Skip to main content

follow us

11 Layanan Pinjaman Tunai Tanpa Kartu Kredit, Persyaratan Mudah dan Proses Cepat

Anda ingin mendapatkan pinjaman dana dari bank? Tapi susah, karena banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Tenang kawan, saat ini sudah banyak layanan yang bisa menjadi alternatif untuk meminjam uang tanpa harus ribet dengan persyaratan yang ada.

Saya akan mengulas, setidaknya ada 11 pinjaman KTA tanpa kartu kredit dengan persayaratan yan mudah dan proses yang cepat.

Bagi anda yang tidak ingin frustasi karena ribetnya pengajuan KTA ke bank, apalagi tidak memiliki kartu kredit. Mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda gunakan.

Bank memiliki persyaratan pengajuan KTA dengan syarat memiliki kartu kredit. Tanpa memiliki kartu kredit, pengajuan kredit sudah pasti akan ditolak mentah-mentah.

Persyaratan tersebut cukup menyulitkan karena 2 hal dibawah ini: 

  • Masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit sudah pasti tidak dapat mengajukan form KTA. Sementara itu, pengguna kartu kredit bank pun sangat sedikit karena proses seleksi kepemilikan kartu kredti yang ketat. 
  • Akses kredit untuk masyarakat pun diberikan terbatas, tertama bagi mereka yang belum pernah memiliki catatan pinjaman ke bank yang akan menjadi mustahil untuk dapat mengajukan KTA di bank. 
Saya sendiri pernah mencoba untuk sekedar melihat lihat, beberapa bank yang menawarkan KTA tanpa kartu kredit, namun setelah dipahami lebih lanjut ada beberapa persayaratan yang tidak mudah untuk dipenuhi. 

Contohnya saja, misalnya bank A memberikan persyaratan transaksi tabungan rekening bank 3 bulan terakhir, slip gaji terakhir dan NPWP sebagai pengganti kartu kredit. 

Ada beberapa situs keungan yang juga saya temukan di halaman pencarian Google, yang memberikan penawaran pinjaman KTA tanpa kartu krdit. Akan tetapi yang ditemukan sama saja, saya kecewa dengan hasil pencarian tersebut karena layanan pinjaman yang ditawarkan tersebut hanya menawarkan satu KTA saja yang tanpa menggunakan kartu kredit, dan itupun masih dimiliki dan dikelola oleh bank yang tetunya memiliki persyaratan yang sama ketatnya. 

11 Pinjaman Tunai Tanpa Kartu Kredit 


Dalam situasi pasar yang semakin tinggi ini, selalu akan ada peluang usaha baru, karena potensi permintaan kredit KTA dari pengguna/masyarakat yang tidak memiliki kartu kredit dari bank. Dan ini tentu sangat tinggi sekali. 

Pengguna kartu kredit di Indonesia saat ini kurang lebih 10 juta orang, dan artinya masih ada ratusan juta orang yang tidak memiliki kartu kredit. Sehingga akan muncul pasar baru dengan menawarkan KTA tanpa kartu kredit dengan syarat mudah, proses cepat. 

Karena saya sendiri sangat penasaran, saya mengumpulkan bahan dan informasi sendiri, hasilnya cukup menarik dan sesuai dengan kebutuhan saat ini. 

Saya mengumpulkan 11 layanan pinjaman tunai tanpa kartu kredit, yang tersedia di Indonesia saat ini. ke sebelas ini tidak meminta pesyaratan kartu kredit dalam form pendaftaranya. 

Siapa saja Mereka?

Mereka berasal dari perusahaan Fintech yang memberikan penawaran layanan KTA Online, yang memanfaatkan teknologi Big Data untuk membantu mereka mengevaluasu kredit, tanpa harus memerlukan data dari kartu kredit. 

11 nama, layanan pinjaman tunai tanpa kartu kredit yang saya kumpulkan adalah berikut ini:

#1 Kredivo 


Dengan kredivo anda dapat melakukan pembelian barang di beberapa toko online besar di Indonesia, dalam tempo waktu 30 hari hingga cicilian 12 bulan di 200+merchant. Serasa punya kartu kredit sakti kan?

Untuk melakukan pendaftaran anda dapat mendownload aplikasi kredivo di playstore dan app store. Masukan beberapa informasi pribadi Anda sebagai persyaratan menjadi user pinjaman KTA. 

Limit pengajuan pinjaman pun cukup tinggi, Anda dapat melakukan pembayaran dalam 30 hari dan  mendapatkan limit pinjaman kurang lebih 3 juta rupiah. Adapun dengan verifikasi tanpahan Anda bisa mendapatkan limit pinjaman hingga 20 juta rupiah. Anda juga dapat melihat batas transaksi cicilan dihitung secara terpisah dan transparan di dalam aplikasi kredivo. 

