Skip to main content

follow us

Tujuan Belajar SEO untuk Mempertahankan Eksistensi Bisnis

Ilmu SEO itu universal, dan perlu selalu mengikuti perkembangan algoritma mesin pencarian. Pengelola harus memonitor kinerja situs, serta memperbaiki apa saja yang kurang dan perlu dimaksimalkan dalam optimasi situs. Hari ini kita bisa berada di halaman depan, urutan teratas. Namun lain waktu kita juga bisa jatuh di halaman ke dua maupun seterusnya.

Mengapa seorang pebisnis, publisher perlu repot-repot belajar SEO? Hal yang pasti tentunya untuk kebutuhan pemasaran produk.

Selain periklanan, kebutuhan internet marketing tidak akan pernah terlepas dari optimasi halaman website atau biasa dikenal sebagai teknik SEO.

Misalnya saja kita ingin mendapatkan perhatian pengunjung, sehingga memberikan peluang besar kita mendapatkan keuntungan dari periklanan atau pembelian barang oleh pengunjung. Atau bisa juga membuka peluang usaha baru dengan menjadi konsultan SEO.

Mari kita ulas bersama, tentang beberapa dasar SEO dan bagaimana cara kerjanya!

Pengertian Search Engine Optimization (SEO)

Sebuah teknik dalam internet marketing yang digunakan untuk menaikkan peringkat situs kita di mesin pencarian atau search engine. Teknik SEO juga merupakan bagian dari Search Engine Marketing (SEM).

Intinya dengan memahami ilmu SEO, pengguna dapat memaksimalkan situs agar dapat tampil di halaman pertama mesin pencari dan tentunya tidak berbayar seperti periklanan. Sumber lalu lintas yang dijangkaupun jauh lebih besar, karena pencarian sesuai dengan kebutuhan pengunjung dari mesin pencari.

Mengapa Belajar SEO itu Penting?

Sebagai seorang pebisnis dan publisher iklan, sangat penting memahami ilmu SEO. Karna SEO sendiri sudah menjadi bagian penting dari internet dan hal itu memiliki relevansi dengan kita publisher iklan dan pebisnis online. 

Menurut sumbuer, mesin pencarian Google memiliki kunjungan dan pencarian lebih dari 12 Miliar hanya dalam waktu 1 bulan. Tentunya jumlah kunjungan ini akan meningkat dari waktu ke waktu. 

Maka dari itu pikirkan kembali, apa jadinya jika pebisnis tidak mengetahui cara optimasi situs bisnis mereka? apa jadinya jika publisher hanya membuat konten tanpa mengetahui apakah situsnya sudah terindex apa belum? Tentu pengunjung situs akan kehilangan pengunjung jika tidak mengoptimalkan situsnya, karena semakin banyak situs mengembangkan diri dalam memberikan data yang dicari oleh para pengguna internet. 

Setidaknya jika kita mempelajari ilmu internet marketing, peluang bisnis kedepan cukup banyak. Seperti menjadi konsultan SEO, pebisnis online shop, dan lain sebagainya. 

Mempertahankan Eksistensi Bisnis

Banyak publisher, pebisnis online, yang harus mengakhiri usaha mereka dalam dunia internet marketing karena tidak mampu mempertahankan eksistensi bisnis di tengah-tengah persaingan dan pertumbuhan pasar yang tidak terbatas.

Berdasarkan pengalaman rekan-rekan imers, ternyata perlu perhatian khusus untuk mempertahankan eksistensi suatu bisnis yang sedang dikelola. Termasuk dalam meningkatkan kualitas konten untuk mempertahankan eksistensi bisnis.

Kebanyakan pelaku bisnis online kurang menyadari, atau bahkan tidak mengetahui cara-cara untuk mempertahankan eksistensi ini. Berikut ini beberapa cara untuk mempertahankan eksistensi bisnis online:

1. Selalu Berusaha Membuat Konten Atau Produk Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Pasar

Membuat konten atau mempromosikan produk yang paling dibutuhkan masyarakat. Paling tidak memilih konten dan produk yang bisa distok untuk jangka panjang.

