Skip to main content

follow us

Sebelum Usia 30 Tahun, Ini 7 Pilihan Investasi yang Tepat Persiapan Hari Tua



Pilihan investasi yang tepat persiapan hari tua, sebelum usia 30 tahun. Kegiatan investasi tidak hanya dilakukan oleh orang yang terhitung matang dalam finansial. Namun anak muda pun saat ini, sudah memiliki kesempatan yang sama dapat berinvestasi untuk keperluan masa depan.

Bagi orang yang menyadari bahwa usia 20 tahun hingga 40 tahun-an merupakan usia-usia yang paling bergairah alias produktif dalam segala hal. Rentang usia itupun kita memiliki semngat kerja yang tingggi.

Akan sayang sekali jika kita menghabur-hamburkan hasil jerih payah kita tersebut untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu.

Mulai sekarang, tidak ada salahnya untuk mencoba belajar beinvestasi demi masa depan dan hari tua nantinya. Ada beberapa jenis investasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan sebelum kita memasuki usia 35 tahun-an.

Tabungan Uang di Deposito

Deposito meruapakan cara penyimpanan uang di bank dalam periode waktu yang telah Anda tentukan. Tabungan berupa uang ini dapat Anda ambil dalam jangka waktu yang telah disepakati. Misalnya dalam kontrak awal, Anda menetapkan untuk mengambil tabungan tersebut dalam periode waktu 6 bulan atau setahun.

Setelah periode deposito tersebut berakhir, Anda dapat mencairkan dana tabungan tersebut. Namun jika Anda menginginkan pencarian tabungan deposito sebelum waktu yang telah ditentukan biasanya terdapat potongan biaya administrasi sesuai kebijakan masing-masing bank.

Resiko penyimpanan tabungan deposito pun tergolong sangat rendah, namun bunga yang ditawarkan untuk tabungan deposito sendiri cukup tinggi dibandingkan menggunakan tabungan biasa. Untuk anak muda, jenis tabungan deposito ini paling tepat dijadikan tabungan jangka menengah.

Investasi Emas Batangan

Jangan pernah ragu untuk meyisihkan sebagian pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulanya untuk membeli emas batangan. Emas menjadi salah satu investasi yang cukup menguntungkan, dan telah banyak orang yang berinvestasi pada asset emas batangan. 

Bahkan saat ini Anda tidak perlu membutuhkan modal yang terlalu besar untuk dapat memulai investasi ini. 

Harga emas memang cukup fluktuatif, namun juga sangat menguntungkan. Menabung sedikit demi sedikit, lama-lama menajadi bukit kok. Selagi masih muda, investasi emas dapat Anda simpan sendiri atau menggunakan jasa bank emas. 

Investasi Reksadana

Reksadana merupakan jenis investasi yang dikelola oleh manajer investasi, bisa dikelola perorangan maupun organisasi. Biasanya mereka mengumpulkan dana secara kolektif sebelum menyalurkan dana investasi terbut ke beragam jenis pilihan investasi, misalnya saja saham, pasar uang, dan campuran. 

Anda tidak perlu takut untuk berinvestasi reksadana, karena investasi ini tidak kita kelola sendiri. Sebab, ada manajer investasi yang siap memberikan layanan terbaik untuk Anda. Saran saya pilih manajer atau perusahaan terkuat dan dapat dipercaya untuk mengelola reksadana Anda. 

Investasi reksadana ini sangat cocok untuk pemula investasi, karena resiko investasi reksadana terhitung rendah.

Investasi Tabungan di Bank

Menabung di bank juga cara terbaik untuk kita yang masih pemula dalam berinvestasi. Namun perlu dicermati beberapa Administrasi bulanan yang tanggung nasabah agar Anda tepat memilih jenis layanan yang tepat. 

Misalnya saja, bank memiliki beragam jenis tabungan. Pilihlah layanan tabungan yang memiliki potongan Administrasi rendah, dan sesuaikan falitas karu ATM sesuai kebutuhan limit kartu. Hal ini cukup menekan biaya Administrasi bank per bulanya. 

Memang sih, bunga bank terhitung rendah. Akan tetap tabungan di bank bisa menjadi alternatif untuk berinvestasi ke tahap yang lebih tinggi jika dana tabungan pada rekening Anda sudah cukup banyak untuk memulai peluang investasi baru. 

Menanam Saham di Perusahaan Terbuka

Semua kalangan dapat menanam saham di perusahaan-perusahaan terbuka atau perusahaan publik. Tak perlu ragu untuk mencari informasi perihal investasi saham di perusahaan terbuka. Biasanya perusahaan terbuka atau yang biasa kita lihat memiliki nama belakan Tbk, memiliki 300an pemegan saham. Kita pun dapat menjadi salah satu pemilik saham perusahaan tersebut. 

Investasi Bisnis Properti

Bagi saya investasi ini tergolong investasi menegah atas. Misalnya pembelian tanah maupun apartemen yang berpotensi strategis kedepanya. 

Bisnis properti ini juga sangat menjanjikan, namun memerlukan modal yang cukup untuk memulai investasi bisnis properti. Anda dapat memulai dengan menabung perlahan untuk membeli sebuah apartemen, kemudian disewakan. Bagi saya sangat tidak dianjurkan untuk Anda yang masih pemula untuk memulai investasi ini. 

Investasi Pendidikan 

Pendidikan itu prioritas utama untuk berinvestasi. Karena pendidikan pun tidak akan pernah ada akhirnya, pengetahuan akan terus berkembang mengikuti zaman. 

Investasi pendidikan tergolong investasi jangka panjang yang harus dipersiapkan saat ini juga. Kita bisa menabung untuk mengambil sekolah apa saja untuk ke jenjang yang lebih tinggi. Persiapan untuk Anda pribadi, ataupun persiapan untuk anak-anak Anda nantinya. Dengan pendidikan semua lini pengetahuan dapat Anda kuasai, dan Anda kembangkan untuk dijadikan peluang invesatasi lain.

Bagi teman-teman yang ingin memulai investasi. Cobalah untuk berinvestasi dengan resiko yang rendah. Pelajari setiap perjalanan investasi Anda, dan kelola keungan Anda dengan bijak. Semoga nantinya persiapan tabungan tua dapat kita nikmati sebagaimana mestinya bersama orang-orang tercinta.

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar

This website uses cookies to ensure you get the best experience on our website. More Info