Skip to main content

follow us

Kenali, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Kebiasaan Tidur Mendengkur


Beberapa orang memiliki kebiasaan mendengkur tanpa disadari, adapun yang mendengkur karena faktor kelelahan usai melakukan kegiatan sehari-hari.

Apakah Anda memiliki teman, keluarga atau pasangan yang memiliki kebiasaan mendengkur setiap kali beranjak tidur? Tentu hal ini sangat menggangu kita menjadi tidak bisa tidur, sehingga dapat mengganggu aktivitas esok hari karena kurang tidur.

Pada artikel ini berisi informasi cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur dan penyebabnya.

Setiap individu tidur mendengkur ternyata berbeda-beda. Ada yang mendengkur dengan suara yang normal, adapun yang mendengkur dengan suara yang cukup keras. Ini bisa jadi indikasi bahwa seseorang memiliki gangguan pada pernapasan.

Tidur mendengkur dapat terjadi pada seseorang yang sedang tertidur karena kekurangan pasokan oksigen dalam tubuh, hal ini dapat dipicu oleh penyempitan saluran pernapasan tubuh baik itu pada hidung maupun pada tenggorokan.

Suara dengkuran ini dapat muncul karena getaran yang terbentuk pada saat udara masuk ke dalam tubuh maupun pada saat mengeluarkan nafas. Getaran udara tersebut menggerakkan langit-langit mulu, otot, lidah, dan bagian tenggorokan.

Apabila udara masuk melalui lubang hidung serta mulut tidak dapat bergerak atau mengeluarkan nafas maka ada kemungkinan seseorang dapat mengeluarkan dengkuran seperti helicopter.

Sangat penting bagi kita mengetahui bagaimana kita mendengkur, kepada teman, keluarga, ataupun pasangan yang mengetahui ketika kita tidur mendengkur. Pada posisi seperti apa kita mendengkur dengan keras, dan pada posisi tidur seperti apa kita tidak mendengkur.

Jika sudah mengetahui posisi seperti apa kita tidak mendengkur, maka kita perlu mengubah posisi kita saat beranjak tidur. Namun apabila dengkuran tidur berada di semua sisi kita tidur dan terlihat lebih parah, ini menunjukkan bahwa diri Anda perlu penanganan yang khusus kepada dokter ahli.

Seorang priad maupun wanita sendiri memiliki resiko yang berbeda-beda. Menurut medis, seorang pria memiliki saluran pernapasan lebih sempit dibandingkan dengan wanita. Wajar jika seorang pria memiliki resiko tidur mendengkur lebih tinggi.

Adapun faktor usia juga dapat memberikan pengaruh tidur mendengkur. Memiliki gaya hidup yang kruang sehat, kebiasaan rokok, mengkonsumsi minuman beralkohol dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Obesitas atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan seseorang tidur mendengkur. Karena lemak tubuh yang jauh lebih banyak dapat mempengaruhi penyempitan lubang pernapasan pada tubuh sehingga dapat menjadi penyebab tidur mendengkur.

Untuk mengurangi serta menghindari kebiasaan tidur mendengkur ada beberapa hal yang dapat kita lakukan. Yang paling utama yaitu beraktifitas fisik dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat. Dengan olahraga dapat memberikan manfaat pengencangan otot pada lubang pernapasan hidup maupun tenggorokan. Membiasakan tidur mengikuti sunnah rosul, dengan cara tidur menyamping juga dapat mengurangi resiko tidur mendengkur.

Adapun sebuah penelitian yang bisa dijadikan alternatif untuk mengurangi suara dengkurang ketika tidur yaitu dengan meniup alat musik khusus terbuat dari kuningan. Hal ini berfungsi untuk mengembangkan otot-otot pada saluran pernapasan tubuh dan mulut. Semoga pembahasan penyebab dan cara mengatasi kebiasaan tidur mendengkur ini dapat memberikan manfaat.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info