Saya meyakini bahwa Anda sendiri memiliki kebutuhan dari waktu ke waktu dengan tingkatan yang berbeda. Mungkin waktu masih sekolah, ada kebutuhan untuk keperluan sekolah. Ketika dewasa ada kebutuhan untuk keperluan rumah tangga, kantor, penunjang usaha dan lainya. Nah dari hal ini, tentu sudah dilihat bagaimana kebutuhan pasar selalu berkembang. Apalagi jenis barang saat ini berevolusi dengan kualitas dan manfaatnya masing-masing.

Dalah hal lain, misalnya Anda memiliki bisnis handphone, pelaku bisnis teknologi ini saling berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas handphone sesuai kebutuhan modern saat ini. Setiap pelaku bisnis yang tidak dapat mengikut perkembangan zaman, sangat berpontensi akan tertinggal bahkan lebih buruknya gulung tikar dimasa pertumbuhan.

2. Mempertahankan Nama 

Nama brand atau merk yang Anda miliki mudah dilupakan oleh pengguna. Kenapa hal ini dapat terjadi? Karena kurangnya kepuasan, kesetiaan, dan tidak ada yang abadi. 

Konsumen secara objektif akan menilai, jika menemukan kedua barang dengan barang yang sama, beda merk namun kualitas berbeda.

Dengan teknik SEO yang diterapkan pada sebuah situs, ini mampu mempertahankan eksistensi bisnis di Internet. Kepercayaan pengunjung, pembeli, pemasang iklan akan terus berdatangan.

Yang paling sulit dalam dunia usaha adalah mempertahankan kepercayaan dari pelanggan. Membangun nama dengan optimasi situs, setidaknya dapat mengantisipasi pengunjung atau pengguna jasa ke lain hati. 

3. Selalu Mengembangkan Diri dengan Mengamati, Mempelajari dan Menerapkan

Para pelaku bisnis yang malas untuk mempelajari hal-hal baru, maka sama saja dengan menginginkan bisnis mati ditengah jalan. Dalam sela-sela waktu, amati dan pelajari beberapa usaha pesaing bisnis. 

Dalam imers, pesaing bisnis bisa diukur dari tingkatan rangking situs pada halaman pertama Google. Pelajari apa yang membuat halaman situs tersebut mampu bertengger disana dalam waktu yang cukup lama, meskipun algoritma telah berubah. 

4. Perbanyak Pertemanan 

Pepatah tua yang sering kita dengar,"banyak teman, banyak rezeki". Ini tidak dipungkiri lagi, lingkungan pertemanan sangat penting dalam dunia bisnis. Temukan teman yang bisa dipercaya untuk membangun usaha bersama-sama. 

Tidak perlu dijelaskan lagi fungsi lingkungan pertemanan yang banyak dan sehat. Saya yakin, Anda semua memahami tentang pertemanan ini.

5. Jangan Pernah Puas

Dengan apa yang telah diusahakan, dan target telah terpenuhi. Jangan pernah puas akan hal ini. Motivasi diri untuk ingin mendapatkan lebih. Bukan maksud untuk meminta kita menjadi serakah. 

Dalam hidup kita harus berusaha mendapatkan lebih, karena sesuatu yang lebih inilah kita dapat berbagi sebanyak-banyaknya kepada semua orang. 

Seperti yang saya tuliskan pada artikel diatas sebelumnya, mungkin hari ini kita mendapatkan banyak keuntungan, situs kita mendapatkan rangking pertama di google. Namun lain waktu, akan ada pesaing yang muncul dan berada diposisi sama. Membawa sebuah konten dan produk yang jauh lebih unggul dari apa yang kita punya saat ini.

6. The Power of Sedekah 

Apapun yang kita usahakan, tidak akan bertahan lama dan tidak akan berkah kecuali atas ridho Tuhan Yang Maha Esa. Jalan satu-satunya untuk memperlancar bisnis, yaitu dengan berusaha sekuat tenaga, berserah diri, diikuti dengan berbagi rezeki kepada orang yang membutuhkan sebagai tindakan rasa syukur kepada-Nya. 

Semoga pembahasan tujuan belajar SEO untuk mempertahankan eksistensi bisnis ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info