Skip to main content

follow us

Tukar Uang Baru untuk Bagi-Bagi Rejeki THR

Saya udah dapat pesan dari keponakan, bilang gini,"Om kapan pulang? Kalo pulang bawa oleh-oleh. Ditunggu juga THR nya ya"

Dulu kita merasakan gimana bahagianya terima uang dari keluarga dan kerabat. Gak terasa banget waktu begitu cepat berlalu, sekarang gantian kita yang berbagi rejeki dengan keponakan dan orang-orang sekitar kita.

THR buat ponakan tu udah kayak ritual tahunan yang mesti dilaksanakan. Entah ada rejeki banyak maupun dikit, tetap THR untuk keponakan-keponakan tercinta selalu diusahakan ada.

Sudah banyak orang yang berbondong-bondong menukarkan uang baru pecahan kecil di bank. Dari pada menukarkan uang di pinggir-pinggir jalan yang bersiko menerima uang palsu, mending lakukan penukaran uang yang diselenggarakan langsung oleh Bank Indonesia.

Kalo gak membagikan uang baru saat lebaran, rasanya kurang gimana gitu. Maka bagi-temanteman lain yang ingin mendapatkan uang receh baru sebelum tiba sebaiknya segera lakukan penukaran uang di beberapa tempat layanan BI, perhatikan bagaimana prosesnya dan ketentuan penukaran uang agar dapat berjalan dengan lancar.

Cash yang disediakan BI tahun ini total Rp 188,2 triliun atau bertambah Rp 21,2 triliun dibanding dengan tahun sebelumnya.

Penambahan persediaan uang cash pada lebaran tahun ini dikarenakan jumlah hari cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah terhitung cukup panjang.

Sehingga perayaan Idul Fitri pada hari libur ini tentu sangat panjang, total hari libur cuti bersama 12 hari jika dihitung dengan hari Sabtu dan Minggu. Mulai dari tanggal 9 Juni hingga 20 Juni 2018.

Ketahui Syarat dan Ketentuan BI Penukaran Uang Pecahan Baru

Syarat dan ketentuan yang diberkan BI untuk menukarkan uang pecahan baru cukup mudah. Prosesnya pun lebih cepat, mudah dan aman tentunya. Namun itu juga tergantung jumlah antrean panjang para peserta penukaran uang. Jika antrean panjang, tentu kita harus sabar menunggu lama untuk menukarkan uang. 

Adapun hal yang lebih penting untuk dicermati adalah ketentuan dan syarat yang berlaku untuk penuakaran uang receh baru ini. Jangan sampai ketika nanti Anda sudah mengantri lama, kemudian mendapatkan giliran untuk menukarkan uang ternyata di tolak. Bahkan mungkin saja Anda tidak bisa menukarkan uang sesuai keinginan Anda. 

Syarat dan Ketentuan yang Berlaku untuk Penukaran Uang Recehan Baru di BI

  1. Membawa identitas kartu tanpa penduduk (KTP)
  2. Satu identitas diri hanya berlaku untuk satu kali penukaran uang pecahan baru
  3. Limit penukaran uang masikmal hanya diperbolehkan Rp 3,7 juta
  4. Penukarana uang pecahan baru Rp 20 ribu, siapkan uang cash Rp 2 juta
  5. Penukaran uang pecahan baru Rp 10 ribu, siapkan uang cash Rp 1 juta
  6. Penukanan uang pecahan baru Rp 5 ribu, siapkan uang cash Rp 500 ribu
  7. Penukaran uang pecahan baru Rp 2 ribu, siapkan uang cash Rp 200 ribu
  8. Penukaran uang pecahan baru Rp 1 ribu, siapkan uang cash Rp 100 ribu
Nah setelah mengetahui jumlah penukaran yang sesuai dengan uang pecahan beru tersebut, jangan lupa membawa uang dalam jumlah sesuai syarat dan ketentuan tersebut. Apalagi nih, untuk proses penukaran uang pecahan baru ini tidak dipungut biaya tambahan alias gratis. 