#2 UangTeman



Situs UangTeman sendiri sudah pernah saya lihat dari beberapa periklanan. UangTeman sudah menjadi pelopor pinjaman online sejak tahun 2015. Memberikan pinjaman dana dari 1 hingga 6 juta rupiah dan wajib dilunasi dalam periode 10 hari hingga paling lama 30 hari. 

Proses pinjaman ini dilakukan 100% online tanpa adanya tatap muka dan juga tidak ada persyaratan informasi kartu krdit dalam pengajuan form pendaftaranya. Hanya menggunakan KTP dan selfie foto saja. 

Pinjaman dari UangTeman sendiri bersifat harian karena bunga dihitung harian dalam periode waktu pinjaman yang dipilih. Keuntungan menggunakan layanan pinjaman ini, pelunasan dipercepat dan tidak dikenakan biaya denda tapi hanya menghitung bunga  harian berdasarkan hari pinjaman yang sudah dilakukan. 

#3 RupiahPlus



Layanan pinjaman tunai dari RupiahPlus ini bisa dikatakan uni, karena mengandalkan aplikasi mobile untuk mengajukan pinjaman, dan perlu diketahui bahwa pengajuan pinjaman tidak dapat dilakukan melalui website official. 

RupiahPlus memberikan 2 jenis pinjaman dalam jumlah kecil, yaitu kisaran 600 ribu hingga 1,2 juta rupiah dengan dua masa pembayaran pinjaman tunai 7 hingga 14 hari. 

Dokumen yang di perlukan untuk pengajuan aplikasi pinjaman tunai tanpa kartu kredit. Tetapi dalam proses pengajuan calon nasabah harus melakuakan verifikasi dengan perekaman via video call, untuk itu calon nasabah harus memiliki sinyal bagus dan paket data yang memadai untuk melakukan verifikasi nasabah. 

#4 Tunaiku



Tunaiku merupakan layanan pinjaman online tanpa kartu kredit yang dilimiki oleh Bank Amar. Jumlah pinjaman yang bisa didapat oleh penggunan kisaran 2 juta hingga 15 juta dengan masa cicilan paling lama 12 bulan. 

Meskipun layanan ini dikelola oleh bank, Tunaiku tidak meminta kartu kredit sebagai persyaratan pengajuan form pendaftaran. 

Menurut saya ini sudah sewajarnya diikuti oleh produk layanan pinjaman online, dengan mengikuti alur serta syarat pendaftaran mengikuti umumnya perusahaan Fintech. 

Karena bagian dari bank, proses di Tunaiku mengharuskan staff mereka untuk dapat memverifikasi dan memberikan kontrak asli agar dapat ditandatangai oleh nasabah. Proses ini yang menurut saya berbeda dengan umumnya fintech non bank yang memproses melalui 100% via aplikasi online tanpa tatap muka secara langsung. 

#5 DrRupiah

Drrupiah salah satu layanan pinjaman tunai online tanpa kartu kredit yang model bisnisnya sama dengan UangTeman.com. 

Drrupiah memberikan tawaran pinjaman dengan tenor maksimal 30 hari serta tidak memberikan persyaratan kartu kredit dalam pendaftaranya. 

Jumlah pinjaman yang diberikan hanya berskisar 1 hingga 8 juta rupiah, yang wajib di bayar lunas tepat waktu. 

Meskipun layanan pinjaman tunai Drrupiah mengandalkan kecepatan dan kemudahan, tetapi pinjaman uang dari Drrupiah dikenakan bunga yang cukup tinggi, sekitar 40% per bulan ditambah lagi jika melakukan peluanasan yang dipercepat maka semua bunga sampai jatuh tempo harus dibayar penuh. Menurut saya ini perlu anda pikirkan lebih dalam lagi, mengingat bunga yang ditawarkan cukup besar. 

#6 TunaiKita



TunaiKita bisa dikatakan sebuah produk layanan pinjaman tunai tanpa kartu kredit yang masih baru. Backup mereka meruapan perusahaan fintech yang berpengalaman di China yaitu WeCash. 

Pinjaman tunai yang bisa didapatkan kurang lebih 1 hingga 10 juta rupiah dengan masa cicilan maksimal 6 bulan.

Untuk menikmati layanan pinjaman tunai dari TunaiKita, anda tidak dikenakan syarat informasi kartu kredit. Namun untuk proses pinjaman harus dilakukan melalui aplikasi smartphone dan tidak ada pengajuan pinjaman melalui situs official. 

Dalam proses pengajuan, calon nasabah harus memastikan bahwa jaringan internet yang cukup cepat dan paket data internet yang mencukupi. Karena ketika saya mencoba untuk registrasi ada beberapa langkah pendaftaran yang membutuhkan waktu yang cukup lama loadingnya. 

