cara Kerja Affiliate 

Pada umumnya bisnis affliate merupakan bisnis dengan model penjualan berbasis fee atau komisi bagi sales yang berhasil menjual sebuah produk maupun layanan. Jadi ketika kita sebagai blogger atau penulis konten, yang dapat menjual satu produk dari link rekomendasi inilah yang akan mendapatkan uang. 

Kebanyakan para affiliate marketing ini menjual sebuah barang non fisik bisa berupa dengan produk-produk digital misalnya video tutorial, ebook, software dan lain sebagainya. 

Meskipun tidak sedikit juga para affiliate marketers menjual produk fisik misalnya barang kebutuhan pokok misalnya produk kesehatan maupun barang elektronik. 

Program atau komunikat affiliate ini biasanya dimiliki oleh para pelaku bisnis online berupa startup toko online maupun layanan lainya seperti amazon.com, tiket.com, tokopedia.com, lazada.com dan masih banyak lainya. 

Beberapa istilah yang umum digunakan dalam bisnis affliate marketing yaitu affliater dan affliate merchant. Terlihat dari namnya sendiri, mungkin teman-teman sudah dapat menebak bahwa affliater merupakan sebuah julukan bagi orang yang menekuni bidang affliate, sedangkan untuk affliate merchant merupakan mitra yang menawarkan program affliate.   

Kadang yang membuat kita menjadi tertarik degang bisnis affliate yaitu dengan motto nya cepat kaya bersama affliate. 

Saya kira tidak ada cara instan untuk menjadi cepat kaya tanpa kerja keras. Faktanya banyak penipuan yang terlalu memberikan harapan kepada para membernya. 

Meskipun ada kemungkinan bahwa komisi yang didapatkan dari hasil penjualan produk yang kita lakukan cukuplah besar. Namun untuk untuk mendapatkan komisi yang besar perlu jam terbang serta pembelajaran serius dari affliater itu sendiri. 

Rata-rata pemberian dari komisi yang diberikan kepada affliater yang berhasil menjual produk 20% dari harga jual produk, bahkan ada juga perusahaan yang memberikan komisi maksimum 90%. 

Penghasilan 2 Juta dari Setiap Transaksi? Bisa Saja


Setiap orang punya mimpi untuk mendapatkan penghasil lebih bukan? Misalnya saja nih ada penawaran komisi penjualan 20% dari merchant. Kemudian kita berhasil menjual sebuah produk dari link rekomendasi sebesar 10 juta. Secara tidak langsung kita sudah mendapatkan komisi 2 juta dari barang tersebut. 

Semakin banyak produk yang dijual semakin banyak komisi yang akan didapatkan, terlebih kita bisa meninggalkan link rekomendasi tersebut untuk tetap menyala selagi kita melakukan kegiatan lain. Inilah investasi yang benar, hanya saja perlu kerja keras diawal untuk membangun konten.  

Selain penawaran komisi yang dijanjikan cukup besar, bisnis affliate merupakan sebuah bisnis online yang nyaris tanpa modal. Kita hanya memerlukan sebuah laptop dan terhubung di internet dan dapat bekerja kapan saja dan dimana saja untuk memantau perkembangannya.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar