Skip to main content

follow us

Konsultan Pemasaran Online Murah Tapi Bukan Murahan

Saya Agung Betariko, freelance blogger sekaligus konsultan pemasaran di Kota Pati. Memiliki kemampuan yang cukup dalam bidang pemasaran online, digital maupun konvensional, dan tentunya saya akan menyampaikan beberapa pesan penting untuk Anda pada halaman ini.

Jika Anda seorang pelaku atau pengelola sebuah bisnis yang memiliki skala kecil maupaun besar, saya memiliki prediksi bahwa dalam waktu dekat ini bisnis Anda akan dinyatakan TUTUP.

Dan saya sangat serius mengatakan hal ini. Karena sudah pasti akan terjadi pada bisnis Anda, KECUALI jika anda dapat memahami tentang pentingnya pemasaran, dan seberapa penting hal ini untuk bisnis Anda.

Sebenarnya sangat mudah untuk mempelajari serta memahami mengapa pemasaran sangatlah penting untuk bisnis Anda, karena tanpa adanya aktivitas pemasaran tak akan pernah ada pelanggan, sehingga bisa dikatakan tidak ada pelanggan tak ada pendapatan, tak ada pendapatan dari bisnis berarti tidak ada bisnis.

Jika Anda saat ini hanya mengandalkan sebuah bisnis untuk menjadi satu-satunya pipa untuk memberikan pemasukan Anda, bisa disimpulkan bahwa Anda tidak bisa mendapatkan penghasilan beberapa saat jika hal tersebut terjadi.

Singkatnya, jika Anda tak melakukan aktivitas pemasaran maka hanya tinggal menunggu waktu bisnis yang Anda kelola gulung tikar.

Salah satu yang menjadi alasan kenapa cukup banyak bisnis besar tutup hanya dalam beberapa tahun setelah dibuka. Salah satu yang menjadi alasan tersebut adalah karena pemilik bisnis atau siapapun yang di bayar oleh pengelola bisnis tersebut tidak memahami bahkan tidak mengetahui akan pentingnya aktivitas pemasaran.

Sebenarnya pemasaran itu kebutuhan utama, namun sebagian pebisnis lebih memilih untuk memangkas biaya pemasaran untuk kebutuhan operasional yang lebih remeh dan bisa dikatakan tidak terlalu penting, dengan alasan untuk pengehematan biaya operasional bisnis.

Sekali lagi, tanpa adanya aktivitas pemasaran yang tepat, tidak akan pernah ada cashflow yang segar yang mengalir masuk.

Tanpa adanya cashflow (aliran kas) yang lancar, pengelola bisnis akan berjuang keras untuk membayar sewa tempat bisnis, membayar gaji pegawai, dan tagihan rutin operasional.

Seperti ulasan diatas, tanpa adanya aktivitas pemasaran, bisnis hanya tinggal menunggu waktu untuk jatuh atau bangkrut.

Tentu sebagai pengelola serta pemilik bisnis, yang telah Anda perjuangkan dari awal dengan jerih payah tiba-tiba tutup dan bangkrut.

Andaikan Anda mampu, tentu memiliki harapan agar tiap bisnis yang Anda buat bisa bertahan, terus tumbuh, serta dapat berkembang dan memberi sumber penghidupan banyak orang.

Agar hal tersebut dapat terjadi, maka Anda membutuhkan team pemasaran yang jenius, solid, dan tepat sasaran tentunya. Sehingga mampu memberikan hasil bisni yang Anda kelola banjir order setiap harinya.

Jika Anda sudah cukup lama berada di industri Anda, saya yakin Anda mengetahui perbedaan antara perusahaan yang berhasil dan perusahaan yang mengalami kegagalan. Perbedaanya bisa dilihat dari aktivitas pegawainya...

Jika tidak ada aktivitas kesibukan di suatu usaha, pegawainya nganggur, hanya berdiam diri atau sekedar ngobrol dengan pegawai lainya, bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut mengalami kemunduran alias tidak banjir order. Tidak ada aktivitas permintaan pasar yang cukup, sehingga tidak ada kesibukan atau aktivitas produksi.

Sebaliknya, jika lingkungan perusahaan yang setiap individu pegawainya memiliki kesibukan masing-masing untuk menangani setiap pesanan dari klien, sibuk melayani permintaan atau kebutuhan pelanggan, hingga mengerjakan proses produksi, bisa dikatakan bahwa perusahaan tersebut telah berhasil.

Singkatnya perusahaan yang pegawainya memiliki kesibukan melayani permintaan pelanggan membuktikan bahwa perusahaan tersebut banyak permintaan, sehingga banyak produksi, dan aliran dana yang sehat.

Perananan dalam pemasaranlah yang dapat menjadikan suatu usaha dapat dikenal, diminati serta dapat menjaga eksistensi bisnis tersebut.

Ruang Lingkup dari Kegiatan Pemasaran

Beberapa orang salah paham tentang pemasaran dengan sales maupun penjualan.

Pemasaran lebih dari sekedar melakukan aktivitas penjualan. Pemasaran memiliki ruang lingkup yang lebih besar, meliputi relasi publik, periklanan, customer service, press release, dan masih banyak lagi.

Transaksi jual beli memanglah penting, melakukan kegiatan periklanan berbayar juga penting, tapi hal-hal semacam itu sebenarnya hanya bagian kartu dari hal yang lebih penting lainya, yakni kegiatan pemasaran secara menyeluruh untuk mempertahankan eksistensi bisnis.

Keseluruhan dari apa yang saya sampaikan diatas, tingkat penjualan terus menerus dengan jumlah yang cukup banyak akan menyelesaikan lebih banyak masalah, meskipun kondisi perusahaan yang Anda kelola dalam kondisi yang bisa dikatakan berantakan.

Selama perusahaan memiliki aliran kas yang sehat dari penjualan yang berkesinambungan dalam jumlah banyak, secara umum perusahaan dalam kondisi prima atau baik-baik saja.

Cara Konsultan Pemasaran Dapat Membantu Bisnis Anda

Setiap konsultan pemasaran memiliki teknik masing-masing, dan diluar sana banyak sekali yang menawarkan diri menjadi konsultan pemasaran. Namun dari sekian banyak konsultan pemasaran tersebut hanya segelintir saja yang mampu melakukan lebih dari sekedar menawarkan jasa periklanan berbayar yang justru dapat mengakibatkan biaya operasional Anda membengkak.

Umumnya konsultan pemasaran yang memiliki keahlian pemasaran, dan benar-benar ahli dalam pemasaran. Tahapan pertama ia akan menganalisis terlebih dahulu kondisi perusahaan atau bisnis Anda saat ini.

Konsultan pemasaran akan mengukur tingkat pertumbuhan, dan memberikan solusi untuk membantu meningkatkan produktifitas perusahaan Anda. Akan sangat mustahil bagi seorang konsultan pemasaran, kecuali Anda memiliki komitmen untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Setiap masalah akan dibenari satu per satu, membuat rencana aksi dan mengubahnya menjadi goal. Setiap goal berisi deadline dan beberapa langkah konkrit untuk mencapai setiap goal tersebut.

Tak jarang dari setiap rencana yang ada tersebut, jika diterapkan dan diimplementasikan dengat tepat tanpa ada kesalahan, hasilnya akan jauh melebihi goal dan ekspetasi yang diinginkan.

Apakah Biaya Jasa Konsultan Pemasaran itu Membutuhkan Biaya yang Besar (Mahal)?

Khususnya jika Anda pengelola bisnis baru, bisa jadi ukuranya mahal. Umumnya sebuah bisnis yang baru di bentuk, tidak ada banyak hal yang bisa diperbuat, hampir tidak ada bedanya dengan kuburan. Produksi sepi, hampir tidak ada kegiatan di perusahaan. Pegawai yang ada pun luar biasa nganggur, ada yang sekedar browsing-browsing tidak jelas, nonton video, dan bahkan kebanyakan dari mereka tidak ada satupun yang memiliki inisiatif ide sama sekali untuk menjalankan bisnis.

Dalam kondisi ini, biasanya aliran kas bisnis maupun pemilik sangat mengkhawatirkan, dan perusahaan tidak memiliki anggaran lebih untuk konsultan pemasaran.

Jika perusahaan Anda masuk dalam deskripsi yang saya sampaikan diatas, bisa jadi konsultan pemasaran sangatlah mahal untuk Anda.

Tapi saya tidak mengatakan ini adalah akhir dari segalanya. 

Konsultan pemasaran menghidupi dirinya dengan menjual solusi pemasaran kepada tiap-tiap klien. Setiap masalah-masalah seperti inilah yang merupakan bahan belajar yang sangat bagus untuk para konsultan pemasaran.

Semakin banyak klien, semakin banyak masalah yang mereka hadapi dan berhasil mereka tuntaskan, akan semakin tinggi pula reputasi seorang konsultan pemsaran.

Bahkan jika Anda beruntung, beberapa konsultan pemasaran memberikan layanan gratis untuk jasa konsultasi pemasaran dengan menggantinya berupa imbalan bagi hasil atas keberhasilan usaha Anda. Tapi untuk kondisi seperti itu sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan konsultan pemaran yang ingin Anda ajak untuk kerjasama dan bagi hasil atas keberhasilan usaha Anda.

Disamping itu, jika usaha Anda telah mengalami kemajuan yang cukup, aliran kas lancar, dan kebutuhan yang Anda inginkan selanjutnya hanyalah peningkatan produksi dari yang sudah ada.

Beberapa juta yang Anda keluarkan untuk jasa konsultan pemasaran merupakan harga yang cukup masuk akal sebagai ucapan terima kasih karena telah berhasil mengembangkan bisnis Anda dengan keuntungan puluhan juta bahkan ratusan juta, berbeda dengan kondisi sebelumnya.

Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Jasa Konsultan Pemasaran Seperti Saya?

Secara menyeluruh, jika bisnis Anda saat ini berada dalam situasi yang datar atau stagnan, tidak ada pergerakan atau perkembangan sama sekali selama kurang lebih 4-7 bulan terakhir,  maka sudah saatnya Anda membutuhkan seseorang yang mampu memberikan motivasi bisnis untuk meningkatkan bisnis Anda. 

Bisa meminta nasehat kepada siapapun itu yang menurut Anda lebih tahu dari diri Anda dalam bidang pemasaran. Tidak harus menggunakan jasa konsultan pemasaran saja. Seorang motivator, trainer, guru kesayangan, bahkan keluarga bisa jadi sumber jadi motivasi akan hal ini. Lebih baik lagi, jika Anda memiliki teman yang sudah lama terjun di dunia bisnis, Anda bisa menanyakan solusi dari permasalah yang Anda alami. 

Untuk sebagian orang seperti Anda, nasehat dari orang-orang inilah yang bisa jadi sangat cukup untuk mendongkrak motivasi dan bisnis Anda. Tapi untuk sebagian orang, bisa jadi membutuhkan lebih dari sekedar nasehat. 

Bagi Anda, jika masih merasa kesulitan untuk mengubah nasehat yang Anda dapatkan, menjadi sebuah goal dan rencana-rencana yang terukur untuk mencapai tahapan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Maka disitulah peranan konsultan pemasaran sangat Anda butuhkan. 

Banyak orang yang paham betul bagaimana caranya memancing ikan, hanya meleparkan kail berisi umpan di sebuah kolam ikan (yang pasti ada ikanya), goyangkan joran pancing kalo perlu tarik perlahan untuk menarik minat ikan. Kemudian menunggu beberapa saat hingga umpan dimakan ikan, tinggal hentakkan saja joran untuk mengaitkan kail di bibir ikan. Selanjutnya tinggal menarik ikan hingga ke tepian kolam

Hampir semua orang mengetahui cara memancing. Tapi berapa orang saja yang memahami teknik-teknik memancing yang baik dan benar?

Begitu juga denga para pelaku bisnis dalam pemasaran. Anda bisa membaca buku, bahkan membeli banyak buku yang berisi tentang pemasaran dan paham keseluruhan dari teori di buku tersebut. Karena Anda tidak membiasakan diri dengan pemasaran secara langsung, bisa dikatakan sebenarnya Anda tidak benar-benar memahami cara memasarkan dari teori-teori tersebut. 

Ketika Anda telah mengetahui bisnis yang Anda kelola dalam kondisi datar, stagnan, padahal Anda mengetahui bahwa bisnis yang Anda jalani sebenarnya bisa berhasil lebih dari ini. Tapi masalahnya Anda tidak mengetahi apa langkah yang tepat untuk membawa bisnis Anda ke tingkat yang Anda inginkan, maka dari itu sudah waktunya Anda membutuhkan konsultan pemasaran seperti saya. 

Kenapa Anda Harus Bekerjasama dengan Saya Daripada Konsultan Pemasaran Lainya?

Alasanya cukup sederhana, karena saya merasa mungkin saya ini lebih baik dari kebanyakan (70%) konsultan pemasaran yang ada. Saya tidak memasang harga khusus, keinginan saya hanya ingin membantu para pelaku bisnis untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Di awal halaman ini, apakah Anda menyadari bahwa saya menuliskan artikel yang merupakan bagian dari personal branding saya sebagai konsultan pemasaran? Karena saya tengah menawarkan diri saya kepada Anda.

Jika saya berhasil membawa diri Anda membaca hingga baris ini, maka saya telah berhasil membuat diri Anda cukup mengenal, merasa nyaman, percaya dengan apa yang telah saya sampaikan, dan memilih untuk melanjutkan membaca, meski Anda sebenarnya sudah mengetahui pada halaman ini Anda membaca iklan penawaran konsultan pemasaran dari saya. 

Berapa banyak orang yang dapat membuat seseorang penasaran dan doyan membaca iklan? Mungkin hanya beberapa orang saja kan?

Itulah salah satu keahlian saya dalam merangkai kata-kata. Jika Anda membutuhkan iklan dengan tingkat respon yang tinggi tanpa terlihat aneh, norak, bahkan terlihat memaksa, maka sekarang Anda sudah cukup mengenal tentang diri saya untuk bekerjasama.

Bagi Anda yang ingin sedekar bertanya-tanya, ataupun ingin menghubungi saya secara langsung silahkan hubungi saya di halaman kontak.

Note: Harap, jika mengirim pesan perkenalkan diri Anda terlebih dahulu. Agar saya tidak beranggapan yang mengirim pesan orang asing yang iseng. Karena saya sering menggunakan aplikasi chatting telegram tersebut untuk berkomunikasi dengan banyak orang setiap harinya. Saya akan berusaha, secepatnya membalas pesan Anda.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info