#7 KreditCepat


KreditCepat sebuah layanan pinjaman tunai online yang mulai hadir di awal tahun 2017. Mereka menawarkan pinjaman tunai 500 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Dalam pengajuan daftar pinjaman tidak diperlukan informasi kartu kredit. Hanya saja, calon nasabah perlu memberikan informasi slip gaji dan eKTP sebagai persyaratan utamanya.

Saat ini wilayah KreditCepat hanya melayani pinjaman di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Belum ada perluasan wilayah sejah mereka mulai berdisi, mungkin saja ketika mereka sudah berkembang, akan ada rencana perluasan layanan pinjaman tunai tanpa kartu kredit di seluruh wilayah Indonesia.

#7 Pedeku


Pedeku adalah pinjaman online yang pualing baru. Produknya kurang lebih juga hampir sama dengan produk pinjaman online yang ditawarkan oleh UangTeman dan Drrupiah.

Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai tanpa kartu kredit kurang lebih 1 juta hingga 3 juta rupiah saja, dan Anda diwajikan untuk mengembalikan dana pinjaman tersebut dalam waktu paling lama hanya 30 hari.

Dokumen yang disyaratkan untuk mendapatkan pinjaman tunai, nasabah harus berusia lebih dari 21 tahun dengan penghasilan bersih minimal 2,5 juta rupiah dalam sebulan. Pedeku hanya perlu memverifikasi data hanya memerlukan waktu 1x24 jam dan anda akan menerima pemberitahuan penolakan ataupun persetujuan aplikasi pinjaman dari pihak Pedeku.


#8 Akulaku


Akulaku berbeda denan pinjaman tunai tanpa kartu kredit lainya, karena hanya menawarkan pinjaman untuk pembelian barang di situs mereka. Akulalu juga memberikan tempo pengembalian atau cicilan pinjaman paling lama 9 bulan.

Slogan dari Akulaku "Nikmati Belanja tanpa kartu kredit diAKULAKU". Jadi sudah jelas kartu kredit tidak menjadi syarat untuk mengajukan kredit atau pinjaman dana untuk berbelanja.

Namun, Akuaku tidak memberikan pembiayaan 100% karena sebagian harus ditanggung oleh pembeli bisa dikatakan uang muka untuk pembelian barang.

#10 Cicil

Layanan pinjaman online dari Cicil.co.id ini, pasarnya ditujukan untuk kalangan mahasiswa. Biasanya mahasiswa yang mengajukan pinjaman tunai ke bank maupun lembaga keuangan lain sering ditolak, karena masalah belum punya penghasilan tetap.

Cicil.co.id memberikan fasilitas pinjaman kredit untuk pembeian disitus e-commerce yang sudah bekerjasama dengan mereka.

Untuk mendapatkan layanan cicil.co.id Anda tidak disayratkan kartu kredit untuk mengajukan pinjaman. Akan tetapi peminjam harus membayar uang muka terlebih dahulu kepada merchant, yaitu sebesar 10% dari harga pembelia barang, baru nantinya pihak Cicil.co.id dapat memproses pengajukan pinjaman Anda.

Dengan begitu, jumlah cicilan maksimum 90% dari harga pembelian barang. Kemudian syarat dan ketentuanya mahasiswa yang mengajukan cicilan harus mahasiswa aktif serta wajib memiliki KTP dan KTM.

#11 Julo

Julo menawarkan layanan pinjaman tunai tanpa kartu kredit dari nominal 1 hingga 8 juta rupiah.

Pengajuan pinjaman dapat dilakukan melalui aplikasi smartphone Anda. Ada dua jenis layanan kredit yang ditawarkan.

  1. Cicilan pinjaman dana maksimal 8 juta masimal pengembalian selama 6 bulan. 
  2. Pinjaman 1 juta rupiah dikembalikan dalam tempo 30 hari. 
Meskipun pengajuan pinjaman tanpa menggunakan informasi kartu kredit, julo juga memberikan persyaratan umum bagi peminjam yang memiliki penghasilan miminum 3 juta rupiah perbulan, dan berdomisili DKI Jakarta.

Kesimpulan

Hasil penelusuran saya, terkait layanan pinjaman KTA tanpa kartu kredit sudah banyak tersedia. Bahkan ada kemungkinan layanan-layanan tersebut bertambah lagi denga beragam kemudahan yang ditawarkan. 

Anda yang sebelumnya kesulitan mendapatkan pinjaman dana untuk menambah biaya produksi usaha, berbelanja kebutuhan, dan lain sebagainya. Kini sudah dapat melakukan pinjaman tanpa kartu kredit, persyaratan mudah dan proses yang cepat. 

Namun dengan hadirnya alternatif  kemudahan mendapatkan pinjaman, jangan sampai membuat Anda jadi terburu-buru untuk mengambil salah satu layanan kredit. Perlu mempertimbangkan plus minus, serta paham akan kemampuan Anda dalam membayar cicilan demi kesehatan keuangan keluarga. Semoga ulasan tersebut dapat memberikan manfaat. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info