Skip to main content

follow us

Pahami Dulu Keuntungan dan Kerugian Berinvestasi Koin Emas Dinar


Tanpa sengaja di akhir pekan kemarin, saya tersesat di forum website yang memberikan pembahasan investasi dinar dan dirham.

...Setelah melihat dari berbagai sumber website berita, blog pribadi, video, saya mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi koin emas dinar dalam bentuk yang nyata. 

Kalau dilihat memang sudah banyak sih, investasi dinar dalam bentuk digital. Ini tentunya sangat..sangat beresiko sekali. 

Sebelumnya apakah teman-teman sudah mengetahui keuntungan dan kerugian berinvestasi koin emas dinar dan koin perak dirham? 

...Jujur saja dulunya saya hanya mengetahui sebuah investasi di logam muliah maupun perhiasan saja. Namun baru kali ini saya mulai mempertimbangkan untuk berinvestasi koin emas. 

Ulasan kali ini saya akan berbagi ulasan, apa yang telah saya dapatkan dari berbagai sumber tentang keuntungan dan kerugian berinvestasi koin emas dinar maupun dirham.

Berinvestasi Koin Emas Dinar dan Perak Dirham?


Teman-teman pasti sudah menyadari dan cukup paham betul beberapa penawaran investasi emas yang ada di Indonesia. Sama halnya seperti logam mulia, perhiasan emas, dalam bentuk nyata maupun investasi dalam bentuk digital. 

Apakah teman-teman sudah mengetahui informasi tentang investasi koin emas maupun perak? Pada ulasan kali ini, insya allah saya berikan ulasan lengkap mengenai koin emas dinar dan perak dirham. 

Sudah cukup banyak negara-negara yang melakukan produksi koin emas dan perak dengan design yang unik. 

Di negara Australia sendiri, ada sebuah koin emas raksasa yang mereka klaim sebagai koin terbesar yang ada di dunia. 

Bagi teman-teman yang belum melihat bentuknya, teman-teman bisa melihatnya pada video dibawah ini. Tebak ! kira-kira berapa beratnya, berapa nilainya?

YouTube Courtesy NTDIndonesian Koin Raksasa di Klaim Terbesar di Australia Dernilai Jutaan Dolar

Jika kita berbicara mengenai harga sebuah koin emas, saat ini harganya masih beragam. Tergantung dimana tempat ia dicetak. Rata-rata nilai jika di nilai dari harga rupiah, dimulai dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Kenapa kok harga Koin Emas Dinar Bisa Semahal itu?


Karena koin emas sendiri, merupakan alternatif investasi dimasa yang akan datang dan nilainya lebih besar dibandingkan dengan uang kertas yang kita miliki saat ini.

Selain itu koin emas yang langka harganya bisa mencapai miliaran rupiah. Salah satu koin emas yang termahal di dunia dengan sistem lelang, dinilai mulai dari 1,6 miliar rupiah. 

...Tentu nilai tersebut terbilang cukup fantastis.

Kalo dipikir-pikir, nilai koin emas tersebut terlalu mahal dan sangat tidak likuid. Teman-teman hanya dapat melakukan transaksi untuk mendapatkan koin tersebut dengan kolektor emas. 

...Berbeda dengan koin emas yang ada di Indonesia

Jumlah koin emas yang dicetak di Indonesia pada tahun 2001 dengan sebutan koin emas satu abad bung Karno. Itupun dicetak dalam jumlah terbatas untuk mengenang peristiwa sejarah di Indonesia. 

Sehingga teman-teman tidak perlu heran, jika koin tersebut tidak dijual di toko-toko emas yang ada di pasaran. 

Koin Emas yang Satu Ini Namanya Dinar


Nah berbeda dengan emas-emas yang disimpan para kolektor dunia. Koin emas yang satu ini menurut hukum syari'ah islam merupakan jenis uang emas murni yang memiliki kandungan emas 22 karat.