Misalkan seperti ini,

Joko ingin mendapatkan uang pecahan Rp 10 ribu, ternyata Joko hanya membawa uang tunai sebanyak 300 ribu. Tentunya Anda tidak memenuhi syarat untuk menukarkan uang dengan pecahan baru Rp 5 10 ribu karena 1 pak pecahan Rp 10 ribu itu senilai Rp 1 juta.

Sehinga mau tidak mau maka Joko harus menukarkan uangnya dengan pecahan Rp 2 ribu untuk uang yang dibawanya sejumlah Rp 200 ribu, kemudian uang Rp 100 ribunya bisa ditukarkan dengan pecahan uang Rp 1 ribu. 

Tempat Penuakaran Uang Baru Pecahan Di Mana Saja?

BI sendiri telah menyampaikan bahwa memberikan pelayanan penukaran uang di seluruh Indonesia dengan sejumlah 100 titik. Adapun BI telah mengikutsertakan pihak perbankan maupaun non perbankan lembaga atau instansi mitra Bank Indonesia. 

Dengan adanya banyaknya anggota BI yang berpartisipasi memberikan pelayanan penuakaran uang, dapat memberikan kemudahan masyarakat seluruh Indonesia bisa mendapatkan penukaran uang baru pecahan dimanapun berada. 

Bank Indonesia juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar menukarkan uang di tempat-tempat penukaran uang resmi, baik yang diselenggarakan BI, perbankan, maupun pihak atau mitra lain yang ditunjuk BI. Hal ini bertujuan agar masyarakat dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan uang palsu.

Credit image : merdeka.com

Untuk memudahkan masyarakat dalam mengenali keaslian uang rupiah, sebaiknya teliti keaslian uang harus dilakukan dengan cara dilihat, diraba dan diterawang. Agar dapat mengenali perbedaan uang rupiah BI juga mengimbau agar selalu menjaga dan merawat rupiah dengan baik seperti jangan dilipat, jangan di stapler, jangan di coret, jangan diremas, atau jangan di basahi.

Berikut Ini Beberapa Tempat Penukaran Uang Baru Pecahan untuk Hari Raya Idul Fitri Tahun 2018 oleh Bank Indonesia

  1. Bank BNI Syariah
  2. Bank BNI
  3. Bank Mandiri Syariah
  4. Bank Mandiri
  5. Bank BRI Syariah
  6. Bank BRI
  7. CIMB Niaga
  8. Bank Mega
  9. Maybank
  10. Bank BJB
  11. BTN
  12. BJB
  13. BCA
  14. Pegadaian
  15. Bank DKI
  16. Mobil Kas Keliling Bank Indonesia ( 1000 titik diseluruh wilayah Indonesia termasuk pada titik-titik jalur mudik, seperti pada rest area tol)
Informasi penukaran uang di mobil keliling BI Khusus area DKI Jakarta:

Agar dapat memudahkan Anda dalam mengetahui jadwal penukaran uang baru pecahan kecil, Anda dapat mengetahuinya melaluui layanan mobil keliling setiap harinya. Ikuti terus perkembangan akun twitter resmi milik Bank Indonesia di twitter.com/bank_indonesia

Akun twitter resmi tersebut digunakan untuk memberikan informasi kegiatan kas keliling untuk melayani masyarakat yang ingin menukaran pecahan uang baru.

Indahnya Berbagi Rejeki di Hari Raya Idul Fitri

Tak ada yang lebih indah dari merayakan hari raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta serta bersilahturahmi kedangan keluarga kerabat, teman dan para tetangga. 

Berbekal dengan uang baru pecahan kecil, tentunya akan membuat keponakan, anak-anak kecil yang bertamu kerumah semakin senang dan bersemangat merayakan hari raya lebaran. 

Semarak hari raya lebaran akan semakin meriah dan indah dengan berbagi rejeki dengan keluarga, kerabat, dan sahabat, serta semua orang yang ada disekitar kita. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info