Skip to main content

follow us

Mengatasi Perut Kembung dengan 5 Cara Ini

Pernah gak sih, temen-temen mengalami perut kembung? Rasanya perut itu penuh, tapi kalo di tepuk pakai tangan ada suara buk..buk..gitu.

Saya pribadi merasa tidak nyaman, pada saat perut kembung. Terlebih ketika banyak aktivitas yang saya lakukan. 

Ternyata banyak hlo, penyebab perut kembung yang pada umumnya sih tidak berbahaya. Karena kondisi perut kembung atau begah ini dapat mereda seiring waktu. 

Tapi gak ada salahnya juga dong, berusaha supaya dapat mempercepat proses penyembuhan perut kembung. Yuk, kita ulas bersama mengatasi perut kembung dengan lima cara mudah dibawah ini. 

Mengatasi Perut Kembung


1. Sengaja Sendawa atau Kentut

Saya biasanya tidak terlalu menahan diri, ketika mengalami perut kembung. Salah satunya dengan cara bersendawa maupun melepas kentut dengan damai. 

Menurut saya sih, kondisi perut kembung tidak perlu menahan angin yang akan keluar. Misalnya saja bersendawa atau kentut. Biarkan angin itu keluar dan hempaskan. 

Pada saat perut sudah merasa kencang dan tidak nyaman seperti ingin mengeluarkan gas. Maka waktu yang tepat untuk menjauhkan diri dari orang disekitar kita untuk melepaskan gas dengan sukarela. 

Teman-teman juga bisa mengeluarkan gas yang terperangkap didalam tubuh pada saat buang air besar, hempaskan sekeras-kerasnya. Jika gas sudah keluar bersamaan dengan feses tentunya kita akan merasa lebih lega. 

2. Kompres Perut dengan Air Panas

Mungkin gak perlu panas-panas amat kali ya. Kurang lebih hangat ajalah, supaya kulit gak luka. Terlebih bagi teman-teman yang memiliki banyak waktu luang dirumah, sebaiknya gunakan cara ini. 

Rendam handuk bersih ukuran kecil saja, kemudian rendam handuk tersebut kedalam baskom air panas kemudian peras hingga airnya dirasa tidak berlebihan. Lanjut kompres perut teman-teman kurang lebih 15-20 menit untuk meredakan rasa kencang diperut. 

Teman-teman juga bisa menggunakan alternatif lain, dengan cara mengisi botol plastik dengan air hangat kemudian balut dengan handuk tipis. Tempelkan pada perut kurang lebih 15-20 menit, sambil menyibukkan diri bermain game maupun membaca buku. 

Suhu hangat ini dapat melebarkan pembuluh darah pada tubuh, sehingga aliran darah segar yang beroksigen akan lebih cepat memproses otot-otot agar rileks sehingga mengurangi nyeri pada perut yang terasa kencang.

3. Lebih Banyak Bergerak

Pada saat mengalami perut kembung, jangan sekali-kali malas untuk bergerak. Paling tidak usahakan badan tetap bergerak, misalnya saja sekedar berlajan ringan 15-20 menit saja. 

Dengan berolahraga, akan membantu otot-otot lebih kendur sehingga dapat mempercepat gerakanya untuk mengalirkan kelebihan angin atau gas yang terperangkat pada perut teman-teman. 

Adapun cara lain yang bisa teman-teman coba, yaitu dengan berlatih nafas untuk merileksasi tubuh secara perlahan. Menarik nafas, tahan hingga 10 detik dalam hitungan lambat, kemudian lepaskan perlahan. 

4. Minum Teh Herbal

Meminum minuman hangat berupa teh herbal dengan campuran jahe maupun pepermint dapat mengatasi perut kembung juga hlo. 

5. Minum obat

Terakhir, jika cara-cara sebelumnya tidak cukup ampuh untuk mengatasi perut kembung. Teman-teman dapat menggunakan cara terakhir ini, yaitu membeli obat tanpa resep yang bisa didapatkan di minimarket maupun apotek.  Pilihlah obat anti kembung yang mengandung simetikon untuk membantu anda membuang gas dari tubuh. 

Demikian sedikit ulasan mengatasi perut kembung, semoga dapat memberikan manfaat.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Baca Juga : Panduan informasi menghentikan autodebet bank bri, bank mandiri, dan bank bca. cara berhenti donasi unicef
Buka Komentar