Skip to main content

follow us

Manfaat Menaiki Sepeda Selain Ekonomis dan Irit Juga Bisa Membuat Awet Muda


Kegiatan menaiki sepeda terkadang dianggap memiliki dampak negatif bagi tubuh, misalnya saja dengan opini masyarakat yang mengatakan menaiki sepeda dapat menurunkan kesuburan pria dan merusak testis.

Namun pada faktanya kegiatan bersepeda yang dilakukan secara rutin memiliki manfaat yang lebih untuk tubuh sebagai sarana berolah raga.

Penelitian para ahli pun memberikan kesimpulan bahwa pesepeda yang aktif memiliki kadar testoteron pada tubuh lebih tinggi dibandingkan dengan seorang pria yang lebih muda darinya.

Hasil penelitian ini dibuktikan oleh peneliti dari Universitas King's College London dan Universitas Birmingham dengan melakukan penelitian terhadap 125 orang peserta pesepeda pria serta wanita pemula yang memiliki usia kisaran 55 hingga 79 tahun.

Subjek penelitian tersebut sudah memiliki rekam jejak memiliki kebiasaan bersepeda selama kurang lebih 26 tahun. Dari hasil penelitian tersebut memberikan hasil 75 orang sehat berusia 57 hingga 80 tahun serta orang dewasa muda yang sehat berusia 20 hingga 36 tahun.

Hasilnya sangat mengejutkan, kadar hormon testoteron pada pesepa pria terbukti sama dengan pria yang memiliki usia paruh baya.

Tidak hanya itu saja, massa otot pesepeda ini juga sama dengan pria yang berusia 20 tahunan. Padahal secara umum lansia kehilangan massa otot sebanyak tiga persen dalam setahunya.

Sementara hasil penelitian untuk para pesepeda wanita dampak yang paling terlihat adalah kadungan lemak pada tubuh wanita berkurang lebih dari dua puluh persen padahal perbadingan yang dilakukan sebelumnya kadar lemak pada tubuh mencapai 40 persen.

Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan bersepeda mampu membakar lemak tubuh sehingga kegiatan ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang sedang mengikuti program diet sehat.

Adapun hasil penelitian yang lebih mengejutkan menurut para ahli bahwa didalam sistem kekebalan tubuh seseorang yang sering bersepeda ini seperti organ tubuh bernama thymus yaitu bagian tubuh yang memiliki fungsi membuat sel-sel imun pada tubuh yang secara umum dikenal sebagai sel T tidak mengalami penysutan. Padahal umunya tubuh akan mengalami penurunan kekebalan tubuh pada usia 20 tahun keatas.

Kesimpulan dari hasil penelitian aktifitas bersepeda membuktikan bahwa kegiatan tersebut dapat membantu mencegah proses penuaan pada pria dan wanita.

Hasil temuan ini juga memberikan bukti pada dunia bahwa atlet bersepeda pada dasarnya telah berolah raga dan tidak seperti pandangan awam yang mengatakan bahwa bersepeda memiliki dampak negatif pada tubuh. Justru dengan bersepeda tubuh seseorang mampu berkembang lebih optimal dan sehat.

Sepeda juga bagian dari alat transportasi yang murah dan perlu kita pertimbangkan untuk mendukung aktifitas sehari-hari terutama dalam hal olahraga.

Selain berspededa juga lebih ekonomis alias dapat menghemat kebutuhan lain, banyak masyarakat di negara-negara maju sudah memulai kebiasaan untuk menggunakan sepeda dalam kegiatan sehari-hari dibandingkan menggunakan transportasi bermotor.

Bila Anda ingin menjadi lebih awet muda, tidak ada salahnya untuk membeli sepeda dan menggunakanya dalam kegiatan sehari hari, seperti berangkat ke kantor, pergi mencari makan, sekedar keliling-keliling komplek rumah dan lain sebagainya.

Demikian pembahasan artikel kali ini, semoga dapat memberikan manfaat.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info