Sesuai syari'at koin emas ini memiliki berat 1 mitsqal atau 4,25 gram. Alhamdulillah di Indonesia sudah ada perusahaan yang mencetak koin emas Dinar. Berikut ini beberapa peruhaan yang mencetak koin emas 1 Dinar. 
  • Dinar ANTAM
  • Dinar First
  • Dinar Wakala Induk Nusantara

Kira-Kira Apa saja Sih, Kelebihan Berinvestasi Koin Emas Dinar?

Koin emas Dinar memiliki nilai-nilai dakwah, karena sebuah alat tukar jual beli yang sesuai dengan syariat islam. Koin emas Dinar juga digunakan sebagai mahar ketika seorang lelaki meminang perempuan pada zaman nabi. 

Nilai jual kembali koin emas dinar pun terbilang stabil dan cukup tinggi, di masa uang kertas yang masih berlaku saat ini. 

Sifat dari koin emas dinar ini seperti mata uang logam, dinar dapat dipecah memiliki unit account. Misalnya saya memiliki 10 Dinar dan ada sebuah kebutuhan tertentu misalnya membeli domba, dan domba tersebut bernilai sama dengan 1 Dinar. 

Maka dari itu saya menjual 1 Dinar dan tetap menyimpan 9 Dinar sisanya. 

Kekurangan Berivestasi Koin Emas Dinar 


Sementara ini koin emas dinar nilainya tidak likuid apabila dibandingkan dengan emas logam mulia atau emas perhiasan yang digunakan oleh perempuan berupa cincin, gelang, kalung, anting-anting. 

Untuk koin emas Dinar ini, ketika teman-teman terdesak suatu kebutuhan dan ingin mengjual koin emas Dinar. Teman-teman dapat menjualnya di bank syariah maupaun pegadaian. 

Saat ini biaya mencetak dinar masih cukup tinggi kurang lebih sekitar 3% hingga 5% harga jual. Hal ini membuat beberapa orang masih keberatan untuk berinvestasi dinar. 

Hal-Hal Apa Saja yang Perlu diperhatikan Pada Saat Berinvestasi Dinar?


Berikut ini beberapa nasehat dari teman-teman yang sudah memulai berinvestasi emas Dinar:
  • Menentukan tujuan utama berinvestasi koin emas dinar. Hal ini mencakup rencana keungan Anda untuk berinvestasi, serta pertimbangan-pertimbanganya. Jangan sampe berinvestasi karena ikut-ikutan saja alias iseng. Berinvestasi sesuai dengan kemampuan, sesuai rencana, agar teman-teman lebih konsisten dalam berinvestasi. 
  • Seorang investor harus memiliki keyakinan, bahwa nilai investasi dinar yang masih fluktuatif membuat teman-teman gagap. Hari ini beli, tiba-tiba besok di jual. Karena jenis investasi ini memang untuk jangka panjang. 
  • Belilah koin emas Dinar yang memiliki sertifikat resmi seperti halnya koin emas 1 Dinar yang dicetak oleh PT. Antam. Diharapkan dengan bekal tersebut, teman-teman dapat menjualnya kembali dengan cara yang lebih mudah. Karena dengan modal sertifikat tersebutlah calon pembeli merasa yakin bahwa koin emas dinar tersebut asli. 
  • Gunakan uang yang sudah teman-teman sisakan atau persiapkan alias uang dingin. Hal ini agar teman-teman merasa tidak terbebani pada saat berinvestasi koin emas dinar. 
  • Simpan koin emas Dinar tersebut ditempat yang aman, misalnya saja di deposit box atau brankas yang teman-teman miliki. 

Investasi Koin Emas Dinar dan Perak Dirham Merupakan Alternatif Investasi Logam Emas


Apabila teman-teman memang jenis orang yang suka berinvestasi emas tidak ada salahnya untuk mencoba berinvestasi koin emas dinar dan perak dirham. 

Bisa juga menggunakan koin emas dinar dan perak dirham sebagai mahar kawin. Sehingga bisa disimpan oleh istri untuk investasi jangka panjang. 

Silahkan teman-teman pertimbangkan sendiri, ingin berinvetasi koin emas dinar atau perak dirham. Semoga sedikit ulasan diatas dapat memberikan manfaat, serta sebagai bahan pertimbangan untuk berinvestasi koin emas dinar dan perak dirham. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info