Skip to main content

follow us

Pengalaman Pribadi Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat Tidur



Saya kira semua orang pernah mengalami yang namanya insomnia, sebutan untuk orang yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur.

Saya pribadi, pernah mengalami insomnia ringan dan berat. Gangguan tidur terberat yang pernah saya alami yaitu tidak tidur selama 24 jam. Saya menyadari bahwa ada hal yang salah dengan saya, sehingga mengakibatkan jam tidur saya terganggu.

Seorang teman pernah memberikan saran untuk meminum obat tidur. Namun saya takut untuk mencobanya, karena bisa jadi nanti malah ketergantungan obat.

Maka dari itu saya mencoba mencari alternatif untuk mengatasi insomnia tanpa obat tidur. Dari referensi yang saya dapatkan, bahwa isomnia sendiri bida disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari karena gangguan kesehatan dalam tubuh, hingga karena faktor memiliki masalah sehingga menyebabkan beban fikiran. Kedua faktor ini sering dialami oleh banyak orang saat ini.

Memiliki banyak fikiran tentang asmara, pekerjaan, dan lelah menjalani hidup yang cukup berat untuk ditanggung, sehingga secara tidak langsung memaksa otak untuk bekerja lebih aktif. Hal tersebut yang menyebabkan seseoran mengalami kesulitan untuk tidur sesuai jadwal dengan nyenyak.

Ternyata kita tidak perlu khawatir akan hal ini, karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Cara mengatasi insomnia yang cukup efektif dan cepat tanpa obat tidur. Intinya untuk dapat tidur sesuai jadwal tidur normal, kita harus membuat fikiran kita nyaman dan kita kan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Meminum Susu Hangat Sebelum Beranjak Tidur

Mengatasi insomnia tanpa obat tidur yang pertama yaitu mengkonsumsi minuman susu hangat sebelum tidur. Rasa hangat yang masuk kedalam tubuh ini, akan membuat bagian tubuh menjadi lebih nyaman. Sehingga dapat membantu proses kita untuk tidur nyenyak.

Jika ada, tambahkan konsumsi makanan tuna, keju ataupun kedelai. Makanan-makanan tersebut memiliki kandungan trytophan yang memiliki sifat menenangkan.

Tapi untuk saya pribadi saya lebih suka untuk minum susu hangat saja. Untuk cara ini sudah cukup membantu saya untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan sesuai dengan jadwal tidur.

Mandi dengan Air Hangat Sebelum Beranjak Tidur

Mandi menggunakan air hangat sebelum beranjak tidur juga dapat membantu anda mengatasi insomnia. Jika anda mengalami gangguan tidur, mungkin salah satu penyebab yang membuat Anda tidak nyaman untuk tidur karena badan dalam kondisi kurang bersih.

Sebagian orang memiliki kebiasaan sebelum tidur dengan gosok gigi, mencuci muka, tangan dan kaki. Namun ada juga orang yang memiliki kebiasaan sebelum tidur mandi terlebih dahulu. Tapi meskipun badan bersih masih juga belum bisa tidur tepat waktu.

Maka, mengatasi insomnia dengan mandi air hangat ini perlu Anda coba. Karena penggunaan air hangat untuk mandi, dapat memberikan efek pada tubuh lebih rileks dan segar. Dengan tubuh dalam kondisi nyaman tersebut, tentu akan dapat membantu kita lebih cepat mengantuk dan tertidur lebih nyenyak.

Usahakan jika anda memiliki gangguan tidur, hindari penggunaan air dingin untuk mandi. Memang benar mandi dengan air dingin tetap membuat badan bersih bebas keringat, namun tidak dapat membantu tubuh anda lebih rileks.

Menghindari Penggunaan Gadget sebelum Tidur

Hidup di jaman modern, mebuat orang tidak pernah terlepas dari gadget kapanpun dan dimanapun. Dari mulai ketika bangun tidur, sarapan, ketika makan siang, nongkrong bersama teman-teman, bahkan ketika beranjak tidur pun masih memegang gadget. 

Sebagian orang merasa bahwa gadget adalah teman setia yang asyik ketika melakukan kegiatan di kamar mandi. 

Jujur saja saya dan teman-teman yang masih bujang, ketika beranjak tidur memegang gadget untuk mencari hiburan dan mendegarkan lagu. Cara ini bermaksud untuk membuat tubuh lebih rileks. Namun yang terjadi bahkan sebaliknya, penggunaan gadget sebelum tidur justru membuat jadwal tidur yang seharusnya terlewat begitu saja. 

Jadi, bagi Anda yang memiliki kebiasaan yang sama dan memiliki gangguan tidur. Sebaiknya Anda mulai menghindari pengguaan gadget ketika beranjak tidur. Bermain gadget sebelum tidur hanya akan membuat otak kita lebih aktif sehingga tubuh memberikan respon tidak bisa tidur. 

Ketika sudah berada di tempat tidur, pastikan posisi gadget yang kita miliki diluar jangkauan kita dan dalam kondisi off atau silent. Kalo pun memang terpaksa harus dekat dengan tubuh Anda, pastikan gadget dalam mode penerbangan, sehingga tubuh anda tidak terpapar radiasi signal. Gadget yang masih berada di jangkauan tentu akan membuat anda lebih mudah terkena insomnia.

Kebiasaan ini sudah mulai saya lakukan ketika saya merasa tubuh saya terlalu lelah, maka saya menjauhkan gadget dari jangkauan saya. Ada chat, call, dan nofitikasi media sosial dalam gadget akan saya buka besok pagi. Jam tidur mulai teratur, fikiran lebih fresh, bangun tidur pun badan terasa  lebih segar. 

Mematikan Lampu Kamar Tidur

Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, faktor kenyamanan tubuh adalah faktor penentu yang harus didapatkan oleh seseorang yang memiliki gangguan tidur atau insomnia. 

Selain melakukan kegiatan mandi air hangat, meminum susu hangat, suasana kamar pun harus di buat senyaman mungkin untuk membuat diri kita tidur lebih cepat dan lelap.

Cara mengatasi insomnia ini pun dibilang cukup efektif dilakukan. Terutama ruangan yang gelap memberikan efek kenyamanan ketika tidur dibandingkan ruangan yang terlalu terang. 

Mungkin sebagaian orang, tidak menyukai situasi ruangan yang gelap gulita. Solusinya yaitu dengan mengunakan lampu sudut dengan kualitas cahaya tidak terlalu terang. 

Tidur diruangan kamar dalam kondisi terang benderang hanya akan membuat mata tetap aktif menerima cahaya. Sehingga otak merespon bahwa itu adalah kondisi siang hari. Sehingga untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan nyenyak sesuai jadwal tidur, pastikan penerangan di ruangan tempat tidur anda dimatikan. 

Penutup

Jika seseorang memiliki jam tidur kurang atau tidur yang tidak berkualitas tentu akan memicu timbulnya hal-hal negatif. Salah satunya tidak akan produktif bekerja karena tubuh tidak berada dalam kondisi fresh atau normal. Kekurangan jam tidur pun dapat mengurangi fokus seseorang. 

Kondisi yang jauh lebih buruk, gangguan tidur atau insomnia ini dapat memicu penumpukan lemak pada tubuh yang membuat orang dapat mengidap penyakit obesitas. Maka dari itu mari kita bersama-sama untuk hidup sehat dengan menjaga pola tidur yang baik. Semoga cara mengatasi insomnia yang saya uraikan diatas dan telah saya implementasikan sendiri, dapat bermanfaat bagi Anda. 

Yang Kamu Suka:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar